• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Perawatan untuk Bayi yang Lahir Prematur
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Perawatan untuk Bayi yang Lahir Prematur

Ketahui Perawatan untuk Bayi yang Lahir Prematur

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 31 Desember 2021
Ketahui Perawatan untuk Bayi yang Lahir Prematur

“Bayi yang lahir sebelum usia kehamilan 37 minggu dianggap sebagai prematur. Bayi yang lahir prematur berisiko tinggi mengalami komplikasi dan masalah kesehatan lainnya. Itulah pentingnya perawatan khusus yang intensif untuk menjaga kestabilan kesehatan bayi. Perawatan dalam inkubator merupakan salah satu perawatan bayi lahir prematur.”

Halodoc, Jakarta – Baru-baru ini sedang ramai di pemberitaan bahwa penyanyi Lesti Kejora telah melahirkan anaknya di usia kandungan 8 bulan atau 34 minggu. Perlu diketahui, bayi yang lahir sebelum usia kehamilan 37 minggu dianggap prematur. Persalinan prematur terjadi atau perlu dilakukan jika ada kondisi medis tertentu. 

Umumnya, orangtua yang melahirkan bayi prematur merasa gugup dalam memberikan perawatan Si Kecil. Melansir American Pregnancy, bayi baru lahir secara prematur memiliki peningkatan risiko komplikasi dan risiko dapat meningkat semakin dini anak lahir. Itulah pentingnya perawatan khusus dan serangkaian tes intensif pada bayi lahir prematur.

Perawatan Bayi yang Lahir Prematur

Neonatal intensive care unit (NICU) atau kamar perawatan khusus sangat diperlukan untuk bayi lahir prematur. Perawatan suportif khusus bayi prematur, yaitu:

  1. Ditempatkan dalam Inkubator

Bayi perlu diletakkan di kotak transparan tertutup atau inkubator untuk menjaga agar ia tetap hangat. Hal tersebut juga membantu bayi untuk mempertahankan suhu tubuh normal. Bidan atau tenaga kesehatan biasanya akan menunjukkan cara tertentu untuk menggendong bayi lahir prematur. Cara ini juga dikenal sebagai perawatan “kangguru”, yang memerlukan kontak kulit ke kulit langsung (skin to skin).

  1. Pemantauan Tanda-Tanda Vital Bayi

Alat sensor ditempelkan ke tubuh bayi untuk memantau tekanan darah, detak jantung, pernapasan, dan suhu tubuh. Ventilator juga dapat digunakan untuk membantu bayi bernapas.

  1. Pemasangan Selang Makanan

Pada awalnya bayi mungkin menerima cairan dan nutrisi melalui tabung intravena (IV). Air susu ibu (ASI) dapat diberikan kemudian melalui selang yang melewati hidung bayi dan masuk ke perutnya (tabung nasogastrik). Ketika bayi cukup kuat untuk mengisap, menyusui langsung atau dengan botol susu bisa dilakukan.

  1. Memberikan Cairan pada Bayi

Bayi lahir prematur membutuhkan banyak cairan setiap hari. Hal ini tergantung pada usia dan kondisi medisnya. Tim NICU akan memantau dengan cermat kadar cairan, natrium, dan kalium untuk memastikan kadar cairan bayi tetap pada target. Jika cairan dibutuhkan kembali, maka akan diberikan melalui jalur IV.

  1. Penyinaran dengan Lampu

Untuk mengobati penyakit kuning pada bayi, di mana Si Kecil perlu ditempatkan di bawah seperangkat lampu yang dikenal foto terapi. Tindakan ini dilakukan dalam jangka waktu tertentu. Cahaya Lampu membantu sistem tubuh bayi memecah kelebihan bilirubin yang menumpuk karena hati belum bisa dapat memproses semuanya. Saat disinar dengan lampu, bayi perlu memakai pelindung mata agar bisa beristirahat lebih nyaman.

  1. Transfusi Darah

Beberapa bayi lahir prematur memerlukan transfusi darah untuk meningkatkan volume darah. Hal tersebut terutama jika telah diambil beberapa sampel darah untuk tes dari bayi. 

Kapan Bayi Lahir Prematur Bisa Pulang ke Rumah?

Bayi siap untuk pulang ketika:

  • Bayi bisa bernafas tanpa bantuan.
  • Bayi dapat mempertahankan suhu tubuh yang stabil.
  • Bisa menyusu ASI secara langsung atau melalui botol susu.
  • Berat badan terus bertambah.
  • Bebas dari infeksi.

Dalam beberapa kasus, bayi mungkin diperbolehkan pulang sebelum memenuhi salah satu persyaratan ini. Hanya saja selama tim medis dan keluarga bayi membuat dan menyetujui rencana perawatan dan pemantauan di rumah.

Selama di rumah, sebaiknya orangtua membatasi kunjungan tamu dan keluarga ke rumah. Selain itu, hindari juga berkunjung ke tempat umum atau tempat yang ramai. Jika terjadi kendala atau masalah kesehatan pada bayi lahir prematur, segera tanyakan pada dokter anak melalui aplikasi Halodoc. Yuk, segera download aplikasi Halodoc untuk saat-saat darurat. 

Referensi:
American Pregnancy. Diakses pada 2021. Premature Baby Care.
Healthy Children. Diakses pada 2021. Caring for a Premature Baby: What Parents Need to Know.
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Premature birth.
Kids Health. Diakses pada 2021. Taking Your Preemie Home.