• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Perawatan yang Diperlukan setelah Didiagnosis Gingivitis

Ketahui Perawatan yang Diperlukan setelah Didiagnosis Gingivitis

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Ketahui Perawatan yang Diperlukan setelah Didiagnosis Gingivitis

Halodoc, Jakarta - Sebaiknya jangan abaikan bau mulut dan pembengkakan pada gusi. Kondisi tersebut bisa menandakan kamu mengalami gingivitis. Apalagi jika keluhan tersebut disertai dengan gejala lainnya yang membuat semakin tidak nyaman. Tentunya pemeriksaan perlu dilakukan untuk mendiagnosis gingivitis, salah satunya dengan dental x-ray.

Baca juga: Gingivitis Bisa Bikin Sakit Gigi

Penyakit gingivitis sendiri dapat diatasi dengan pembersihan area gusi dan gigi yang dilakukan oleh dokter gigi. Selain itu, kamu juga perlu melakukan perawatan di rumah agar kondisi gingivitis tidak semakin memburuk. Yuk, simak perawatan yang diperlukan setelah didiagnosis gingivitis, di sini!

Kenali Lebih Banyak Mengenai Gingivitis

Gingivitis atau radang gusi adalah kondisi umum yang sering terjadi dan menyebabkan kondisi iritasi, kemerahan, dan pembengkakan pada area gusi. Tentunya kondisi ini perlu segera diatasi untuk menghindari berbagai gangguan kesehatan yang lebih buruk, seperti periodontitis dan juga gingivitis ulseratif nekrotikans.

Kenali gingivitis dengan mengetahui gejala awal dari kondisi ini. Gusi yang sehat biasanya akan memiliki warna merah mudah dan terpasang rapat pada gigi. Sedangkan pada pengidap gingivitis, biasanya gusi akan terlihat bengkak, gusi berwarna merah kehitaman, gusi mudah berdarah, dan juga bau mulut.

Umumnya, kondisi ini disebabkan kurangnya menjaga kebersihan mulut dan gigi sehingga bisa memicu karang gigi atau plak. Karang gigi dan plak dapat memicu peradangan di sekitar gusi. Bahkan, membuat gingivitis semakin memburuk.

Jangan ragu untuk melakukan pemeriksaan di rumah sakit terdekat ketika kamu mengalami gejala awal dari kondisi gingivitis. Ada beberapa pemeriksaan yang bisa dilakukan untuk mendiagnosis penyakit ini. 

Biasanya, dokter gigi akan melakukan pemeriksaan keseluruhan mengenai riwayat kesehatan pengidap gingivitis, pemeriksaan langsung pada gusi serta gigi, dental X-Ray, dan pemeriksaan lain yang bisa menunjang.

Baca juga: Jarang Sikat Gigi Bisa Jadi Penyebab Gingivitis?

Lakukan Ini sebagai Perawatan Gingivitis di Rumah

Gingivitis yang kamu alami tentunya dapat semakin membaik jika kamu melakukan pengobatan sesuai dengan saran dokter gigi. Ada beberapa pengobatan yang biasanya dilakukan untuk mengatasi kondisi ini, seperti scaling, melakukan perbaikan gigi, hingga membersihkan gigi secara medis.

Namun, selain perawatan secara medis. Kamu juga perlu melakukan perawatan secara mandiri di rumah agar gingivitis yang kamu alami tidak menyebabkan komplikasi. Berikut ini langkah sederhana yang bisa kamu lakukan:

  1. Bersihkan gigi dengan cara menyikatnya minimal dua kali sehari. Bersihkan gigi setelah sarapan dan sebelum tidur. Tidak ada salahnya jika kamu membersihkan gigi setiap habis mengonsumsi makanan.
  2. Gunakan sikat gigi dengan bulu sikat yang lembut sehingga meminimalkan luka pada gusi.
  3. Kamu juga bisa berkumur dengan cairan kumur setelah menyikat gigi untuk membantu mengatasi plak pada sela-sela gigi.
  4. Lakukan pemeriksaan rutin pada dokter gigi setiap 6 bulan sekali. Agar pemeriksaan berjalan lancar tanpa antre, kamu bisa membuat janji di rumah sakit pilihan melalui Halodoc. Download Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!
  5. Perbanyak mengonsumsi air putih.
  6. Batasi mengonsumsi makanan yang manis, mengandung gula tambahan, kafein, dan juga alkohol.
  7. Berhenti merokok.
  8. Jika kamu memiliki penyakit diabetes, sebaiknya lakukan pemeriksaan terhadap kadar gula darah secara rutin untuk mencegah gingivitis memburuk.
  9. Jalani pola makan sehat karena kekurangan gizi dan vitamin C dapat meningkatkan risiko gingivitis.

Baca juga: Ini 4 Komplikasi Akibat Gingivitis

Itulah beberapa perawatan sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mencegah gingivitis semakin memburuk. Jangan ragu untuk bertanya langsung pada dokter gigi untuk setiap keluhan kesehatan yang kamu alami. Penanganan yang tepat tentunya akan membuat pengobatan lebih mudah dilakukan!

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2021. Causes and Treatment Gingivitis.
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Gingivitis.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2021. Gingivitis.