• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Perawatan yang Tepat untuk Anjing Beagle

Ketahui Perawatan yang Tepat untuk Anjing Beagle

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Ketahui Perawatan yang Tepat untuk Anjing Beagle

Halodoc, Jakarta – Bukan hal yang sulit untuk jatuh cinta terhadap anjing jenis Beagle. Anjing ini merupakan salah satu jenis anjing yang ramah, baik terhadap hewan lain, pintar, pemberani, maupun juga memiliki kepribadian yang ceria. Tentunya, memilih Beagle untuk dijadikan hewan peliharaan di rumah merupakan keputusan yang tepat untuk memberikan warna baru dalam rumah.

Baca juga: Ketahui Seluk Beluk Karakter Anjing Berdasarkan Ras

Meskipun memiliki banyak nilai positif, tetapi tentunya kamu juga perlu mengetahui hal lain dari anjing berjenis Beagle ini. Dengan mengetahui lebih banyak mengenai jenis anjing ini, kamu akan lebih mudah dalam melakukan perawatan yang tepat untuk anjing Beagle. Untuk itu, tidak ada salahnya kenali lebih banyak mengenai jenis anjing Beagle, di sini!

Inilah Perawatan yang Tepat untuk Anjing Beagle

Tentunya, saat memiliki hewan peliharaan, keinginan terbesar adalah melihat hewan peliharaan tumbuh sehat dan mampu hidup berdampingan dengan baik. Namun, bukan hal yang mudah membuat semua keinginan kamu terwujud. 

Saat memilih anjing jenis Beagle untuk dipelihara, pastinya kamu sudah memperhitungkan dan memikirkan kenyamanan serta kesehatan anjing. Selain itu, kamu juga harus mengetahui perawatan yang tepat untuk anjing Beagle dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini dapat membuat anjing kesayangan menjadi lebih sehat.

Baca juga: Ingin Adopsi Anjing? Ketahui 6 Jenis Ras yang Terkenal

Berikut ini perawatan yang tepat untuk anjing Beagle:

  1. Pastikan Beagle berada dalam lingkungan yang aman. Hal ini untuk menghindari kecelakaan maupun gangguan kesehatan akibat menggigit berbagai hal yang berbahaya untuk kesehatan anjing.
  2. Meskipun Beagle menjadi anjing yang tidak memerlukan perawatan bulu yang rumit, tetapi pastikan kamu menyikat dan menyisir Beagle secara rutin. 
  3. Beagle menjadi anjing yang sangat rentan dengan penyakit gigi. Untuk menjaga kesehatan gigi, pastikan kamu membersihkan gigi dan gusi Beagle minimal 3 kali dalam satu minggu.
  4. Bersihkan area telinga dengan teliti dan hati-hati. Sebaiknya selalu pastikan bahwa area telinga anjing dalam kondisi yang kering.
  5. Beagle menjadi salah satu anjing pintar dan penuh dengan energi. Untuk itu, pastikan kamu selalu mengajak anjing melakukan aktivitas fisik atau bermain.
  6. Lakukan aktivitas fisik yang ringan bersama anjing Beagle pada area yang cukup luas dan terbuka.
  7. Beagle menjadi jenis anjing yang rentan mengalami penyakit sendi. Hal ini membuat pemilik anjing perlu memperhatikan asupan nutrisi dan gizi anjing. Pastikan kamu dapat memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi yang dibutuhkan Beagle. Karena itu, anjing kesayangan dari memiliki kesehatan yang optimal. Hindari memberikan makanan manusia pada hewan kesayangan.
  8. Sesekali kamu bisa mengajaknya berolahraga dengan mengajaknya berlari atau berjalan santai di luar rumah. Pastikan Beagle tidak berolahraga secara berlebihan. 
  9. Tanpa pelatihan yang rutin, Beagle bisa menjadi anjing dengan karakter yang keras. Untuk meningkatkan hubungan yang baik dengan pemilik anjing, tidak ada salahnya lakukan pelatihan secara rutin pada anjing kesayangan. Hal ini dapat meningkatkan kedisiplinan Beagle.
  10. Hindari meninggalkan Beagle sendirian di rumah. Kondisi ini bisa membuat Beagle menjadi stres yang berujung tingkatkan risiko berbagai gangguan kesehatan.

Baca juga: 5 Jenis Anjing yang Ramah Anak

Itulah beberapa perawatan yang tepat untuk anjing Beagle. Kamu bisa gunakan Halodoc dan bertanya langsung pada dokter hewan mengenai informasi seputar anjing ras yang ingin kamu pelihara. Yuk, download Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!



Referensi:
Prestige Animal Hospital. Diakses pada 2021. Beagle.
PDSA Saving Pets Changing Lives. Diakses pada 2021. Beagle.