• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Perawatan yang Tepat untuk Bulu Anjing Golden

Ketahui Perawatan yang Tepat untuk Bulu Anjing Golden

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Ketahui Perawatan yang Tepat untuk Bulu Anjing Golden

“Anjing golden retriever adalah salah satu ras yang ramah, penurut dan suka bermain. Tak heran, ras anjing yang satu ini cukup favorit untuk dijadikan peliharaan. Saat memutuskan memelihara anjing golden, kamu wajib merawat bulunya yang keemasan dengan cara yang tepat supaya tetap berkilau dan bebas dari penyakit.”

Halodoc, Jakarta – Golden retriever merupakan salah satu ras anjing yang cukup favorit untuk dijadikan peliharaan. Alasannya anjing golden sangat suka bermain, ramah dengan anak-anak, dan cenderung rukun dengan hewan peliharaan lain maupun orang asing. Kalau kamu memutuskan untuk memelihara anjing golden, tentunya kamu harus berkomitmen untuk merawatnya sepenuh hati. 

Salah satu perawatan penting anjing golden adalah merawat bulunya yang berwarna keemasan. Perawatan teratur akan membantu mencegah bulu anjing menjadi kusut dan tidak higienis. Pasalnya, bulu yang kusut dan tidak higienis ini dapat menjebak kotoran dan mengundang kutu yang dapat menimbulkan masalah kesehatan pada anjing. 

Baca juga: Ingin Adopsi Anjing? Ketahui 6 Jenis Anjing Ras yang Terkenal

Siapkan Hal Ini untuk Merawat Bulu Anjing Golden

Tak sedikit pemilik anjing yang tidak tahu cara tepat merawat bulu anjing. Nah, saat kamu ingin memelihara anjing golden, siapkan peralatan di bawah ini untuk merawat bulu-bulunya:

1. Sikat Bulu

Perawatan bulu anjing golden yang paling utama adalah menyikat bulunya minimal seminggu sekali. Menyikat bulunya dapat memisahkan bulu-bulunya yang rontok sehingga tidak berceceran di sekitar rumah. Selain itu, menyikat bulunya berfungsi untuk memisahkan sel-sel kulit mati dan mencegah bulunya kusut. Menyikat bulu anjing juga bermanfaat untuk menyebarkan minyak kulit alami anjing ke seluruh bulunya, sehingga bulunya bisa mengkilap dan sehat.

2. Shampo

Anjing golden juga harus dimandikan setiap dua bulan sekali atau lebih sering jika badannya sering kotor. Pilih sampo yang lembut dan mengandung bahan alami sebanyak mungkin agar tidak mengiritasi kulit anjing golden. Jika anjing memiliki kondisi kulit yang sensitif, bicarakan dengan dokter hewan sebelum menggunakan sampo apa pun. Kalau kamu butuh bertanya soal hal ini, hubungi dokter hewan melalui aplikasi Halodoc saja! 

3. Gunting Khusus

Kamu juga perlu menyediakan gunting khusus untuk menggunting bulu-bulu anjing golden yang sudah semakin panjang. Saat menggunakan gunting, kamu harus berhati-hati supaya tidak memotong bulu anjing terlalu pendek. Beberapa area penting yang harus kamu potong adalah di antara jari-jari kaki anjing karena rentan terhadap bulu yang tidak jelas. Rapikan juga bagian belakang kaki agar bulu di sekitar tubuh anjing menjadi simetris.

Baca juga: Bagaimana Cara Akurat untuk Menentukan Usia Anjing?

Langkah-Langkah Merawat Bulu Anjing Golden

Setelah alat dan produk untuk merawat golden retriever sudah tersedia, berikut cara tepat merawat bulu anjing golden:

  • Pertama-tama, sikat bulu anjing golden terlebih dahulu untuk memisahkan bulu-bulu yang rontok dan meluruskan bulu-bulu yang kusut. Selalu sikat ke arah pertumbuhan rambut. 
  • Setelah menyikat, kamu bisa mulai memandikan anjing. Tempatkan anjing di pancuran atau bak mandi dan basahi bulunya dengan tetesan air dari wadah. 
  • Kemudian, sapukan sampo di atas bulu anjing sampai merata. Bilas dengan lembut sampai sisa-sisa residu sampo hilang.
  • Setelah sudah benar-benar bersih dari sampo, keringkan anjing dengan handuk besar.
  • Setelah bulu anjing benar-benar kering, kamu harus menyikatnya lagi untuk memastikan bulunya lurus.
  • Kemudian, kamu dapat melanjutkan dengan memotong bulu anjing dengan gunting. Mulailah dengan bulu di kaki, lalu rapikan bulu di dada dan leher. Lanjutkan memangkas bulu telinga dan ekor anjing secara hati-hati.

Baca juga: 10 Jenis Anjing yang Memiliki Karakter Ramah

Itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan dalam merawat anjing golden. Jika kamu ingin tahu tips perawatan anjing golden lainnya, hubungi dokter hewan lewat aplikasi Halodoc saja! Download aplikasinya sekarang juga!

Referensi:
Veterinarians Organization. Diakses pada 2021. How To Groom A Golden Retriever.
American Kennel Club. Diakses pada 2021. How to Groom a Golden Retriever: Keeping Goldens in 14-K Gold Grooming.