• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Perbedaan Gejala Flu Perut dan Keracunan Makanan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Perbedaan Gejala Flu Perut dan Keracunan Makanan

Ketahui Perbedaan Gejala Flu Perut dan Keracunan Makanan

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 19 Agustus 2021
Ketahui Perbedaan Gejala Flu Perut dan Keracunan Makanan

“Memang sulit untuk mengetahui perbedaan antara gejala flu perut dan keracunan makanan. Hal ini karena keduanya dapat menimbulkan diare, demam, dan muntah. Meski begitu, tetap ada perbedaan yang bisa kamu ketahui untuk gejala dari kedua penyakit ini!”

Halodoc, Jakarta – Saat perut mulai terasa tidak nyaman, kamu sering menerka-nerka seraya berkata, “tadi makan apa ya?”. Namun, jika ketidaknyamanan ini bertambah parah disertai dengan mual dan bahkan diare, bisa jadi kamu mengalami keracunan makanan. Ternyata, bukan hanya keracunan makanan saja yang menimbulkan gejala tersebut, melainkan juga flu perut.

Baik flu perut maupun keracunan makanan memang dua gangguan yang menimbulkan gejala serupa. Faktanya, gejala dari kedua penyakit ini memiliki perbedaan yang terlihat jika benar-benar diperhatikan. Lalu, apa saja perbedaan gejala flu perut dan keracunan makanan? Untuk mengetahui lebih lengkapnya, baca ulasan berikut ini!

Baca juga: Bagaimana Cara Membedakan Gejala Diare dan Flu Perut?

Flu Perut dan Keracunan Makanan, Begini Perbedaannya

Flu perut adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus yang menyerang sistem pencernaan. Salah satu jenis virus yang dapat menjadi penyebabnya adalah norovirus. Jenis virus ini sangat menular dan dapat menyebar dengan cepat.

Ada banyak metode penyebaran dari flu perut yang membuatnya mudah untuk menular pada orang banyak. Maka dari itu, penting untuk mengetahui gejala flu perut agar dapat segera diatasi.

Banyak orang yang salah sangka flu perut terhadap keracunan makanan karena memang kedua penyakit ini menimbulkan gejala yang mirip. Sementara itu, keracunan makanan disebabkan oleh konsumsi makanan yang telah terkontaminasi bakteri, virus, atau parasit. Ahli medis kerap menggunakan istilah gastroenteritis untuk menggambarkan kedua kondisi ini.

Lalu, apa perbedaan gejala dari flu perut dan keracunan makanan?

Memang sulit untuk membedakan gejala dari flu perut atau keracunan makanan karena sama-sama menimbulkan gangguan berupa diare, demam, dan muntah. Namun, ada beberapa hal yang dapat kamu pastikan apakah kamu mengidap flu perut atau keracunan makanan, seperti:

1. Gejala Flu Perut dan Keracunan Makanan

Seseorang yang mengalami keracunan makanan cenderung lebih cepat untuk menimbulkan gejala dibandingkan dengan flu perut. Di sisi lain, seseorang yang terserang flu perut, gejalanya butuh waktu berhari-hari untuk berkembang dan dirasakan.

Gejala dari keracunan makanan dapat muncul dengan sangat cepat, sekitar enam jam setelah makanan atau minuman yang terkontaminasi dikonsumsi.

Baca juga: Jenis Makanan yang Aman Dikonsumsi Pengidap Flu Perut

2. Lama Penyembuhan

Seseorang yang mengidap flu perut membutuhkan waktu lebih lama untuk berkembang tetapi biasanya sembuh dalam kisaran waktu 24 hingga 28 setelah gejalanya dirasakan. Jika kamu mengalami keracunan makanan, waktu untuk sembuhnya mungkin berlangsung lebih lama dibandingkan flu perut.

Jika kamu mengalami beberapa gejala yang berhubungan antara flu perut atau keracunan makanan, pemeriksaan guna memastikannya dapat dilakukan di beberapa rumah sakit yang bekerja sama dengan Halodoc. Cukup download aplikasi Halodoc, nikmati kemudahan untuk pemeriksaan kesehatan hanya dengan penggunaan smartphone di tangan!

3. Jenis Diare

Perbedaan antara gejala flu perut dan keracunan makanan seringnya ada pada jenis diare yang terjadi. Seseorang yang mengidap flu perut mungkin hanya mengalami diare biasa. Di sisi lain, jika gangguan yang terjadi akibat keracunan makanan, kamu bisa mengalami gejala diare yang cair dan bahkan berisiko mengeluarkan darah.

Baca juga: Jangan Salah, Begini Pertolongan Pertama Keracunan Makanan

Maka dari itu, kamu perlu memastikan gejala lainnya yang dirasakan selain demam, diare, dan muntah. Lakukan pemeriksaan kesehatan yang tepat untuk menentukan apakah kamu mengalami flu perut atau keracunan makanan. Jangan biarkan masalah ini berlarut-larut agar aktivitas harian yang perlu dilakukan tidak terganggu sama sekali.

Referensi:
Reliant Medical Group. Diakses pada 2021. Is It a Stomach Virus or Food Poisoning?
Medicine Net. Diakses pada 2021. What is the difference between the stomach flu vs. food poisoning?