• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Perkiraan Harga Vaksin Corona di Indonesia

Ketahui Perkiraan Harga Vaksin Corona di Indonesia

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta - Angka kasus virus corona di Indonesia masih terus bertambah setiap harinya. Semua masyarakat berharap vaksin COVID-19 ini segera ditemukan agar kehidupan bisa kembali normal seperti sedia kala. Uji coba vaksin Sinovac sedang berlangsung di Indonesia. Lantas, apabila vaksin ini sudah terbukti ampuh dan resmi diedarkan, kira-kira berapa harga yang harus dikeluarkan?

Dilansir dari CNBC Indonesia, PT Bio Farma Tbk, memperkirakan harga vaksin berkisar antara US$ 5 sampai US$ 10 per dosis atau setara dengan Rp 72.500 hingga 145.000 per dosisnya. Namun Sekretaris Perusahaan Bio Farma, Bambang Heriyanto, mengatakan pada CNN Indonesia pada Selasa (22/7) bahwa rentang harga tersebut masih bisa berubah. 

Baca juga: WHO Tengah Uji 3 dari 70 Vaksin Virus Corona pada Manusia

Harga Vaksin Dapat Berbeda Tergantung Penjual

Kemungkinan pada waktunya nanti vaksin COVID-19 dijual harga dapat berbeda tergantung penjual. Hal ini disampaikan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sekaligus Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), Erick Thohir, yang dilansir dari laman Kompas.com. 

Menurut Erick Thohir, harga vaksin memiliki dinamika tinggi tergantung masing-masing penjual. Jadi, harga vaksin COVID-19 bukan ditetapkan oleh BUMN melainkan oleh penjualnya.

Meskipun nanti harga vaksin COVID-19 beragam, namun kualitas vaksin tetap sama karena sudah melalui uji klinis ketiga. Perbedaan harga kemungkinan bisa disebabkan oleh mahalnya biaya penelitian atau kapasitas produksi yang rendah. 

Perlu kamu antisipasi juga, bahwa pada pelaksanaannya nanti, pemberian vaksin COVID-19 dilakukan dengan dua skema, yaitu subsidi pemerintah dan mandiri. Namun, skema ini bukan faktor yang mempengaruhi adanya vaksin yang murah dan mahal. 

Vaksin gratis yang disediakan pemerintah nanti diperuntukkan oleh yang memerlukan, termasuk dokter dan perawat yang sudah didata. Sementara vaksin mandiri bisa didapatkan masyarakat dengan berbayar. Namun, kamu tidak perlu khawatir, orang yang mendapatkan vaksin mandiri bukan berarti lebih didahulukan dari yang gratis. 

Dilansir dari Kompas.com, Erick Thohir mengatakan bahwa harga vaksin COVID-19 untuk satu orang berkisar 25-30 Dolar AS atau setara dengan Rp 366.500 - Rp 439.800 (kurs Rp 14.660). Harga ini diperkirakan untuk satu orang dua kali suntik. Namun, harga ini masih dalam penghitungan ulang oleh Bio Farma, sebagai perusahaan yang bekerja sama dengan Sinovac terkait bahan baku vaksin COVID-19. 

Baca juga: Butuh Waktu 18 Bulan untuk Buat Vaksin COVID-19, Apa Alasannya?

Hasil Uji Coba Vaksin Sinovac pada Tahap Awal Lemah untuk Lansia

Saat ini, hasil uji coba awal tahap pertama hingga pertengahan, vaksin Sinovac menunjukkan bahwa calon vaksin tersebut tampak aman untuk orang usia lanjut (lansia). Hanya saja, respon kekebalan yang dipicu vaksin tersebut tampaknya sedikit lemah pada lansia dibandingkan pada orang dewasa muda. 

Ahli kesehatan masih meragukan kemampuan vaksin uji coba ini dapat melindungi lansia dengan aman. Sebab, sistem kekebalan tubuh pada lansia biasanya bereaksi kurang kuat terhadap virus corona.

Juru bicara Sinovac, Liu Peicheng, menyampaikan pada Reuters bahwa calon vaksin Sinovac atau CoronaVac, tidak menimbulkan efek samping yang parah dalam uji klinis fase I dan II yang diluncurkan pada Mei 2020. Uji coba ini melibatkan 421 peserta berusia sekitar 60 tahun. 

Baca juga: Begini Cara Kerja Vaksin Virus Corona pada Tubuh

Terdapat tiga kelompok peserta yang dilibatkan melalui uji coba vaksin Sinovac, masing-masing mendapatkan dua suntikan CoronaVac dosis rendah, sedang, dan tinggi. Ini menghasilkan lebih dari 90 persen dari mereka yang mengalami peningkatan yang signifikan dalam tingkat antibodi. Hanya saja, kadar antibodi terhadap virus corona yang dihasilkan pada lansia terlihat sedikit lebih rendah dibandingkan pada orang yang lebih muda, namun masih sesuai dengan harapan.

Jika kamu mengalami gejala yang mirip dengan gejala penyakit virus corona, sebaiknya jangan dibiarkan. Segera cek COVID-19 melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

 

Referensi:
Reuters. Diakses pada 2020. China's Sinovac coronavirus vaccine candidate appears safe, slightly weaker in elderly
Kompas. Diakses pada 2020. Bocoran Lengkap Harga Vaksin Covid-19 dari Erick Thohir
CNN Indonesia. Diakses pada 2020. Harga Vaksin Corona Dibanderol Mulai Rp72.500 per Dosis
CNBC Indonesia. Diakses pada 2020. Segini Lho Perkiraan Harga Vaksin Covid-19, Mahalkah?