• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Risiko Penyakit Berdasarkan Golongan Darah

Ketahui Risiko Penyakit Berdasarkan Golongan Darah

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta - Apa-apa yang dikaitkan dengan golongan darah selalu menarik untuk disimak. Informasi mengenai diet golongan darah atau karakteristik berdasarkan golongan darah, selalu “laris-manis” peminatnya. Namun, apakah kamu tahu bahwa ada risiko penyakit berdasarkan golongan darah?

Ya, beberapa penelitian menemukan bahwa ada hubungan antara golongan darah seseorang dengan risiko untuk mengidap kondisi kesehatan tertentu. Ingin tahu lebih lanjut tentang risiko penyakit berdasarkan golongan darah? Yuk, simak pembahasan berikut ini!

Baca juga: Benarkah Golongan Darah Bisa Tentukan Jodoh?

Golongan Darah dan Risiko Penyakit yang Perlu Diwaspadai

Mengutip laman Penn Medicine, golongan darah pada dasarnya adalah cara untuk mengategorikan darah berdasarkan antigen, termasuk Rhesus (Rh). Antigen adalah sejenis protein yang ada di dalam sel darah merah. 

Berdasarkan jenis antigennya, golongan darah terbagi menjadi beberapa tipe, yaitu A, B, AB, dan O. Saat antigen berkontak dengan zat asing di dalam tubuh, antigen dapat memicu respons sistem kekebalan. 

Sementara itu, faktor Rh pada golongan darah merupakan zat di dalam sel darah merah. Jika memiliki faktor Rh, dianggap sebagai Rh positif (+), sedangkan jika tidak, dianggap Rh negatif (-).

Lalu, seperti apa risiko penyakit berdasarkan golongan darah yang dimiliki? Berikut ini dijelaskan satu persatu:

1.Risiko Penyakit Golongan Darah A

Mengutip laman Huffington Post, beberapa penelitian menemukan bahwa orang dengan golongan darah A berisiko lebih tinggi terkena kanker perut. Hal ini diduga karena orang bergolongan darah A lebih sering mengalami infeksi bakteri H. pylori, bakteri penyebab kanker perut. 

Selain itu, orang dengan golongan darah A juga berisiko lebih tinggi mengidap kanker pankreas, diabetes tipe 2 (jika dibandingkan dengan golongan darah O), dan stres. Orang dengan golongan darah A cenderung memiliki lebih banyak hormon kortisol, yang dihasilkan ketika sedang stres. 

Baca juga: Bedanya Golongan Darah dan Rhesus Darah

2.Risiko Penyakit Golongan Darah B

Orang dengan golongan darah B juga memiliki risiko lebih besar untuk terkena kanker pankreas dan diabetes tipe 2 (terutama pada golongan darah B positif).

Mereka juga memiliki risiko lebih besar untuk terkena penggumpalan darah di pembuluh vena dalam, misalnya pada kaki. Meski begitu, risiko untuk terkena kondisi tersebut juga dimiliki oleh orang dengan golongan darah A dan AB. 

3.Risiko Penyakit Golongan Darah AB

Menurut penelitian yang dipublikasikan di jurnal American Academy of Neurology pada 2014, orang dengan golongan darah AB memiliki risiko lebih besar untuk mengembangkan gangguan kognitif. Bahkan, para peneliti menyebut persentase risiko 82 persen, dibandingkan golongan darah lain. 

Selain itu, orang dengan golongan darah AB juga lebih berisiko terkena stroke, dan sama seperti golongan darah A dan B, mereka juga berisiko mengidap kanker pankreas. 

Baca juga: Inilah Hubungan Infeksi dengan Golongan Darah

4.Risiko Penyakit Golongan Darah O

Mengutip hasil penelitian yang dimuat di laman Harvard School of Public Health, orang dengan golongan darah A, B, dan AB, lebih berisiko terkena penyakit jantung koroner, dibandingan dengan golongan darah O.

Namun, di sisi lain, orang dengan golongan darah O lebih berisiko mengalami tukak lambung. Tak hanya itu, wanita dengan golongan darah O juga diyakini memiliki jumlah sel telur sehat lebih rendah, dibandingkan dengan golongan darah lain. 

Itulah sedikit penjelasan mengenai risiko penyakit berdasarkan golongan darah. Meski begitu, pada dasarnya setiap orang bisa mengalami penyakit, apapun golongan darahnya. Terlebih, ada banyak faktor lain, selain golongan darah, yang bisa membuat seseorang terkena penyakit tertentu. 

Misalnya saja gaya hidup yang kurang sehat. Oleh karena itu, sebisa mungkin jalanilah gaya hidup sehat dan rutin melakukan pemeriksaan kesehatan. Gunakan aplikasi Halodoc untuk membeli vitamin dan suplemen yang kamu butuhkan, atau memesan layanan pemeriksaan laboratorium, untuk mengetahui status kesehatan yang dimiliki. 

Referensi:
American Academy of Neurology. Diakses pada 2021. ABO Blood Type, Factor VIII, and Incident Cognitive Impairment In The Regards Cohort.
Prevention. Diakses pada 2021. 5 Things Your Blood Type Says About Your Health.
The Healthy. Diakses pada 2021. 9 Secrets Your Blood Type Reveals About You.
WebMD. Diakses pada 2021. How Your Blood Type Can Affect Your Health.
Harvard School of Public Health. Diakses pada 2021. Blood Type Linked to Heart Disease Risk.
Huffington Post. Diakses pada 2021. What Your Blood Type Says About Your Health. 
Penn Medicine. Diakses pada 2021. What Does Your Blood Type Have to Do With Your Health?