• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Tanda Anak Tumbuh Menjadi Karakter Ekstrovert

Ketahui Tanda Anak Tumbuh Menjadi Karakter Ekstrovert

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Ketahui Tanda Anak Tumbuh Menjadi Karakter Ekstrovert

Halodoc, Jakarta - Mengetahui karakter anak sejak dini sangat penting untuk mendukung pertumbuhannya. Salah satu karakter yang penting untuk diketahui setiap orangtua adalah apakah anaknya, termasuk tipe yang introvert atau ekstrovert. Hal tersebut dapat terlihat saat anak berusia 5 tahun. Pada pembahasan ini, ibu dapat mengetahui tanda-tanda jika anak tumbuh dengan karakter ekstrovert. Berikut ulasan lengkapnya!

Tanda-Tanda Anak yang Ekstrovert

Orang yang ekstrovert memiliki energi yang mengalir keluar dengan beberapa sifat, seperti kegembiraan, antusiasme, dan fokus yang disebarkan ke lingkungan sekitar. Hal ini menandakan jika dirinya sangat suka untuk bersosialisasi, tetapi juga tertarik pada aktivitas dan tindakan yang ada di sekitarnya. Lingkungan di sekitarnya secara alami terlibat dengan dirinya dan ia juga ingin terlibat lebih sering pada orang di sekelilingnya.

Baca juga: Jangan Salah Paham dengan Ekstrovert, Ini Faktanya

Anak yang memiliki karakter ekstrovert merasa lebih bersemangat dan mendapatkan energi baru jika bersama orang lain dibandingkan sendirian. Maka dari itu, dirinya lebih suka untuk bermain sebagai olahraga tim dan aktivitas klub. Anak yang ekstrovert umumnya memiliki banyak teman dan tetap menjaga komunikasi dengan orang lain, bahkan dari jarak jauh.

Maka dari itu, ibu harus tahu tanda-tanda apa saja yang timbul untuk menandai jika anak memiliki karakter ekstrovert. Dengan begitu, ibu dapat tahu kegiatan apa saja yang cocok untuk dilakukannya. Berikut ini beberapa pertandanya:

1. Anak Tidak Pemalu

Salah satu pertanda jika anak ibu memiliki karakter ekstrovert adalah tidak malu berada di sekitar orang yang dikenalnya untuk pertama kali. Anak ibu kemungkinan besar ingin menjelajahi dan mencoba sesuatu yang belum diketahuinya atau hal-hal yang baru. Seorang anak dengan karakter ini kerap ingin menjadi pusat perhatian dan mengadakan pertunjukan kecil untuk memperlihatkan bahwa dirinya ada.

2. Aktif Berbicara

Anak yang ekstrovert senang berinteraksi dengan orang lain dalam berbagai cara, salah satunya berbicara. Dirinya suka mengobrol dan sangat senang dikelilingi orang lain yang juga suka berbicara tanpa merasa lelah sama sekali. Seseorang dengan karakter ekstrovert cenderung berpikir saat berbicara, serta lebih mampu memproses pikiran dan perasaannya apabila dirinya lebih banyak bicara.

Baca juga: Orang Ekstrovert Cenderung Lebih Cepat Sukses, Benarkah?

3. Lebih Suka Aktivitas Kelompok

Berbeda dengan introvert yang lebih suka melakukan aktivitas sendiri, anak yang ekstrovert senang berada di sekitar orang lain. Ibu akan melihat jika di sekolah, anak lebih senang melakukan sesuatu dan lebih produktif pada kegiatan kelompok, dibandingkan dengan sesuatu yang dilakukan sendiri. Selain itu, dirinya lebih cenderung ingin berpartisipasi pada olahraga tim dan kegiatan klub.

4. Bosan Jika Ditinggal Sendiri

Anak yang introvert mendapatkan lebih banyak energi dengan menghabiskan waktu sendirian, tetapi berbanding terbalik pada anak yang ekstrovert. Dirinya akan cepat merasa lelah dan bosan karena sendirian. Perasaan lesu dan terisolasi dapat dirasakannya saat tidak ada orang dan lebih produktif jika ada seseorang di sekitarnya, baik itu orangtuanya maupun orang lain asalkan bisa diajak bicara.

Itulah beberapa tanda-tanda anak yang memiliki karakter ekstrovert. Jika anak ibu memiliki pertanda tersebut, ada baiknya untuk memilih kegiatan yang cocok untuk mengembangkan kemampuan dan nalarnya agar lebih baik. Dengan begitu, pengembangan dirinya lebih maksimal jika dilakukan sesuai dengan karakter yang dimilikinya.

Baca juga: Jangan Berprasangka pada Si Introvert, Ini 4 Keistimewaannya

Apabila ibu masih memiliki pertanyaan untuk mengetahui karakter yang dimiliki Si Kecil, psikolog dari Halodoc siap membantu untuk pengembangan dirinya. Caranya mudah sekali, cukup dengan download aplikasi Halodoc dan dapatkan kemudahan terkait akses kesehatan hanya dengan penggunaan gadget yang dimiliki!

Referensi:

Smart Parenting. Diakses pada 2020. 7 Early Signs That Show Your Child May Grow Up to Be an Extrovert.
Very Well Family. Diakses pada 2020. Identifying Extrovert Behavior in Children.