• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Titik Akupunktur Sakit Kepala untuk Meredakan Gejala
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Titik Akupunktur Sakit Kepala untuk Meredakan Gejala

Ketahui Titik Akupunktur Sakit Kepala untuk Meredakan Gejala

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 09 Juni 2022

"Sebelum memilih pengobatan akupunktur, pastikan dulu untuk mengetahui manfaatnya. Termasuk area mana yang perlu mendapatkan tekanan, misalnya titik akupunktur sakit kepala untuk meredakan migrain. "

Ketahui Titik Akupunktur Sakit Kepala untuk Meredakan Gejala

Halodoc, Jakarta – Akupunktur telah dikenal sebagai metode pengobatan sejak lama. Teknik pengobatan tradisional Tiongkok ini disebut bisa mengatasi berbagai masalah kesehatan, salah satunya sakit kepala. Akupunktur sendiri dilakukan dengan cara menusukkan jarum khusus berukuran kecil dan tipis pada titik-titik tertentu yang disebut titik akupuntur. 

Meskipun hampir semua bagian tubuh manusia saling terhubung, nyatanya titik tekanan pada setiap masalah kesehatan bisa berbeda. Dengan menekan titik yang tepat menggunakan jarum, manfaat akupunktur untuk sakit kepala akan lebih terasa. Maka dari itu, penting untuk mengetahui titik akupunktur sakit kepala sebelum mencoba metode pengobatan ini. 

Pilih Ahli yang Tahu Titik Akupunktur Sakit Kepala  

Meski menjanjikan manfaat, teknik ini tidak boleh sembarangan dipraktikkan. Akupunktur hanya boleh dilakukan oleh orang yang sudah berpengalaman dan bersertifikat.

Saat ini, metode pengobatan akupunktur juga sudah diadopsi dalam dunia kedokteran, yang kemudian dikenal dengan istilah akupunktur medis. 

Pada dasarnya, teknik pengobatan ini berfokus dan bertujuan untuk mengembalikan aliran energi positif ke seluruh tubuh. Dalam perspektif medis, akupunktur disebut bisa merangsang dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal itu dilakukan untuk memicu respons penyembuhan sehingga gejala penyakit bisa diatasi segera. 

Akupunktur membagi tubuh menjadi serangkaian zona dan titik tekanan. Nantinya, jarum khusus akan dimasukkan ke titik tekanan yang sesuai dengan gejala atau keluhan.

Titik akupunktur sakit kepala akan berbeda dengan gangguan kesehatan lain. Akupunktur diklaim bisa membantu mengatasi sakit kepala sebelah alias migrain dan sakit kepala tegang. 

Lantas, bagian mana saja yang termasuk titik akupunktur sakit kepala?

1. Pergelangan Tangan 

Salah satu titik akupunktur sakit kepala adalah pergelangan tangan bagian atas. Tekanan akan diberikan pada area tersebut. 

2. Jari-jari Tangan 

Titik akupunktur berada di antara jempol dan jari telunjuk. Untuk menemukannya, perlu memberi tekanan secara bersamaan pada kedua jari tersebut. 

3. Lubang Hidung 

Tekanan juga bisa diberikan pada area hidung. Untuk mengatasi sakit kepala, jepit lubang hidung pada sisi yang berlawanan dengan septum. 

4. Pergelangan Tangan bagian Dalam 

Pada pergelangan tangan bagian dalam juga terdapat titik akunpunktur. Titik pastinya ada pada lipatan terbesar pergelangan tangan bagian dalam, sejajar dengan ibu jari. 

5. Bahu 

Area bahu telah diketahui lama sebagai titik tekanan untuk mengatasi sakit kepala. Titik tekanan bisa ditemukan dengan cara mencubit atau menekan otot bahu. 

6. Belakang Rahang 

Selanjutnya, titik akupunktur juga ada di bagian belakang tulang rahang. Lokasi tepatnya adalah di bawah telinga. 

7. Telinga 

Titik tekanan untuk sakit kepala selanjutnya terletak pada area tulang mastoid (telinga) sampai ke otot leher. 

Itulah beberapa titik akupunktur sakit kepala yang perlu diketahui. Namun ingat, praktik ini hanya boleh dilakukan oleh orang yang memang sudah berpengalaman. Sebab, akupunktur bisa saja memicu beberapa efek samping, seperti perdarahan, nyeri, serta kelelahan setelah melakukan pengobatan. 

Selain itu, menjaga kebersihan selama menjalani akupunktur juga wajib. Jarum pada setiap sesi pengobatan harus diganti, sebab jarum hanya boleh digunakan satu kali. 

Jadi, sudah tahu kapan rencananya akan melakukan akupunktur? Temukan ahli akupunktur berpengalaman di aplikasi Halodoc. Dengan begitu, manfaat dari teknik ini akan didapatkan secara maksimal dan risiko efek samping parah bisa dihindari. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store atau Google Play! 

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. Acupuncture for Headaches and Migraines. 
Harvard Medical School. Diakses pada 2022. Acupuncture for headache. 
Migraine Again. Diakses pada 2022. 9 Pressure Points for Headaches You Need to Know.