• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Tradisi Unik Natal di Seluruh Dunia

Ketahui Tradisi Unik Natal di Seluruh Dunia

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Momen perayaan natal adalah saat-saat yang paling indah dalam setahun. Selama beberapa minggu setiap tahunnya, seluruh dunia akan terasa lebih bercahaya. Ya, cahaya ini berasal dari lampu-lampu hiasan natal yang mulai dipasang, bahkan sejak awal Desember. Pada pekan terakhir di akhir tahun, orang-orang tampak lebih bersuka cita bahkan suhu pun terasa lebih nyaman.

Dalam setiap perayaan keagamaan, kamu pasti memiliki ritual atau adat istiadat sendiri yang membuat musim liburan begitu istimewa. Rasanya kamu juga perlu tahu nih beberapa tradisi Natal favorit di seluruh dunia yang pastinya juga sangat meriah dan menyenangkan. Mungkin saja beberapa ritual khas Natal ini membuat kamu dan orang-orang terdekatmu ingin mengunjunginya dan merasakannya langsung di musim liburan mendatang.

Baca juga: 6 Perawatan Wajah Wajib Sebelum Rayakan Natal

Festival Lampion Raksasa, Filipina

Festival Lampion Raksasa (Ligligan Parul Sampernandu) diadakan setiap tahun pada hari Sabtu sebelum Malam Natal di kota San Fernando, atau yang dijuluki "Ibukota Natal Filipina". Festival ini menarik penonton dari seluruh negeri dan seluruh dunia. Sebelas barangay (desa) mengambil bagian dalam festival dan persaingan sengit saat semua orang berusaha membangun lentera yang paling rumit. Awalnya, lampion adalah kreasi sederhana dengan diameter sekitar setengah meter, terbuat dari “papel de hapon” (kertas origami Jepang) dan dinyalakan dengan lilin. Namun kini, lampion dibuat dari berbagai bahan dan telah tumbuh hingga berukuran sekitar enam meter. Mereka juga diterangi oleh bohlam listrik yang berkilau dalam pola yang sangat indah.

Krampus, Austria

Tradisi memakai kostum hantu mungkin biasanya hanya dilakukan saat malam perayaan Halloween saja, tetapi ini berbeda dengan Austria. Makhluk iblis seperti binatang buas yang berkeliaran di jalan-jalan kota akan menakuti anak-anak dan menghukum yang jahat. Dalam tradisi Austria, St. Nicholas memberi penghargaan kepada anak laki-laki dan perempuan kecil yang manis, sementara itu Krampus dikatakan menangkap anak-anak paling nakal dan membawa mereka pergi ke dalam karung. Pada minggu pertama Desember, para pria muda berpakaian seperti Krampus (terutama pada malam Hari St. Nicholas) dan menakutkan anak-anak dengan rantai dan lonceng yang berderak.

Baca juga: Tips Menjaga Pola Makan Sehat saat Natal dan Tahun Baru

Kentucky Fried Christmas Dinner, Jepang

Natal tidak pernah menjadi perayaan yang paling meriah di Jepang. Selain dari beberapa tradisi kecil, seperti pemberian hadiah dan hiasan-hiasan lampu natal di rumah, Natal sebagian besar tetap merupakan hal baru di negara ini. Namun, "tradisi" baru dan unik telah muncul dalam beberapa tahun terakhir di Jepang, yakni pesta Hari Natal Kentucky Fried Chicken. 

Menu perayaan akan segera diiklankan di situs web. Meskipun kamu tidak mengerti bahasa Jepang, tetapi gambar-gambar menu yang disajikan pasti akan terlihat lezat dengan segala sesuatu mulai dari ember standar bertema Natal, hingga sajian pesta burung panggang premium.

Cavalcade of Lights, Toronto

Di musim dingin, Toronto akan mengadakan Cavalcade of Lights tahunan yang menandai awal resmi musim liburan. Iring-iringan pertama diadakan pada tahun 1967 untuk memamerkan Balai Kota dan Nathan Phillips Square Toronto yang baru dibangun. Alun-alun dan pohon Natal diterangi oleh lebih dari 300.000 lampu LED yang bersinar dari senja sampai pukul 11 malam hingga Tahun Baru. Selain itu, kamu juga bisa menyaksikan pertunjukan kembang api yang spektakuler dan bermain seluncur es di luar ruangan.

Baca juga: Biar Tetap Sehat, Perhatikan Ini Saat Pilih Camilan Natal

Itulah beberapa perayaan natal unik dari seluruh dunia. Malam natal memang menjadi momen yang menyenangkan untuk berkumpul dengan keluarga, tetapi jika kamu merasakan gejala penyakit yang mengganggu menjelang natal, maka kamu perlu segera hubungi dokter di Halodoc. Dokter akan selalu siaga 24 jam untuk memberikanmu saran kesehatan dan mungkin resep obat yang dibutuhkan. 

Selain itu, khusus pengguna baru, ada promo diskon 50 persen hingga 100 ribu untuk semua produk kesehatan yang bisa kamu beli di Halodoc. Promo ini hanya berlaku dari 15 hingga 31 Desember, dan hanya bisa dilakukan satu kali untuk satu akun. Praktis bukan? Yuk gunakan aplikasi Halodoc sekarang!

Referensi:
Country Living. Diakses pada 2020. 20 Christmas Traditions from Around the World.
Lifehack. Diakses pada 2020. 15 Unique Christmas Traditions from Around the World.
Momondo. Diakses pada 2020. Weird But Wonderful Christmas Traditions from Around The World.