• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Tren Fitnes di Tahun 2021

Ketahui Tren Fitnes di Tahun 2021

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Ketahui Tren Fitnes di Tahun 2021

“Pandemi mengharuskan masyarakat untuk menjaga jarak dan beraktivitas di rumah atau tidak banyak berinteraksi dengan orang lain di luar. Termasuk dalam hal berolahraga. Fitnes menjadi salah satu jenis latihan yang digemari karena bisa dilakukan tanpa perlu keluar rumah.”

Halodoc, Jakarta – Olahraga memang lebih enak dilakukan di alam terbuka karena bisa sekaligus menjadi waktu bersantai untuk tubuh. Namun, beberapa jenis aktivitas fisik tentu lebih nyaman jika dilakukan di rumah, salah satunya adalah fitnes.

Kini, pandemi mengharuskan orang-orang lebih banyak melakukan aktivitas di rumah guna mencegah terjadinya penularan yang lebih luas lagi. Termasuk berolahraga. Meski fitnes juga lebih sering dilakukan di dalam ruang, tetap saja sebaiknya kamu melakukannya di rumah. 

Agar latihan fisik yang kamu lakukan lebih maksimal, yuk simak tren fitnes di tahun 2021 ini! Apa saja, ya?

  • Gym di Rumah

Larangan untuk menghabiskan waktu di luar lebih lama menjadikan masyarakat akhirnya melakukan aktivitas olahraga di rumah, termasuk fitnes. Ternyata, kamu tidak harus membeli peralatan mahal layaknya di pusat kebugaran untuk membuat tubuh tetap terjaga kesehatannya. Kamu bisa membeli sepasang dumbbells dan exercise bands dengan harga yang terjangkau.

Baca juga: Fatal Serangan Jantung saat Olahraga, Kenali Tandanya

  • Menggunakan Aplikasi

Meski melakukan fitnes di rumah terbilang berhasil pada beberapa orang, tetapi tetap banyak orang yang tidak memiliki cukup ruang. Terlebih lagi, kamu dapat berolahraga dengan baik tanpa mengeluarkan uang sepeser pun.

Caranya tentu saja dengan melihat tutorial melalui YouTube gratis dan aplikasi olahraga untuk memandu latihan. Banyak latihan ini hanya membutuhkan peralatan minimal atau bahkan tidak membutuhkan peralatan sama sekali.

  • Gym Mewah di Rumah

Penutupan fasilitas kebugaran selama pandemi justru meningkatkan penjualan perusahaan treadmill dan sepeda statis serta beberapa fasilitas kebugaran kelas atas lainnya. Diharapkan, masyarakat dapat membuat ruangan yang nyaman dan sesuai dengan keinginan di rumah lengkap dengan peralatan penunjangnya, termasuk cermin latihan. 

Baca juga: 8 Olahraga yang Cocok Mengatasi Stres pada Lansia

  • Kebugaran Holistik

Oleh karena terjadi lonjakan minat terhadap kesehatan tubuh secara keseluruhan, banyak orang kemudian menyeimbangkan olahraga dengan aktivitas restoratif, seperti tidur dan meditasi.

Beberapa orang memutuskan untuk melakukan latihan dengan tujuan untuk pemulihan dan meningkatkan kinerja tubuh. Selain olahraga, ini termasuk diet dan nutrisi seimbang, tidur cukup, dan pengelolaan stres yang tepat. Oleh karena itu, orang-orang akan mencari produk, aplikasi, dan alat untuk membantu mereka tidur lebih nyenyak dan meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan.

Selama pandemi, orang menjadi tertarik untuk menggabungkan olahraga dan relaksasi mental untuk menghilangkan stres. Ini artinya, yoga, pilates, dan aktivitas pikiran-tubuh lainnya semakin populer. Jika kamu tidak dapat menghadiri kelas tatap muka, kamu dapat dengan mudah menemukan banyak video yoga secara online tanpa perlu membayar atau gratis, tetapi ada pula yang mengharuskan membayar langganan.

Baca juga: Tips Cegah Post Workout Insomnia saat Olahraga Malam

Apapun bentuk olahraganya, sebaiknya hindari beraktivitas terlalu lama di luar. Pandemi semakin meningkat angka penularannya, kamu tetap wajib menegakkan protokol kesehatan guna mencegah tubuh terpapar virusnya. Gunakan masker, jaga jarak dengan orang lain, hindari berkerumun atau melakukan aktivitas yang melibatkan banyak orang, cucilah tangan setiap saat, dan kurangi mobilitas yang tidak diperlukan. 

Meski begitu, pandemi seharusnya tidak akan menyulitkan kamu untuk tetap sehat. Jika kamu mengalami gejala tubuh yang tidak biasa, kamu tidak perlu harus pergi ke luar rumah. Download aplikasi Halodoc di ponselmu, kapan saja kamu bisa langsung bertanya jawab dengan dokter spesialis dan mendapatkan penanganan yang tepat. 

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. 9 Fitness Trends to Expect in 2021.