• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Usia yang Tepat untuk Menikah Sesuai Kata Ilmuwan

Ketahui Usia yang Tepat untuk Menikah Sesuai Kata Ilmuwan

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Ketahui Usia yang Tepat untuk Menikah Sesuai Kata Ilmuwan

Usia yang tepat untuk menikah sebenarnya tidak pasti. Sebab, setiap orang membutuhkan waktu yang berbeda-beda untuk mencapai suatu keyakinan untuk menjalani kehidupan setelah menikah. Namun, ada penelitian yang menyebut bahwa usia terbaik menikah adalah di akhir usia 20 tahun. 

Halodoc, Jakarta – Mengetahui usia yang tepat untuk menikah adalah hal yang penting dilakukan. Pasalnya, menikah bisa menjadi satu pilihan yang besar dalam hidup seseorang. Maka dari itu, sebelum menikah sebaiknya banyak hal yang sudah dipertimbangkan. Lantas, kapan sebenarnya waktu dan usia yang tepat untuk seseorang menikah? 

Pertanyaan tersebut ternyata memiliki jawaban dari sudut pandang sains. Menurut ilmuwan, ada usia tertentu yang menjadi waktu ideal seseorang untuk menikah. Usia memang hanyalah angka, tetapi pasti memiliki pengaruh cukup besar. Memang tidak bisa disamakan dan diterapkan ke seluruh orang, tetapi mengetahui usia yang tepat untuk menikah bisa menjadi referensi. 

Baca juga: Berencana Menikah? Ini 8 Hal yang Wajib Dipelajari

Kapan Usia yang Tepat untuk Menikah? 

Bagi sebagian orang, usia mungkin hanya angka. Namun, faktor ini ternyata harus menjadi salah satu pertimbangan saat memutuskan untuk menikah. Katanya, usia yang tepat untuk menikah adalah di usia akhir 20 tahun-an. Hal itu berdasarkan pada penelitian yang dilakukan oleh Institute of Family Studies (IFS) University of Utah. Penelitian dikaitkan dengan tingkat pernikahan dan perceraian di Amerika Serikat (AS).

Orang yang menikah di usia akhir 20 tahun disebut memiliki kemungkinan bercerai paling kecil, dibandingkan dengan usia lain. Sebaliknya, orang yang menikah di usia lebih muda atau bahkan di usia remaja, disebut memiliki risiko perceraian yang lebih tinggi. Ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi kondisi ini, termasuk stigma sosial hingga kepribadian masing-masing individu. 

Di sisi lain, tingkat perceraian ternyata juga berkaitan dengan faktor usia. Dari penelitian yang sama, ditemukan bahwa risiko perceraian pada pasangan juga berkaitan dengan usia. Rata-rata tingkat perceraian disebut mulai menurun pada usia 40 tahun. Data terkait angka perceraian ini didapat dari statistik pada tahun 1995. 

Penelitian lain yang dilakukan oleh University of Maryland menemukan fakta yang berbeda. Peneliti dilakukan khusus pada wanita, dan ditemukan bahwa usia terbaik untuk menikah adalah pada usia antara 45–49 tahun. Namun sekali lagi, perlu diingat bahwa usia tidak selalu harus menjadi faktor utama untuk menentukan pernikahan. 

Baca juga: 5 Jenis Vaksin yang Dianjurkan Dilakukan Sebelum Menikah

Faktor Lain yang Harus Dipertimbangkan 

Selain faktor usia, nyatanya ada hal lain yang harus diperhatikan dan dipertimbangkan. Bukan tentang usia berapa, tetapi menikahlah ketika sudah merasa cukup nyaman, baik secara mental, fisik, maupun finansial. Tidak semua orang memiliki waktu memulai yang sama, maka dari itu tentu saja tidak semua orang harus menikah pada usia yang sama. 

Faktanya, setiap orang membutuhkan waktu yang berbeda untuk bisa menyelesaikan Pendidikan, merasa nyaman dengan diri sendiri, serta bertahan dalam karir yang diinginkan. Sebab tidak dapat dimungkiri, faktor finansial alias ekonomi bisa menjadi salah satu faktor utama yang memicu masalah dalam sebuah hubungan, termasuk hubungan pernikahan. 

Ingat, menikahlah ketika kamu sudah merasa siap dan memiliki keyakinan matang. Baik laki-laki maupun perempuan, pertimbangan sebaiknya dilakukan dengan matang dan memperhatikan seluruh aspek yang bisa berpengaruh. 

Baca juga: 6 Jenis Pemeriksaan yang Penting Dilakukan Sebelum Menikah

Faktor kesehatan juga harus diperhatikan. Sebelum menikah, pastikan untuk melakukan konsultasi dan pemeriksaan kesehatan bersama pasangan. Ada sejumlah pemeriksaan kesehatan yang perlu dilakukan sebelum menikah. Jika butuh saran ahli, kamu dan pasangan bisa menghubungi dokter melalui aplikasi Halodoc. Lebih mudah bicara dengan dokter melalui Video/Voice Call atau Chat. Download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play! 

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi: 
Brides. Diakses pada 2021. This Is the Best Age to Get Married, According to Relationship Experts. 
Kompas.com. Diakses pada 2021. Berapa Usia yang Tepat untuk Menikah? Ini Penjelasannya Menurut Sains.