22 November 2017

Ketidaknyamanan Ini Muncul di Trimester Kedua

Halodoc, Jakarta – Memasukki trimester kedua, ibu akan mulai merasa lebih nyaman dalam menjalani kehamilannya.  Gejala mual dan muntah biasanya menghilang, ibu pun lebih bertenaga dibandingkan trimester sebelumnya, dan memiliki emosi yang stabil. Namun, perubahan tubuh yang terjadi akan menimbulkan masalah-masalah yang cukup mengganggu. Berikut beberapa hal yang sering dikeluhkan ibu hamil dan cara mengatasinya.

Trimester kedua berlangsung mulai dari bulan keempat sampai keenam masa kehamilan. Pada masa ini, perubahan tubuh ibu mulai terlihat jelas. Berat badan ibu naik drastis karena tingginya tingkat napsu makan, perut dan payudara juga ikut membesar. Karena itu, ibu hamil akan mengalami sejumlah kesulitan akibat perubahan tubuh ini dan gangguan kesehatan lainnya yang bisa bikin ibu tidak nyaman selama trimester kedua. Tapi jangan khawatir, selalu ada cara untuk mengatasi kondisi yang mengganggu tersebut.

  • Sakit Kepala

Sakit kepala merupakan gangguan yang paling sering dikeluhkan oleh banyak ibu hamil. Yang menyebabkan kondisi ini bisa terjadi pada ibu hamil adalah karena tekanan darah menurun pada masa kehamilan akibat hormon progresteron yang melemaskan dan melebarkan dinding pembuluh darah, sehingga membuat ibu sakit kepala.

Cara Mengatasi: Jika ibu mengalami masalah ini, segera beristirahat dengan berbaring menghadap ke kiri untuk memulihkan tekanan darah. Ketika ingin bangun dari posisi duduk atau berbaring, lakukanlah secara perlahan-lahan. Ibu juga disarankan untuk memperbanyak minum air putih.

  • Sakit Punggung, Pinggang dan Pegal-pegal

Napsu makan ibu akan bertambah besar di trimester kedua ini yang menyebabkan berat badan ibu juga meningkat. Harus menahan berat tubuh dan juga janin yang semakin besar di dalam perut, membuat punggung ibu terasa sakit, karena tulang belakang lah yang bertugas menopang  tubuh. Selain sakit pinggang, sebagian ibu hamil juga sering mengeluh sakit pinggang, pegal-pegal, dan otot terasa linu.

Cara Mengatasi: Untuk meredakan gangguan tersebut dan membuat tubuh ibu kembali nyaman, mintalah pasangan untuk memijat bagian tubuh yang terasa sakit dan pegal. Ibu hamil juga disarankan untuk berolahraga secara rutin untuk meredakan sakit punggung dan memperkuat otot. 

  • Kram Kaki

Kaki yang tiba-tiba saja kram normal terjadi pada ibu hamil. Berat badan yang meningkat, terhambatnya aliran darah, dan kurang asupan kalsium adalah penyebab munculnya ketidaknyamanan tersebut.

Cara Mengatasi: Ketika kaki terasa kram, ibu dapat melakukan peregangan dengan cara mengangkat kedua kaki ke atas dalam posisi berbaring selama 15-20 menit. Perbanyak minum air putih dan rutin berolahraga juga dapat mencegah kram kaki terjadi.

  • Radang Gusi

Kehamilan menyebabkan perubahan hormon pada ibu hamil, yaitu meningkatnya hormon steroid pada cairan gusi. Hormon lainnya yang dihasilkan pada saat kehamilan juga meningkatkan sirkulasi darah ke gusi, sehingga gusi ibu hamil menjadi sensitif, lebih mudah berdarah dan rentan terkena radang gusi.

Cara Mengatasi: Gunakan sikat gigi berbulu lembut untuk mencegah gusi berdarah, sehingga timbul iritasi. Pada trimester kedua kehamilan, sebaiknya ibu melakukan pembersihan plak dan karang gigi di dokter gigi agar masalah gusi tidak bertambah parah dan memengaruhi janin.

  • Hidung Mampet

Ibu hamil juga bisa mengalami hidung mampet pada trimester kedua ini. Perubahan hormon yang terjadi selama kehamilan menyebabkan selaput lendir dalam hidung membengkak, bahkan bisa membuat hidung berdarah.

Cara Mengatasi: ibu bisa melancarkan pernapasan dengan cara meneteskan larutan garam (saline drop) ke dalam hidung atau memasang alat pelembap udara di dalam ruangan. Sebaiknya usahakan untuk menggunakan cara alami untuk menyembuhkan hidung mampet, daripada mengonsumsi obat-obatan.

Ibu hamil bisa membicarakan tentang kondisi kesehatannya kepada dokter, tanpa perlu keluar rumah, melalui aplikasi Halodoc. Hubungi dokter melalui Video/Voice Call dan chat untuk berdiskusi dan meminta saran kesehatan kapan saja. Ibu juga bisa membeli produk kesehatan dan vitamin yang dibutuhkan di Halodoc. Caranya sangat mudah, tinggal order dan pesanan akan diantar dalam satu jam. Jadi, tunggu apa lagi? Download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.