• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Khasiat Daun Mint untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Khasiat Daun Mint untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Khasiat Daun Mint untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

“Daun mint adalah salah satu tanaman herbal yang kerap dimanfaatkan untuk menambah rasa. Selain itu, daun ini juga dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Beberapa manfaatnya, antara lain mengatasi gangguan pencernaan dan meningkatkan sistem imun.

Halodoc, Jakarta – Daun mint adalah salah satu daun herba yang kerap dicampurkan ke makanan atau minuman karena rasanya yang khas. Tanaman ini juga kerap dikonsumsi karena dipercaya memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

Namun, apa saja sih khasiat daun mint untuk kesehatan yang jarang diketahui orang? Nah, ulasan lebih lengkapnya baca di sini!

Khasiat Daun Mint untuk Kesehatan Tubuh

Daun mint sudah umum digunakan di seluruh dunia, baik dikonsumsi untuk rasanya atau manfaatnya. Daun ini bukan hanya dimanfaatkan untuk menambah sedikit rasa, kesegaran, dan aroma, ada banyak manfaat saat mengonsumsinya secara rutin.

Baca juga: Buka Puasa dengan 5 Minuman ini untuk Cegah Dehidrasi

Maka dari itu, daun mint kerap dimanfaatkan sebagai tambahan untuk teh, minuman beralkohol, salad, dan banyak makanan lainnya. Sudah banyak bukti jika daun mint memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh.

Nah, berikut ini beberapa khasiat daun mint untuk kesehatan yang jarang orang ketahui:

1. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Khasiat daun mint yang perlu dipahami adalah mengatasi gangguan pencernaan. Daun herba ini dapat membantu untuk membuat sistem pencernaan lebih sehat dengan merangsang enzim pencernaan.

Minyak mint memiliki sifat antiseptik dan antibakteri yang ampuh untuk meredakan gangguan pencernaan. Selain itu, daun ini juga kerap dimanfaatkan sebagai obat anti-spasmodik karena adanya kandungan metanol.

2. Meredakan Sindrom Iritasi Usus Besar

Sindrom iritasi usus besar adalah salah satu gangguan umum yang terjadi pada sistem pencernaan. Hal ini dapat menyebabkan sakit perut, sembelit, diare, perut kembung, dan gangguan pencernaan.

Daun mint disebut-sebut ampuh untuk atasi sindrom iritasi usus besar. Khasiat daun mint ini didapatkan karena minyak mint yang mengandung senyawa mentol, yang mampu memberikan efek relaksasi pada otot-otot saluran pencernaan.

Baca juga: 2 Tanaman Herbal Pengganti Gula & Garam Yang Patut Anda Coba

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Khasiat daun mint berpengaruh pada daya tahan tubuh seseorang. Daun mint kaya akan fosfor, kalsium, dan vitamin seperti C, D, E, dan A yang baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Mengonsumsi daun ini juga dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan, sehingga mampu mengurangi risiko penyakit kronis. Maka dari itu, konsumsilah daun mint secara rutin untuk mendapatkan berbagai manfaatnya untuk kesehatan.

Jika kamu ingin tahu lebih jauh terkait manfaat daun mint untuk kesehatan, dokter dari Halodoc siap membantu untuk menjawabnya. Cukup download aplikasi Halodoc, kamu bisa berinteraksi langsung dengan ahli medis tanpa perlu tatap muka. Unduh aplikasinya sekarang juga!

4. Meningkatkan Fungsi Otak

Khasiat daun mint berpengaruh pada kesehatan otak. Hal ini karena daun mint memiliki bau yang khas. Ternyata, menghirup aroma minyak esensial dari tanaman ini memberikan manfaat kesehatan, termasuk meningkatkan fungsi otak.

Hal ini sudah terbukti pada suatu penelitian jika mencium aroma minyak daun mint selama lima menit dapat meningkatkan memori secara signifikan. Selain itu, aroma minyak ini juga dapat menyegarkan dan mengurangi rasa lelah.

Baca juga: Cegah Kanker, Ayo Rutin Konsumsi 5 Teh Ini

5. Menurunkan Berat Badan

Khasiat daun mint berikutnya juga dipercaya mampu menurunkan berat badan dengan cara yang sehat. Hal ini terjadi karena manfaatnya yang mampu meningkatkan fungsi pencernaan dan meningkatkan metabolisme untuk menurunkan berat badan. Cara mengonsumsi daun mint agar berat badan tubuh adalah mengolahnya menjadi teh.

Nah, itulah beberapa khasiat daun mint untuk kesehatan yang banyak orang belum ketahui. Setelah kamu mengetahui segala manfaatnya, ada baiknya untuk mengonsumsi daun ini secara rutin setiap hari. Manfaatnya yang dapat meningkatkan sistem imun sangat cocok untuk mencegah virus corona yang masih merebak sejauh ini.

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. 8 Health Benefits of Mint.
Health Shots. Diakses pada 2021. Did you know good old mint leaves come with these 8 powerful health benefits?