• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Khasiat Madu untuk Mengatasi Penyakit Asam Lambung

Khasiat Madu untuk Mengatasi Penyakit Asam Lambung

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta – Sudah lama madu dikenal memiliki khasiat untuk kesehatan tubuh. Ini dikarenakan kandungan nutrisi, vitamin, dan mineralnya yang memenuhi kebutuhan harian. Madu berkualitas tinggi mengandung banyak antioksidan penting, termasuk asam organik dan senyawa fenolik seperti flavonoid.

Antioksidan telah dikaitkan dengan penurunan risiko serangan jantung, stroke, dan beberapa jenis kanker serta meningkatkan kesehatan mata. Tidak hanya itu, madu juga berkhasiat untuk mengatasi penyakit asam lambung.

Baca juga: Khasiat Madu yang Tak Perlu Diragukan Bagi Pria

Madu Efektif Meredakan Refluks Asam

Penyakit asam lambung disebabkan oleh produksi asam berlebih oleh kelenjar lambung. Jika sfingter esofagus tidak berkontraksi dengan baik, asam lambung mulai bergerak mundur, yang berarti asam lambung bergerak dari lambung ke esofagus (atau pipa makanan). 

Ini kemudian akan memberi kamu sensasi terbakar di tenggorokan dan dada. Gejala refluks asam lainnya adalah mulas, sakit tenggorokan, perut kembung, dan gas. Beberapa penyebab keasaman adalah pola makan yang buruk, merokok, makan berlebihan, konsumsi alkohol berlebihan, serta kurang tidur.

Madu mengandung vitamin, mineral, enzim, dan asam amino. Belum lagi sifat antibakterinya membuat madu kerap digunakan untuk mengatasi sakit tenggorokan, masalah kulit, meredakan batuk, dan mengurangi peradangan.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, madu adalah sumber antioksidan yang membantu mencegah kerusakan sel oleh radikal bebas. Riset menyebutkan, acid reflux bisa terjadi karena radikal yang merusak sel-sel yang melapisi saluran pencernaan. 

Mengonsumsi madu dapat memainkan peran penting karena mengontrol kerusakan dengan menghilangkan radikal bebas dan juga mengurangi peradangan pada saluran makanan. Mengonsumsi madu untuk mengatasi asam lambung adalah cara terbaik untuk mengurangi sensasi terbakar yang dialami karena madu membantu melapisi esofagus. 

Baca juga: Apa Saja Ciri-Ciri Asam Lambung Naik?

Banyak orang minum susu untuk alasan yang sama, tetapi minum susu dapat menghasilkan asam yang berlebihan di lambung. Dalam jurnal kesehatan yang dipublikasikan oleh British Medical, disebutkan bahwa karakteristik kental madu dapat membantu menurunkan asam. 

Cara konsumsi yang direkomendasikan adalah dengan mencampurkan satu sendok teh madu pada segelas air hangat atau teh. Kalau masih bingung mengenai manfaat madu untuk mengatasi asam lambung, bisa ditanyakan langsung di Halodoc

Kamu bisa menanyakan apa saja dan dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik. Caranya cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

Cegah Penyakit Asam Lambung

Siapa pun dapat terkena penyakit asam lambung. Makan terlalu cepat, mengonsumsi banyak makanan pedas, atau makan makanan berlemak tinggi juga memicu penyakit asam lambung. Kamu juga akan mengembangkan penyakit asam lambung jika:

Baca juga: Ini Tanda Jika Penyakit Asam Lambung Sudah Parah

1. Kelebihan berat badan atau obesitas.

2. Sedang hamil.

3. Mengidap diabetes.

4. Merokok.

Ada cara-cara untuk menghindari penyakit asam lambung yaitu:

1. Hindari berbaring selama tiga jam setelah makan.

2. Makan makanan kecil lebih sering sepanjang hari.

3. Kenakan pakaian longgar untuk menghindari tekanan pada perut.

4. Menurunkan berat badan berlebih.

5. Berhenti merokok.

Beberapa jenis makanan dapat menyebabkan naiknya asam lambung dan mulas. Perhatikan baik-baik perubahan yang kamu alami setelah mengonsumsi makanan tertentu. Makanan berlemak atau yang digoreng, alkohol, kopi, minuman berkarbonasi, cokelat, bawang putih, serta saos tomat dapat memicu mulas dan penyakit asam lambung.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. How to Prevent Acid Reflux and Heartburn.
Healthline. Diakses pada 2020. Can You Use Honey to Treat Acid Reflux?