• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Khasiat Minyak Zaitun untuk Rambut Anak

Khasiat Minyak Zaitun untuk Rambut Anak

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Banyak yang merekomendasikan minyak zaitun untuk pertumbuhan rambut bayi dan ternyata ini bukan sembarang mitos, tetapi minyak zaitun memang dapat meningkatkan kesehatan rambut, hingga melindungi kulit kepala anak dari infeksi.

Sebagian besar orangtua beranggapan kalau semua bayi memiliki kecenderungan punya rambut yang sama ketika dilahirkan. Namun jika dilihat lebih dekat, tiap-tiap anak memiliki tekstur, panjang, dan volume rambut yang berbeda. Penggunaan minyak zaitun memiliki efek yang dapat mempercepat pertumbuhan rambut. Simak selengkapnya di bawah ini!

Menjaga dan Melembapkan Kulit Kepala dan Rambut

Menurut data kesehatan yang dipublikasikan oleh Johnson & Johnson, penggunaan minyak natural dapat membantu menjaga kesehatan kulit kepala dan rambut anak. Salah satu rekomendasi minyak natural terbaik adalah minyak zaitun.

Disebutkan kalau minyak zaitun memiliki potensi untuk membantu pertumbuhan rambut bayi. Cari tahu pembahasan manfaat minyak zaitun di sini!

Baca juga: 5 Manfaat Mengonsumsi Susu Rendah Lemak

  1. Menjaga Rambut Sehat

Penggunaan minyak zaitun dipercayai dapat meningkatkan perawatan rambut secara signifikan. Beberapa anak cenderung memiliki rambut kering dan melewatkan nutrisi penting. Menggunakan minyak zaitun dapat menyelesaikan masalah ini dalam waktu singkat.

  1. Memperbaiki Tekstur Rambut

Minyak zaitun mengandung banyak unsur, terutama antioksidan, serta vitamin A dan E. Semua ini bekerja bersama dalam mempertahankan sejumlah besar keratin di rambut bayi. Ini berfungsi dalam menjaga kelembapan di dalam serta memungkinkan rambut menjadi lebih sehat dan bersinar. Minyak zaitun juga merangsang pembentukan rambut baru.

  1. Mengobati Eksim Kulit Kepala

Kadang-kadang, bayi mengalami bercak khusus pada kulit kepala yang bersisik dan terkadang menyebabkan sensasi gatal dan kemerahan. Kondisi ini, bahkan dapat mengakibatkan psoriasis yang memicu pembentukan jamur. Minyak zaitun membantu menjaga kelembapan kulit dan mencegah kondisi ini terulang kembali. 

  1. Mengusir Ketombe

Efek samping lain dari kulit kepala kering adalah adanya ketombe. Hal yang diperlukan hanyalah sedikit minyak zaitun dengan jus lemon, lalu dikombinasikan dengan pijatan lembut di kulit kepala untuk menghilangkan ketombe dalam waktu singkat. Asam pada lemon dapat membantu menghilangkan ketombe, sedangkan minyak zaitun berfungsi untuk melembapkan kulit.

  1. Meningkatkan Pertumbuhan Rambut

Pijat kepala dengan minyak zaitun sangat dianjurkan terutama buat bayi untuk meningkatkan ketebalan rambut. Perlu diketahui kalau vitamin E sangat penting dalam mengurangi kerontokan rambut dan menghilangkan rambut-rambut pecah. 

Baca juga: Sehat di Usia Lanjut ala Harrison Ford, Ini Caranya

  1. Mengandung Asam Lemak

Kandungan asam lemak pada minyak zaitun membantu melapisi dan melindungi rambut rusak. Nutrisi pada asam lemak membuat rambut lebih halus.

  1. Antioksidan sebagai Pelindung Alami

Terlepas dari vitamin, antioksidan hadir dalam jumlah besar dalam minyak zaitun. Ini sangat penting untuk menjaga kulit kepala agar tetap sehat dan terlindungi dari faktor eksternal, seperti cuaca dan polusi.

Menyadari khasiat dan manfaat minyak zaitun yang sangat signifikan, lantas bagaimana cara mengaplikasikannya? Saat mengoleskan minyak zaitun ke rambut Si Kecil, prosedurnya cukup sederhana kok. Berikut ini rekomendasinya: 

  1. Mulailah dengan mengoleskan sedikit minyak zaitun langsung ke kulit kepala bayi.
  2. Pijat dengan sikat atau kain lembut dan biarkan selama 8–10 menit.
  3. Setelah selesai, gunakan sampo dan air untuk membilas kulit kepala dengan benar dan mencucinya. Ulangi untuk membersihkannya dengan saksama.

Butuh informasi lebih lengkap mengenai khasiat minyak zaitun dan kesehatan kulit kepala bayi, tanyakan saja langsung di Halodoc. Dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

Referensi:

Firstory Parenting. Diakses pada 2020. Olive Oil for Baby Hair – Benefits and Usage.
Healthline. Diakses pada 2020. 8 Benefits of Baby Oil for Your Hair.