Kiat Mengatur Pola Makan Pasca Lebaran

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Hidup Sehat

Halodoc, Jakarta - Menu-menu khas Hari Raya seperti ketupat, rendang, opor ayam, dan sambal goreng hati kentang memang menggiurkan dan sayang jika dilewatkan. Malahan, lebaran akan terasa enggak lengkap tanpa hadirnya hidangan-hidangan itu. Menu makanan yang banyak mengandung lemak di atas boleh saja dikonsumsi, tetapi jangan terlalu banyak dan sering, ya! Karena makanan-makanan yang bersantan mengandung lemak tinggi yang bisa menyebabkan kamu diabetes, diare, maag, bahkan hipertensi.

Baca juga: 5 Tips Mengatur Pola Makan untuk Anak Obesitas

Nah, agar terhindar dari berbagai penyakit tersebut, begini kiat mengatur pola makan pasca lebaran:

  • Perbanyak Konsumsi Sayur dan Buah-Buahan

Momen lebaran akan membuat kamu akrab dengan hidangan yang bersantan kental. Nah, setelah lebaran saatnya kamu untuk mengganti asupan makanan kamu kamu dengan makanan sehat yang tinggi akan serat, seperti sayur dan buah-buahan agar pencernaan kembali lancar setelah banyak mengonsumsi makanan tinggi akan lemak.

  • Hindari Junk Food

Kamu tidak sempat merasakan makanan khas Hari Raya yang tinggi akan kandungan lemak, tetapi mengonsumsi junk food? Hal ini akan sama saja dampaknya, karena lemak jahat akan tertimbun di badan kamu. Nah, sebaiknya hindari makanan-makanan yang tidak sehat seperti junk food, ya! Karena selain banyak mengandung lemak, junk food dapat memicu kamu jadi gampang pusing, meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, meningkatkan risiko depresi, serta obesitas.

  • Ganti Lauk Pauk dengan Ikan

Setelah banyak mengonsumsi makanan berlemak, ada baiknya kamu mengganti menu lauk-pauk kamu dengan ikan untuk sementara waktu. Tujuannya adalah untuk mengembalikan fungsi pencernaan kamu kembali seperti semula.

Baca juga: Jalani Kemoterapi, Begini Cara Atur Pola Makan yang Tepat

  • Usahakan Makan Sebelum Lapar

Ketika kamu makan saat lapar, kamu cenderung akan mengonsumsi makanan apa saja yang ada di depan mata. Nah, bagaimana jika yang ada di depan mata adalah makanan yang tidak sehat? Untuk menghindari terjadinya hal tersebut, ada baiknya kamu makan sebelum kamu merasa sangat lapar, ya!

  • Konsumsi Smoothies Sebagai Pengganti Minuman Manis

Jika mengonsumsi sayur dan buah terasa tawar, kamu bisa menyiasatinya dengan mengonsumsi smoothies buah sebagai camilan sehat. Untuk membuat smoothies yang segar, kamu bisa mencampur susu almond, stroberi, pisang, dan chia seed menjadi smoothies yang enak, sehat, dan kaya serat.

Nah, kamu bisa melakukan kiat pola makan sehat guna menghindari penyakit-penyakit yang berbahaya bagi tubuhmu. Pertama, aturlah asupan makanan dengan baik, usahakan untuk tidak makan terlalu banyak daging berlemak dan kulit ayam. Sebaiknya pilih makanan yang direbus atau dikukus ketimbang digoreng. Jika memang kondisi memaksakan untuk mengonsumsi makanan dengan cara digoreng, kamu bisa menggunakan minyak sehat, seperti minyak zaitun.

Baca juga: 5 Tips Mengatur Pola Makan untuk Pengidap Pankreatitis Kronis

Kedua, lakukan olahraga secara rutin agar berat badan terkendali dan tubuh kamu selalu bugar. Dengan berolahraga, sistem kekebalan tubuh kamu akan meningkat sehingga penyakit tidak mudah menyerang.

Ikuti kiat-kiat mengatur pola makan di atas agar badan kamu tetap fit dan bugar. Nah, jika kamu menemukan kendala dalam menjalani langkah-langkah di atas, Halodoc bisa jadi solusinya! Kamu bisa diskusi langsung dengan dokter ahli melalui Chat atau Voice/Video Call. Enggak hanya itu, kamu juga bisa membeli obat yang sedang kamu butuhkan. Tanpa perlu repot, pesanan kamu akan diantar ke tempat tujuan dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya di Google Play atau App Store!