• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kisah Seleb Dunia yang Berjuang Melawan Sakit Lupus

Kisah Seleb Dunia yang Berjuang Melawan Sakit Lupus

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta - Lupus dikategorikan dalam penyakit autoimun jangka panjang, ketika sistem kekebalan tubuh menjadi hiperaktif dan menyerang jaringan normal dan sehat pada tubuh. Gejala yang terjadi seperti peradangan, pembengkakan, dan kerusakan yang terjadi pada kulit, persendian, ginjal, darah, jantung, paru-paru, otak, hingga sumsum tulang belakang. 

Lupus bisa sulit didiagnosis karena tanda dan gejalanya yang sering kali mirip dengan masalah kesehatan lain. Namun, ada tanda khas dari lupus yang bisa dikenali, yaitu munculnya ruam pada wajah yang menyerupai sayap kupu-kupu. Namun, tidak semua pengidap lupus mengalami kondisi ini. 

Kisah Selebriti Dunia yang Berjuang Melawan Lupus

Beberapa orang dilahirkan dengan kecenderungan untuk mengembangkan penyakit lupus. Bisa jadi, kondisi ini disebabkan karena infeksi, obat-obatan tertentu, atau bahkan paparan sinar matahari. Sayangnya, belum ada obat untuk mengatasi penyakit autoimun ini, tetapi perawatan yang tepat untuk membantu mengurangi keparahan gejalanya. 

Baca juga: Kenali Fakta Mengenai Penyakit Lupus

Meski masih belum ada obatnya, masih banyak selebritis dunia pengidap lupus yang terbilang sehat, bahkan memiliki cerita hidup yang sangat inspiratif dalam melawan penyakit ini. Siapa saja?

  • Selena Gomez

Pasti kamu tidak asing dengan nama ini. Ya, sang penyanyi dan pemain film ini secara gamblang mengumumkan bahwa dirinya mengidap lupus, bahkan harus melakukan transplantasi ginjal seperti dilansir dari Healthline. Sudah pasti, ia harus membatalkan semua rencana tur dan aktivitasnya. Namun, kini Selena mengklaim dirinya telah jauh lebih sehat. 

  • Lady Gaga

Siapa sangka, penyanyi yang cukup fenomenal ini berisiko untuk mengidap penyakit lupus pada 2010 silam, meski tidak pernah memiliki gejalanya. Ternyata, sang bibi meninggal karena penyakit yang sama, dan ini membuatnya lebih berisiko menjadi carrier. Artinya, Gaga harus memperhatikan kondisi kesehatannya, meski tidak dinyatakan positif mengidap penyakit autoimun ini. 

Baca juga: Lupus Bisa Sebabkan Limfoma Non-Hodgkin

  • Toni Braxton

Toni Braxton yang mendunia karena suara emasnya pun ternyata pengidap penyakit lupus. Namun, semangatnya untuk sembuh akhirnya berhasil membuatnya kembali membaik dan bisa menghibur para penikmat musik, bahkan menerima penghargaan Women in Achievement pada 8th Annual Lupus LA Bag Ladies Luncheon, seperti dilansir dari laman Lupus Trust.

  • Oleta Adams 

Tahun 2011 lalu, penyanyi yang namanya masuk dalam nominasi Grammy, Oleta Adams, menceritakan perjuangannya melawan penyakit lupus yang menjangkitinya selama 10 tahun. Ia berujar bahwa lupus telah mengubah setiap sisi kehidupannya, sehingga menjadi kondisi medis yang perlu perhatian dan studi lebih lanjut untuk menanganinya. 

  • Nick Cannon

Sementara itu, tahun 2012, Nick Cannon menjalani perawatan intensif di rumah sakit karena mengalami gagal ginjal. Namun, tak lama berselang, ia kembali menjalani perawatan karena terdapat pembekuan darah pada bagian paru-parunya. Ia mengaku mengidap lupus nefritis, peradangan ginjal yang berkaitan dengan lupus sistemik, seperti dilansir dari laman Healthgrades. Kini, kondisi Nick telah lebih sehat karena mengaku menjalani pola hidup sehat untuk mengurangi gejalanya. 

Baca juga: Lupus Menular Lewat Hubungan Intim, Benarkah?

Lupus memang sering terjadi tanpa adanya gejala. Inilah mengapa kamu harus memberikan perhatian penuh pada kondisi kesehatanmu. Tanyakan pada dokter kalau kamu merasakan adanya gejala yang tidak biasa pada tubuh, atau pergi berobat ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Supaya tidak ribet, pakai saja aplikasi Halodoc, tanya dokter dan berobat ke rumah sakit kapan saja, bisa kok!

Referensi: 
Healthline. Diakses pada 2020. 9 Celebrities with Lupus.
Lupus Trust. Diakses pada 2020. Celebritiies with Links to Lupus.
Healthgrades. Diakses pada 2020. 8 Celebrities who have Battled Lupus.