Kolagen Penting untuk Kecantikan, Ini Cara Meningkatkannya

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Kolagen Penting untuk Kecantikan, Ini Cara Meningkatkannya

Halodoc, Jakarta -  Memiliki kulit yang kencang dan cerah dapat membuat kamu terlihat awet muda. Banyak cara alami yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan kulit yang sehat dan awet muda, salah satunya meningkatkan kadar kolagen dalam tubuh.

Baca juga: Kolagen Bisa Dimakan? Ini yang Terjadi pada Tubuh

Kolagen adalah salah satu jenis protein yang ada dalam tubuh, tepatnya pada bagian kulit, tulang, otot dan urat. Sayangnya, seiring bertambah usia seseorang kadar kolagen dalam tubuh juga ikut menurun. Padahal, jumlah kolagen dalam tubuh memengaruhi kondisi kulit.

Tidak hanya pertambahan usia, faktor lain yang memengaruhi jumlah kolagen dalam tubuh, seperti paparan langsung sinar matahari yang memecah kolagen dan merusak serat elastin pada lapisan kulit. Selain itu, kebiasaan merokok juga dapat membuat kadar kolagen dalam tubuh berkurang. Paparan zat kimia yang berasal dari rokok mengganggu jumlah kolagen dalam tubuh.

Kualitas tidur yang kurang ternyata juga dapat menyebabkan kamu mengalami penurunan jumlah kolagen dalam tubuh. Tidak ada salahnya untuk mencukupi kebutuhan istirahat dan tidur selama satu hari agar kesehatan kulit tetap terjaga.

Meskipun kolagen dalam tubuh bisa berkurang, jangan khawatir karena kamu bisa meningkatkan kolagen dengan cara lain sehingga kesehatan kulit terjaga, yaitu:

1. Konsumsi Makanan yang Memicu Produksi Kolagen

Kolagen tersusun atas asam amino sehingga tidak ada salahnya untuk konsumsi makanan yang mengandung asam amino tinggi agar memicu produksi kolagen. Konsumsi makanan yang mengandung asam amino tinggi untuk tubuh, seperti ikan, daging, susu, telur dan makanan laut. Tidak hanya asam amino, konsumsi makanan yang mengandung vitamin A dan vitamin C untuk meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh, seperti buah jeruk, tomat maupun wortel.

2. Konsumsi Suplemen Kolagen

Tidak ada salahnya untuk mencoba mengonsumsi suplemen yang mengandung kolagen untuk membantu meningkatkan jumlah kolagen dalam tubuh. Sebagai tambahannya, kamu juga bisa menggunakan sabun yang memiliki kandungan kolagen.

3. Melakukan Suntik Kolagen

Tidak hanya dengan suplemen, kamu bisa menggunakan tambahan kolagen melalui suntikan. Kolagen yang diberikan melalui suntikan membantu untuk menyamarkan kerutan pada wajah dan membuat struktur kulit terlihat lebih muda. Namun, untuk melakukan suntik kolagen sebaiknya diskusikan terlebih dulu pada dokter. Kamu bisa gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya langsung pada dokter mengenai proses suntik kolagen agar manfaat yang dirasakan bisa optimal.

Ketahui Proses Terbentuknya Kolagen dalam Tubuh

Terdapat sel khusus dalam kulit yang menghasilkan molekul mini pro kolagen. Pro kolagen dihasilkan dari penyerapan vitamin C dan protein oleh tubuh. Molekul mini saling menempel selama proses produksi kolagen dan dikenal sebagai fibril. Fibril berkembang dan menyerupai helai tipis yang terbentuk dari mineral dan vitamin.

Baca juga: Suntik Kolagen untuk Meremajakan Kulit, Perlukah?

Fibril yang menempel pada kulit menjaga sifat elastis pada kulit agar kulit terhindar dari kerutan halus maupun ciri lain dari penuaan dini. Lakukan gaya hidup sehat untuk meningkatkan kolagen dalam tubuh. Hindari kebiasaan merokok maupun paparan polusi udara pada kulit. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan kulit agar kesehatan kulit tetap terjaga. Aliran darah yang lancar juga dapat meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh, sebaiknya lakukan olahraga secara rutin agar aliran darah menjadi lancar.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2019. 5 Ways to Boost Collagen
Healthfully. Diakses pada 2019. How to Stimulate Collagen in The Face