• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kombinasi Diet dan Olahraga Efektif Turunkan Berat Badan

Kombinasi Diet dan Olahraga Efektif Turunkan Berat Badan

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Kombinasi Diet dan Olahraga Efektif Turunkan Berat Badan

Halodoc, Jakarta – Saat berusaha menurunkan berat badan, kamu mungkin akan disarankan untuk melakukan pengaturan makan atau diet yang dikombinasikan dengan olahraga. Tahukah kamu, ternyata hal itu bukan isapan jempol belaka? Nyatanya, kunci utama dalam penurunan berat badan adalah jumlah kalori yang masuk tidak lebih banyak dari kalori yang keluar. 

Tidak perlu membayangkan olahraga berat di pusat kebugaran atau diet ekstrem dengan mengurangi makanan. Dengan mengombinasikan kedua hal ini, nyatanya kamu bisa mendapatkan berat badan impian dengan lebih aman dan nyaman. Bagaimana program penurunan berat badan dengan olahraga dan diet yang bisa dilakukan? Simak ulasannya di sini!

Baca juga: Begini Tips Agar Konsisten saat Diet

Diet dan Olahraga untuk Menurunkan Berat Badan 

Kunci sukses penurunan berat badan adalah menerapkan diet yang diimbangi dengan melakukan aktivitas fisik atau berolahraga. Diet dilakukan sebagai pengaturan makanan, yaitu mengonsumsi makanan yang tidak banyak memasok kalori ke dalam tubuh. Sementara berolahraga, dilakukan untuk membantu mempercepat proses metabolisme serta pembakaran kalori tubuh. 

Kedua hal ini nyatanya penting dan saling berkaitan. Aktif bergerak atau berolahraga akan membuat tubuh menggunakan banyak energi dan hal itu bisa membantu membakar kalori dari makanan yang dikonsumsi. Aktif bergerak bukan berarti harus pergi ke gym, kamu bisa setidaknya membakar kalori dengan melakukan kegiatan bersih-bersih rumah, berbelanja, atau berkebun. 

Olahraga nyatanya bisa membantu menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Ada beberapa jenis olahraga yang bisa dikombinasikan dengan diet untuk membantu penurunan berat badan, di antaranya: 

1.Berenang 

Berenang bisa menjadi salah satu olahraga yang dilakukan untuk menurunkan berat badan. Tidak hanya membakar kalori, jenis olahraga ini juga baik untuk kesehatan sendi serta bisa memperbaiki suasana hati alias mood

2.Berjalan Kaki 

Olahraga murah dan mudah yang satu ini juga efektif membakar kalori. Selain itu, rutin berjalan kaki nyatanya juga bisa membantu menjaga tulang lebih kuat, menjaga tekanan darah tetap stabil, menjaga kadar kolesterol, serta memperbaiki mood

Baca juga: Seberapa Penting Olahraga saat Masih Menjalani Diet Karbo?

3.Latihan Kekuatan 

Mau menurunkan berat badan dan membuat bentuk tubuh lebih ideal? Latihan kekuatan bisa menjadi jawabannya. Salah satu olahraga yang bisa dilakukan adalah angkat beban, bisa dimulai dari beban yang ringan dan perlahan ditambah beratnya. Namun, pastikan untuk menyesuaikan berat beban yang diangkat dengan kemampuan tubuh. Selain membakar kalori, latihan ini juga bisa membantu melatih otot agar tidak mengalami penurunan fungsi. 

4.Tai Chi 

Tai chi bisa dimanfaatkan untuk membantu menjaga berat badan, terutama pada lansia. Jenis olahraga ini bermanfaat untuk tubuh dan pikiran. Tai chi memiliki manfaat yang cukup besar untuk menjaga keseimbangan tubuh seiring dengan bertambahnya usia. 

5.Senam Kegel

Menurunkan berat badan juga bisa dilakukan dengan rutin melakukan senam kegel. Tidak hanya membantu program penurunan berat badan, olahraga ini juga bisa membantu menurunkan risiko terjadinya penyakit inkontinensia urine, yaitu kondisi yang menyebabkan berkurangnya kendali untuk berkemih atau buang air kecil secara tidak sengaja.

Baca juga: Lebih Baik Mana: Diet Cepat atau Diet Sehat?

Selain olahraga dan diet, kamu kamu juga bisa merencanakan penurunan berat badan dengan berbicara pada dokter atau ahli gizi melalui aplikasi Halodoc. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi yang sama untuk menanyakan seputar masalah kesehatan pada ahlinya. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!

 

Referensi:
Harvard University. Diakses pada 2020. 5 of the best exercises you can ever do.
WebMD. Diakses pada 2020. Diet vs. Exercise: The Truth About Weight Loss.
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Weight loss.