• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Komplikasi Penyakit Ini Bisa Dihindari dengan Vaksin Flu

Komplikasi Penyakit Ini Bisa Dihindari dengan Vaksin Flu

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Komplikasi Penyakit Ini Bisa Dihindari dengan Vaksin Flu

Halodoc, Jakarta - Banyak masyarakat yang menyepelekan penyakit flu. Penyakit ini sering kali dianggap serupa dengan batuk pilek biasa (common cold) sehingga diabaikan perawatannya. Flu merupakan gangguan kesehatan yang menyerang sistem pernapasan disebabkan oleh virus influenza.

Baca juga: Ini Hal yang Perlu Diketahui Tentang Vaksin Flu

Berbeda dengan common cold, gejala flu dapat menyerang secara tiba-tiba dengan gejala berupa demam, pilek, batuk, sakit kepala, lemas, hingga nyeri otot. Segera cari bantuan medis dan lakukan pemeriksaan ketika gejala semakin memburuk. Flu yang tidak diatasi dengan baik dapat menyebabkan berbagai komplikasi kesehatan.

Namun jangan khawatir, perawatan tepat mampu mengatasi penyakit flu. Selain itu, komplikasi dapat dicegah dengan melakukan vaksinasi flu secara rutin setiap tahunnya. Yuk, simak lebih lengkap informasi mengenai vaksin flu di sini!

Kenali Penyakit Flu Lebih Banyak

Penyakit flu merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh virus influenza. Biasanya, virus akan menyerang bagian sistem pernapasan pengidapnya. Mulai dari hidung, tenggorokan, hingga paru-paru. 

Penyakit flu juga berbeda dengan batuk pilek biasa (common cold). Kondisi common cold akan menunjukkan gejala secara bertahap. Namun, pada penyakit flu biasanya gejala akan dialami secara tiba-tiba.

Ada beberapa keluhan kesehatan yang perlu diwaspadai sebagai tanda awal dari penyakit flu. Demam, nyeri otot, sakit kepala, dan batuk menjadi gejala awal dari kondisi ini. Gejala awal biasanya akan disertai dengan gejala lanjutan, seperti kelelahan, hidung dan mata berair, serta keringat dingin.

Umumnya, gejala ini dapat diatasi secara mandiri di rumah. Kamu perlu memenuhi kebutuhan istirahat, mengonsumsi makanan bergizi, dan juga memenuhi kebutuhan cairan. Namun, pada beberapa kelompok tertentu, penyakit flu yang tidak membaik dapat menyebabkan gejala yang semakin parah bahkan komplikasi.

Kelompok anak dibawah usia 5 tahun, lansia, ibu hamil, pengidap obesitas, serta pengidap penyakit kronis rentan mengalami gejala yang memburuk dan komplikasi. Segera kunjungi rumah sakit terdekat untuk penanganan medis yang tepat ketika kamu mengalami perburukan gejala.

Berikut ini gejala flu yang memerlukan penanganan medis dengan tepat:

  1. Napas menjadi pendek dan kesulitan bernapas,
  2. Nyeri dada,
  3. Pusing,
  4. Gangguan otot, dan
  5. Perburukan penyakit yang diderita.

Gejala serupa juga dapat dialami oleh anak-anak. Namun, gejala tersebut akan disertai dengan tanda lain, seperti bibir yang menjadi biru dan tanda dehidrasi. Kondisi inilah yang membuat flu menjadi sulit untuk diatasi dan dapat memicu komplikasi kesehatan pada pengidapnya.

Ada berbagai komplikasi yang dapat terjadi akibat flu. Mulai dari pneumonia, infeksi telinga, sinusitis, bronkitis, ensefalitis, miokarditis, gangguan organ tubuh, hingga penyakit kronis bawaan yang semakin parah.

Baca juga: Harus Tahu, Ini Jenis Vaksin Flu untuk Anak dan Dewasa

Vaksin Flu Dapat Cegah Komplikasi

Penularan flu terbilang sangat mudah. Melalui percikan air liur yang keluar saat pengidap batuk, bersin, dan berbicara. Tidak hanya itu, virus influenza juga dapat masuk ke dalam tubuh melalui tangan yang menyentuh mata, hidung, maupun mulut setelah menyentuh objek yang terpapar virus.

Untuk itulah, pelaksanaan vaksin flu dinilai cukup penting untuk dilakukan. Selain membuat gejala menjadi lebih ringan, proses vaksinasi flu yang dilakukan secara rutin dapat mencegah seseorang terhindar dari komplikasi.

Vaksinasi flu bisa diberikan pada anak setelah berusia 6 bulan ke atas setiap tahunnya. Pemberian jenis vaksin flu akan disesuaikan dengan kondisi kesehatan serta usia penerima vaksin. Selain mencegah komplikasi, nyatanya masih banyak manfaat dengan melakukan vaksinasi flu, seperti:

  1. Mengurangi risiko pada kelompok rentan flu mendapatkan perawatan di rumah sakit. Dengan kata lain, gejala flu akan lebih ringan dibandingkan orang-orang yang tidak rutin mendapatkan vaksin flu.
  2. Bagi pengidap penyakit kronis, vaksin flu juga menurunkan risiko penyakit bawaan memburuk. 
  3. Pada ibu hamil, vaksin flu yang didapatkan selama menjalani kehamilan nyatanya bisa menghindari ibu dari paparan flu selama menjalani kehamilan. Bahkan, menurut penelitian yang dilakukan oleh Centers for Disease Control and Prevention, vaksin flu tersebut dapat memberikan perlindungan beberapa bulan pada bayi setelah bayi dilahirkan.
  4. Di masa pandemi, tidak ada salahnya melakukan vaksinasi flu terlebih dahulu. Vaksin flu tidak dapat mencegah COVID-19, tetapi dengan melakukan vaksin, gejala COVID-19 yang dialami akan jauh lebih ringan.

Baca juga: Persiapkan Hal Ini Sebelum Lakukan Vaksin Flu

Itulah beberapa manfaat mengenai vaksin flu yang perlu kamu ketahui. Vaksin flu merupakan salah satu vaksin yang aman untuk didapatkan. Jangan ragu untuk melakukan vaksin flu ditengah pandemi dan musim hujan saat ini. 

Kini, tidak perlu repot, kamu bisa gunakan Halodoc dan buat janji untuk mendapatkan vaksinasi flu di rumah sakit terdekat. Yuk, tunggu apalagi? Download Halodoc sekarang juga agar kesehatan kamu tetap terjaga selama masa pandemi!

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Influenza.
Centers for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2021. What Are The Benefits of Flu Vaccines?
Centers for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2021. Results of CDC’s 2016-2017 Internet Panel Survey of Pregnant Woman.