• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kondisi yang Tingkatkan Risiko Kista Ganglion

Kondisi yang Tingkatkan Risiko Kista Ganglion

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta - Ganglion merupakan istilah yang merujuk pada tumor jinak nonkanker yang ditemukan di bagian atas pergelangan tangan, sisi telapak pergelangan tangan, di atas sendi ujung jari, atau di pangkal jari di sisi telapak. Kista ganglion adalah benjolan yang berisi cairan bertekstur kental dan lengket, dan berwarna jernih. Ukuran kistanya sendiri akan beragam, mulai dari sebesar kacang polong.

Kista ganglion cenderung tidak berbahaya dan tidak dapat menyebar ke area lain. Penyakit ini umumnya dapat mengempis dengan sendirinya, tanpa menyebabkan rasa sakit atau tidak nyaman pada area benjolan. Kista akan terasa menyakitkan jika menekan saraf di sekitarnya. Dalam kasus yang jarang terjadi, kondisi tersebut dapat menyebabkan mati rasa. Lantas, apa yang menjadi faktor risiko kista ganglion?

Baca juga: Apa Saja Komplikasi yang Disebabkan Kista Ganglion?

Beberapa Kondisi yang Menjadi Faktor Risiko Kista Ganglion

Belum diketahui pasti apa yang menyebabkan tumbuhnya kista di area tersebut. Benjolan pada kista ganglion muncul dengan sendirinya saat cairan pelumas sendi atau tendon bocor dan menggenang di dalam kantung. Salah satu hal yang diduga menjadi faktor risiko kista ganglion adalah trauma yang menyebabkan pecahnya jaringan sendi. Berikut beberapa hal yang menjadi faktor risiko kista ganglion:

  • Seorang wanita yang berusia 20–30 tahun.
  • Seseorang yang pernah mengalami luka terluka di bagian atas pergelangan tangan, sisi telapak pergelangan tangan, di atas sendi ujung jari, atau di pangkal jari di sisi telapak.
  • Seseorang yang terlalu sering menggunakan sendi tertentu.
  • Seseorang yang mengidap osteoarthritis, yaitu peradangan kronis pada sendi akibat kerusakan pada tulang rawan, yang menyebabkan sendi terasa sakit, kaku, dan bengkak.

Bagi kamu yang memiliki sejumlah faktor risiko kista ganglion, segera lakukan pemeriksaan di rumah sakit terdekat guna mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Jika kista sampai terbentuk, bukan hanya aktivitas gerak sendiri saja yang terganggu, tetapi juga akan memengaruhi kepercayaan diri pengidapnya.

Baca juga: Bagaimana Cara Mengobati Kista Ganglion?

Selain Benjolan, Apa yang Menjadi Tanda Kista Ganglion?

Kista ganglion merupakan penyakit yang cukup mudah untuk didiagnosis. Lokasinya sendiri selalu dekat dengan persendian, yaitu di bagian luar pergelangan tangan, pergelangan kaki, atau kaki. Dalam kasus yang jarang terjadi, kista dapat muncul di area lutut seseorang. Sedangkan bentuknya sendiri adalah oval atau bulat, dengan diameter 1–3 sentimeter.

Benjolan akan terasa lunak atau keras saat disentuh. Saat kista berukuran kecil, kista hampir tidak dapat terlihat dan tidak dapat dirasakan ketika disentuh. Bentuknya sendiri akan berubah-ubah, jika sendi yang terkena terlalu sering digunakan untuk beraktivitas. Benjolan terkadang akan hilang, tetapi dapat muncul kembali.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kista ganglion umumnya tidak menimbulkan rasa sakit. Rasa sakit baru akan muncul ketika benjolan menekan saraf di sekitarnya. Saat kista menekan saraf di sekitarnya, gejala yang dirasakan adalah nyeri, kesemutan, mati rasa, atau kelemahan pada otot. Lantas, bagaimana langkah pengobatan yang harus dilakukan?

Baca juga: Bagaimana Cara Mendeteksi Kista Ganglion?

Begini Langkah Pengobatan untuk Mengatasi Kista Ganglion

Proses pengobatan kista ganglion biasanya dilakukan dengan rontgen, USG, dan MRI guna memastikan posisi dan kondisi kista. Jika dinilai tidak membahayakan dan tidak menimbulkan rasa sakit, kista hanya sekedar diamati, karena dapat mengempis dengan sendirinya seiring dengan berjalannya waktu.

Namun jika kista terasa menyakitkan, kamu disarankan untuk membatasi aktivitas sendi yang berlebihan. Jika rasa sakitnya sampai membatasi gerak sendi, terdapat dua pilihan pengobatan yang direkomendasikan, yaitu pengeluaran cairan dari kista dengan jarum suntik, serta prosedur pembedahan pengangkatan kista.

Referensi:
The American Academy of Orthopaedic Surgeons. Diakses pada 2020. Ganglion Cyst of the Wrist and Hand.
NHS. Diakses pada 2020. Ganglion Cyst.
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Ganglion Cyst.
WebMD. Diakses pada 2020. Ganglion Cyst.