• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Konsumsi Kopi Berlebihan Picu Penyakit Asam Lambung

Konsumsi Kopi Berlebihan Picu Penyakit Asam Lambung

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta – Minum kopi di pagi hari bisa jadi awalan yang buruk buat pengidap penyakit asam lambung. Soalnya, kopi dapat memperparah asam lambung sehingga menimbulkan mulas. Selain kopi, ada beberapa jenis minuman ataupun makanan lain yang dapat memicu asam lambung. Di antaranya adalah alkohol, cokelat, bawang putih, makanan berlemak, dan makanan pedas. 

Jika kamu mengidap asam lambung, kamu direkomendasikan untuk membuat catatan jenis makanan mana yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi. Informasi selengkapnya mengenai penyakit lambung bisa dibaca di sini!

Kopi Memperburuk Asam Lambung?

Tahukah kamu kalau beberapa makanan dan minuman, seperti kopi dan teh, dapat memicu atau memperburuk gejala asam lambung. Karena itulah kenapa profesional medis merekomendasikan orang dengan penyakit asam lambung untuk menghindari konsumsi kopi ataupun minuman berkafein secara berlebihan.

Baca juga: Yang Terjadi pada Tubuh Jika Konsumsi kopi Pagi Hari

Meski begitu, menurut data kesehatan yang terangkum dalam Gastroenterology & Hepatology, disebutkan bahwa tidak ada perubahan yang signifikan antara pola konsumsi kopi pada pengidap penyakit asam lambung terhadap kondisi kesehatannya. Namun, jika seseorang menemukan bahwa kafein memperburuk gejala penyakit asam lambung, ada baiknya mereka mengganti kopi dengan minuman yang lebih aman. Beberapa di antaranya adalah teh herbal atau buah dan kopi tanpa kafein. 

Banyak orang, termasuk profesional medis, telah mengidentifikasi makanan dan minuman tertentu yang secara intens dapat memperburuk gejala asam lambung selain kopi. Beberapa pemicu umum tersebut adalah:

1. Cokelat.

2. Permen.

3. Tomat atau produk tomat.

4. Makanan pedas.

5. Makanan asam.

6. Makanan berlemak.

7. Minuman beralkohol.

Sebenarnya penyakit asam lambung tidak hanya dapat dipicu oleh pola konsumsi kopi berlebihan, tetapi juga gaya hidup tertentu. Buat kamu yang mengidap penyakit asam lambung bisa melakukan beberapa perubahan mulai dari: 

- Penurunan berat badan, untuk orang yang kelebihan berat badan.

- Tidur dengan posisi kepala lebih tinggi dari dada.

- Menghindari makan selama 2 atau 3 jam sebelum tidur.

- Menghindari makan berlebihan.

- Berhenti merokok.

- Memakai pakaian yang longgar, terutama di sekitar perut.

- Tetap tegak setelah makan setidaknya selama 3 jam.

- Mempertahankan postur tegak saat duduk.

Minum Kopi Tanpa Sakit Asam Lambung?

Seperti sudah dibahas sebelumnya, minum kopi memang dapat memicu penyakit asam lambung, tetapi tidak secara signifikan terjadi pada semua orang. Jika kamu masih mau menikmati kopi dengan aman, ada beberapa rekomendasi yang bisa kamu lakukan.

Baca juga: Sering Minum Kopi, Awas Ini Dampaknya

1. Kopi yang Disangrai Cukup Lama

Ada yang berpendapat kalau semakin lama kopi disangrai ataupun semakin hitam kopinya, maka semakin banyak gejala keluhan perut yang ditimbulkannya. Namun, yang sebenarnya terjadi adalah sebaliknya. Kopi yang sangrai lama menghasilkan senyawa alami terbaik yang benar-benar menekan produksi asam lambung.

2. Gunakan Metode Pembuatan Cold Brew

Metode ini dapat menghasilkan kopi yang memiliki kadar kafein lebih rendah dari semua senyawa yang ditemukan dalam kopi. Artinya bagian kopi yang menyebabkan peningkatan asam lambung akan semakin rendah.

Baca juga: Benarkah Banyak Minum Kopi Bisa Bikin Kulit Kusam?

3. Tambahkan Susu

Jika kamu tidak memiliki masalah dengan produk susu (seperti alergi susu atau intoleransi laktosa), protein susu bila bercampur dengan beberapa senyawa dalam kopi yang cenderung membawa asam lambung pada tingkat yang aman.

Jika kamu ingin menanyakan informasi kesehatan terkait penyakit asam lambung, bisa ditanyakan langsung ke dokter di Halodoc. Dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

Referensi:
Very Well Health. Diakses pada 2020. Tips to Brew Coffee That Won't Irritate Your Stomach
WebMD. Diakses pada 2020. Does caffeine trigger heartburn and GERD?
Medical News Today. Diakses pada 2020. Should people with GERD avoid caffeine?
Healthline. Diakses pada 2020. Coffee vs. Tea for GERD