• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Konsumsi Smoothies Hijau, Tren Gaya Hidup Sehat Masa Kini

Konsumsi Smoothies Hijau, Tren Gaya Hidup Sehat Masa Kini

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Smoothies hijau adalah minuman yang terbuat dari dominan sayuran hijau dicampur dengan buah-buahan. Sayur yang umumnya digunakan untuk membuat minuman sehat ini adalah bayam, selada, kangkung, sawi hijau, dan sayur hijau lainnya. Lalu, buah yang biasanya menjadi campuran agar rasanya lebih nikmat adalah pisang, apel, pir, dan alpukat.

Dengan rutin mengonsumsi minuman ini, kamu dapat memenuhi kebutuhan nutrisi, seperti vitamin dan mineral. Selain itu, kamu juga dapat melakukan kebiasaan baik ini untuk menurunkan berat badan dengan menjadikannya sebagai pola diet. Di tengah pandemi yang sedang terjadi saat ini, kamu juga dapat membuat sistem imun tubuhmu menjadi lebih baik dengan mengonsumsi minuman ini.

Baca juga: Ini Resep Smoothies untuk Buat Kulit Awet Muda

Manfaat Rutin Mengonsumsi Smoothies Hijau

Selain manfaat yang telah disebutkan sebelumnya, masih banyak manfaat lainnya yang dapat diterima oleh tubuh kamu saat rutin mengonsumsi smoothies hijau. Berikut beberapa manfaat lainnya:

  1. Menurunkan Berat Badan secara Alami

Salah satu manfaat yang diterima oleh tubuh dengan rutin mengonsumsi smoothies hijau adalah menurunkan berat badan secara signifikan. Kandungan vitamin dan mineral pada minuman tersebut mengandung lemak dan kalori yang rendah. Selain itu, kandungan lainnya seperti vitamin, mineral, hingga serat juga banyak ditemukan di dalam minuman satu ini. Misalnya serat, yaitu zat yang mampu membuat pencernaan menjadi lebih lancar sehingga berat badan tetap terjaga.

  1. Kaya akan Kandungan Klorofil

Smoothies hijau kaya akan kandungan klorofil yang dipercaya mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara alami. Selain itu, manfaat lainnya adalah dapat membersihkan darah dan meremajakan tubuh. Maka dari itu, minuman ini disarankan untuk dikonsumsi sebagai sumber energi.

  1. Memenuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Air adalah salah satu zat yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga seseorang tetap bugar. Pasalnya, sebagian besar tubuh manusia terdiri dari air, sehingga menjaga tubuh tetap terhidrasi sangat penting untuk dilakukan. Setiap orang wajib memenuhi kebutuhan cairan per harinya sekitar 2 liter yang dapat diperoleh dari minuman dan makanan. Dengan mengonsumsi smoothies hijau, kamu dapat memenuhi kebutuhan cairan tubuhmu per harinya.

Baca juga: Diet dengan Keto Smoothies, Intip Cara Mudahnya

  1. Melindungi Tubuh dari Radikal Bebas

Pada smoothies hijau, sayuran hijau yang diolah tersebut mengandung antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan. Salah satu manfaat dari antioksidan adalah untuk melindungi tubuh manusia dari kerusakan akibat radikal bebas.

  1. Membantu Meningkatkan Fokus

Sayuran hijau kaya akan antioksidan dan karoten. Kedua kandungan tersebut bisa membantumu menjaga kesehatan otak. Selain itu, sayuran hijau kaya akan vitamin B dan asam folat, yang terbukti ampuh meningkatkan daya ingat, fokus, dan menjaga fungsi otak secara keseluruhan. 

  1. Membantu Melawan Depresi

Selain sehat dan baik untuk kesehatan otak, mengonsumsi smoothies hijau juga bisa membantumu melawan depresi. Kok bisa, ya? Ternyata sayuran hijau kaya akan asam folat, yang merupakan antidepresan alami. Selain itu, kandungan asam folat dalam sayuran hijau juga bisa meningkatkan kadar serotonin dalam tubuh yang bisa membuat suasana hatimu menjadi lebih baik.

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat lain dari smoothies hijau yang bisa kamu dapatkan adalah kesehatan kulit yang terjaga dengan baik. Kulit yang cerah dan segar berkaitan erat dengan kebiasaan makan yang sehat. Smoothies hijau ini termasuk minuman sehat yang kaya akan serat, sehingga racun dalam tubuh dapat dikeluarkan dengan baik. Selain itu, vitamin E dan C yang ada dalam sayuran hijau dapat membuat kulitmu tetap sehat seiring dengan pertambahan usia.

Baca juga: Perbanyak Serat, Ini Manfaat Konsumsi Buah dan Sayur Saat Puasa

Itulah beberapa manfaat mengonsumsi smoothies hijau yang menjadi tren gaya hidup sehat masa kini. Jika kamu ingin mengetahui lebih lanjut soal ini atau kamu mengalami masalah kesehatan, jangan ragu untuk membicarakannya dengan dokter di Halodoc. Dengan aplikasi ini, kamu juga bisa lho membeli obat atau vitamin. Tanpa perlu repot, pesananmu akan diantar dalam waktu kurang dari satu jam. Tunggu apa lagi? Ayo, segera download aplikasinya di App Store atau Google Play!

Referensi:
Lifehack. Diakses pada 2020. When You Drink Green Smoothies Every Morning, These 8 Incredible Things Will Happen.
Huff Post. Diakses pada 2020. How Breakfast Green Smoothies Will Improve Your Life?