• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kreasi Bumbu Sayur Asem yang Praktis untuk Dicoba

Kreasi Bumbu Sayur Asem yang Praktis untuk Dicoba

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Kreasi Bumbu Sayur Asem yang Praktis untuk Dicoba

“Sayur asem menjadi salah satu makanan favorit banyak orang karena rasanya yang nikmat. Namun, jika kamu sedang ingin sesuatu yang berbeda, ada beberapa kreasi bumbu sayur asem yang bisa dicoba dan rasanya tidak kalah nikmat.”

Halodoc, Jakarta – Siapa sih yang tidak suka sayur asem? Sayur yang menimbulkan perasaan segar setelah menyantapnya sangat cocok untuk disandingkan dengan nasi hangat, ikan asin, dan sambal. 

Sayur asem juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Meski begitu, terkadang kamu pasti bosan kan dengan sayur asem yang biasa? Nah, kamu bisa mencoba kreasi bumbu sayur asem yang praktis untuk dicoba!

Baca juga: Ibu, Ini Resep Membuat Sayur Asem yang Praktis

Beberapa Kreasi Bumbu Sayur Asem yang Patut Dicoba

Sayur asem memang kerap menjadi pilihan saat membutuhkan sesuatu yang menyegarkan, terlebih jika dikonsumsi saat hangat. Hidangan berkuah ini biasanya terdiri atas kacang tanah, kacang panjang, jagung, dan sayur-sayuran.

Jangan juga lupakan juga asam jawa yang membuat rasa sayuran ini khas. Coba kamu bayangkan saat menyantapnya dengan nasi, nikmat sekali bukan? Namun, terkadang ada saja perasaan bosan dengan sayur asem yang biasa dan ingin mencoba sesuatu yang berbeda.

Ternyata, ada beberapa kreasi dari bumbu sayur asem yang patut dicoba dan tentu rasanya tidak kalah nikmat dari yang biasa kamu konsumsi. Nah, berikut ini beberapa kreasi sayur asem yang dapat kamu coba nikmati sehari-hari:

1. Sayur Asem Betawi

Sayur asem betawi sedikit berbeda dengan yang biasa kamu makan, terutama pada pilihan bahan-bahannya. Untuk memasak kreasi sayur asem ini, kamu bisa menambahkan daging tetelan yang dipotong kecil sebanyak 150 gram

Tambahkan juga dengan 50 gram pepaya muda. Cara masak dan penyajiannya relatif sama, kamu hanya perlu menyesuaikan jumlah air yang dituangkan menjadi 2,5 liter.

Jika kamu ingin bertanya apa saja manfaat dari konsumsi sayur asem pada tubuh, dokter dari Halodoc siap memberikan jawabannya. Cukup download aplikasi Halodoc, nikmati segala kemudahan ini hanya dengan penggunaan smartphone di tangan. Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasinya sekarang juga!

Baca juga: Bukan Instan, Ini Makanan Sehat yang Tahan Lama

2. Sayur Asem Bangka

Selain sayur asem betawi, kamu juga bisa membuat kreasi sayur asem bangka. Pada dasarnya memang tidak terlalu berbeda dengan sayur asem biasa. Hanya saja ada beberapa isian yang berbeda ditambahkan, seperti daun melinjo, terong ungu, dan kerupuk ikan mentah. Bahkan, sayur ini menambahkan juga laos dan cabai merah kering.

Pertama-tama, rendam kerupuk ikan mentah di air, lalu tiriskan jika dirasa sudah cukup matang. Haluskan bawang merah cabai, kemiri, dan laos dengan cara digeprek.

Setelah itu, didihkan air dan masukkan semua bahan yang akan digunakan secara bertahap. Setelah dirasa semua bahan empuk, matikan api lalu angkat dan sajikan sayur asem bangka dalam keadaan hangat.

3. Sayur Asem Bumbu Ulek

Tahukah kamu jika semua bumbu pada sayur asem dapat disajikan dengan diulek sebelumnya? Kreasi sayur asem ini sangat cocok untuk seseorang yang bosan dengan sayur asem yang biasa.

Pertama-tama, kamu dapat memotong semua sayuran yang akan digunakan menjadi kecil-kecil. Lalu, haluskan semua bumbu, seperti cabai merah, bawang merah, bawang putih, kemiri, dan terasi.

Awalnya, didihkan air lalu masukkan jagung dan buah melinjo. Setelah beberapa lama, masukkan semua bumbu yang sudah diulek tersebut bersamaan dengan bumbu lainnya.

Aduk semua hingga merata dan wanginya akan tercium. Setelah bumbu matang, masukkan semua isian sayur asem. Saat dirasa sudah empuk, matikan api dan sayur siap dinikmati.

Baca juga: 5 Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi saat Asam Lambung Naik

Nah, itulah beberapa kreasi sayur asem yang dapat menjadi alternatif sesuatu yang baru. Kamu bisa mencoba semua menu yang telah disebutkan, tetapi pastikan tidak setiap hari. Ada baiknya untuk mengubah jenis makanan yang dikonsumsi setiap hari agar tidak cepat bosan. Tetapi, selalu perhatikan jumlah nutrisi dari makanan yang disajikan.

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi:
Orami. Diakses pada 2021. Variasi Resep Sayur Asem yang Enak dan Menyegarkan untuk Sahur!