Krisis Tiroid, Ini Pola Hidup Sehat yang Harus Dijalani

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Krisis Tiroid, Ini Pola Hidup Sehat yang Harus Dijalani

Halodoc, Jakarta - Pola hidup sehat adalah hal yang wajib dilakukan oleh semua orang untuk menjaga kesehatan tubuhnya. Metode ini berguna untuk menghindari tubuh dari serangan-serangan penyakit. Hal ini juga wajib dilakukan untuk membuat tubuh lebih baik pada seseorang yang mengidap beberapa penyakit tertentu.

Salah satu penyakit yang dapat diredam dengan pola hidup sehat adalah krisis tiroid. Gangguan yang terbilang mengancam nyawa tersebut berhubungan dengan hipertiroidisme yang tidak mendapat pengobatan. Maka dari itu, sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, cobalah untuk menerapkan beberapa pola hidup sehat ini. Berikut cara penerapannya!

Baca juga: Begini Pengobatan untuk Atasi Krisis Tiroid

Pola Hidup Sehat untuk Pengidap Krisis Tiroid

Tiroid adalah bagian yang berguna untuk mengelola tubuh dengan cara menghasilkan hormon tertentu. Kelenjar ini berada di pangkal leher yang berguna untuk mengendalikan metabolisme tubuh. Beberapa hal yang dikendalikan, seperti memproses makanan, mengubahnya menjadi energi, dan menjalankan organ-organ agar sesuai fungsinya.

Krisis tiroid adalah gangguan yang disebabkan oleh beberapa penyakit. Salah satunya adalah penyakit Graves yang dapat menyebabkan tiroid memproduksi hormon berlebihan atau hipertiroidisme. Jika gangguan ini terjadi secara tiba-tiba atau tidak segera diobati, kamu dapat mengidap krisis tiroid. Seseorang yang mengalaminya mungkin memerlukan perawatan segera.

Jika gangguan tersebut kerap kambuh, perawatan jangka panjang harus dilakukan. Salah satu cara untuk mengatasi krisis tiroid adalah dengan menerapkan pola hidup sehat. Berikut beberapa cara yang dapat kamu terapkan terkait pola hidup sehat untuk meredam gangguan krisis tiroid, yaitu:

  1. Mengonsumsi Makanan Sehat

Pola hidup sehat pertama yang dapat diterapkan untuk pengidap krisis tiroid adalah dengan mengonsumsi makanan sehat. Kamu wajib perbanyak konsumsi sayur-sayuran, buah-buahan, dan protein yang tidak terkandung lemak. Salah satu gejala terjadinya krisis tiroid adalah penambahan berat badan. Dengan menerapkan metode ini, diharapkan berat badan kamu dapat dikelola dengan baik.

Baca juga: Kenali 5 Penyakit yang Mengintai Kelenjar Tiroid

  1. Berolahraga Teratur

Setiap orang yang ingin menjaga tubuhnya tetap sehat wajib melakukan olahraga secara teratur, tidak terkecuali seseorang yang mengidap krisis tiroid. Dengan pola hidup sehat ini, kamu dapat meningkatkan energi tubuh dan mengurangi stres yang dapat menyebabkan seseorang mengidap krisis tiroid. Cobalah untuk selalu mempertahankan kebiasaan baik ini.

  1. Istirahat yang Cukup

Beristirahat yang cukup juga termasuk pola hidup sehat yang dapat dilakukan untuk membuat krisis tiroid menjadi lebih baik. Cobalah untuk membuat jadwal tidur yang baik agar tubuh terhindar dari perasaan lemah dan lesu yang merupakan gejala dari krisis tiroid. Hal ini juga dapat membuat tiroid menjadi lebih sehat dalam mengatur beberapa fungsi tubuh.

Jika kamu mempunyai pertanyaan terkait pola hidup sehat lainnya, dokter dari Halodoc siap menjawabnya. Caranya mudah sekali, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan sehari-hari!

Selain beberapa pola hidup sehat tersebut, krisis tiroid juga lebih mudah diatasi jika kamu juga mengonsumsi obat. Obat pertama yang biasa dikonsumsi adalah obat anti-tiroid untuk memblokir sintesis dari hormon tiroid. Hal ini biasa dilakukan pada dosis muatan awal dari pengobatan dan mungkin saja dosisnya ditambah.

Baca juga: Jangan Sampai Salah, Ini Bedanya Gondok dan Kanker Tiroid

Perawatan tambahan lainnya yang dapat dilakukan adalah pendinginan yang dapat membantu untuk mengurangi suhu tubuh yang terlalu tinggi. Selain itu, memenuhi asupan cairna tubuh untuk mengatasi dehidrasi juga penting dilakukan. Jika semua hal ini dilakukan, umumnya tubuh akan lebih baik dalam jangka waktu 24 hingga 72 jam. Maka dari itu, jika kamu mengidap gangguan ini, aplikasikanlah pola hidup sehat tersebut.

Referensi:
Very Well Health. Diakses pada 2020. An Overview of Thyroid Storm.
NCBI. Diakses pada 2020. Endocrine and metabolic emergencies: thyroid storm.