• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kucing Juga Bisa Terkena Arthritis, Ini Cara Merawatnya

Kucing Juga Bisa Terkena Arthritis, Ini Cara Merawatnya

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Arthritis, atau yang dikenal dengan sebutan radang sendi merupakan penyakit yang umum dialami oleh manusia dan anjing. Namun, tahukah kamu jika kucing bisa terkena kondisi ini secara umum? Seekor kucing dapat mengembangkan radang sendi dari waktu ke waktu pada daerah persendian, anggota badan, juga tulang belakang. Begini langkah merawat arthritis pada kucing.

Baca juga: Ketahui Suasana Hati Kucing Peliharaan dengan Cara Ini

Kenali Apa Penyebab dan Tanda Arthritis pada Kucing

Sebelum mengetahui bagaimana langkah merawat arthritis pada kucing, sebaiknya kamu kenali terlebih dulu apa yang menjadi penyebab, dan tandanya. Jika radang sendi terjadi pada kucing, kondisi tersebut akan menyebabkan kerusakan pada tulang rawan yang bertugas untuk membantu mencegah keausan tulang-ke-tulang. Alasannya sendiri termasuk penuaan, obesitas, trauma, dan kondisi genetik. Berikut ini beberapa hal yang menjadi tandanya:

  • Kucing menjadi kurang aktif.
  • Kucing mengalami penurunan kemampuan melompat ke atas atau ke bawah
  • Kucing mengalami perubahan gaya berjalan.
  • Kucing terus-menerus terlihat melindungi area tubuh tertentu.
  • Kucing mengalami penurunan respon saat dibelai.
  • Kucing mengalami perubahan nafsu makan atau sikap.
  • Kucing mengalami perubahan pola tidur, yang dilakukan tanpa mengubah posisi dalam waktu yang lama.
  • Kucing mengalami perubahan postur tubuh.

Baca juga: Jangan Asal Berikan Pisang pada Kucing, Ini Alasannya

Jika kamu menemukan sejumlah tanda tersebut, saatnya melakukan sejumlah langkah perawatan. Merawat arthritis pada kucing dapat membantu memperlambat perkembangan penyakit. Berikut ini beberapa langkah yang disarankan:

1. Kelola Berat Badan

Sama halnya dengan manusia, mengelola berat badan menjadi salah satu langkah ampuh dalam mencegah radang sendi semakin bertambah parah. Ada dua hal yang dibutuhkan, yaitu aktif bergerak, dan pola makan yang baik. Melatih kucing dalam kedua hal tersebut memang tidak mudah, tetapi bukan hal yang tidak mungkin dilakukan. 

Untuk menjaga kucing tetap aktif, kamu bisa menyiapkan mainan yang ia sukai, seperti bermain dengan tali, mengejar sinar laser, atau bermain petak umpet. Sedangkan dalam pola makan, kamu dapat melakukannya dengan membatasi kalori yang dikonsumsi. Berkaitan dengan hal tersebut, ada beberapa jenis makanan mumpuni, yang bisa kamu dapatkan di petshop.

2. Diet dan Suplemen

Terapi diet yang dilakukan kucing akan disesuaikan dengan kebutuhannya. Beberapa diet dilakukan dengan membatasi kalori secara signifikan, tanpa membuat kucing merasa lapar. Sedangkan diet lainnya dilakukan dengan memberikan suplemen tambahan yang dicampur dalam makanannya. Suplemen tersebut tersedia dalam bentuk camilan, cairan, dan bubuk tabur. Sebelum memberikannya, sebaiknya diskusikan dengan dokter hewan di aplikasi Halodoc terlebih dulu, ya.

3. Terapi Fisik

Terapi fisik dilakukan agar kucing tetap aktif, serta membantu menjaga otot dan persendiannya agar tidak kaku. Beberapa kucing menyukai pijatan ringan, peregangan, atau gerakan sendi yang lembut. Sedangkan beberapa kucing lainnya, lebih menyukai tempat tidur kucing yang dipanaskan atau panas dari kantung nasi yang dihangatkan untuk meredakan radang sendi.

Baca juga: Ini Cara Memilih Perawatan Kutu yang Tepat bagi Kucing

Itulah beberapa langkah merawat arthritis pada kucing. Sedikit perubahan yang kamu lakukan akan memberikan dampak besar pada kesehatan kucing di kemudian hari. 

Referensi:
PetMD. Diakses pada 2021. Arthritis Treatment for Cats.
Pdsa.org.uk. Diakses pada 2021. Arthritis in cats.