• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kucing Mulai Obesitas, Coba Lakukan Hal Ini

Kucing Mulai Obesitas, Coba Lakukan Hal Ini

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta - Bukan hanya anjing, nyatanya memelihara kucing juga membuat banyak orang merasakan kebahagiaan. Selain memberikan perhatian penuh pada kucing kesayangan, pemilik juga perlu memperhatikan kesehatan kucing agar terhindar dari berbagai gangguan kesehatan.

Baca juga: 6 Tips Menjaga Kesehatan Kucing Peliharaan

Salah satu kondisi yang kerap dialami oleh kucing adalah obesitas. Bukan hanya dapat mengurangi kualitas hidup kucing, melainkan obesitas juga bisa memicu gangguan kesehatan yang lebih buruk lagi pada kucing. Untuk itu, tidak ada salahnya ketahui beberapa cara yang perlu kamu lakukan untuk mengatasi kucing yang mulai mengalami obesitas, di sini!

Kenali Tanda Kucing Obesitas

Obesitas merupakan kondisi di mana terjadi penumpukan lemak berlebih dalam tubuh. Bukan hanya pada anjing, kucing pun memiliki risiko yang sama untuk mengalami kondisi ini. Cara yang paling mudah untuk mengenali kucing mengalami obesitas dengan mengetahui berat badan kucing. 

Saat kucing mengalami kelebihan berat badan sebesar 10–20 persen dari berat badan ideal, kondisi ini dinilai sebagai kelebihan berat badan pada kucing. Sedangkan, saat berat badan kucing mengalami kelebihan lebih dari 20 persen dibandingkan berat badan ideal, maka kondisi ini dinilai sebagai obesitas.

Selain dari berat badan, kamu juga bisa melihat kondisi tulang rusuk kucing. Saat kamu masih bisa merasakan tulang rusuk kucing saat mengelus kucing, kondisi ini menandakan kucing tidak mengalami obesitas. Namun, jika perut kucing terlihat bulat dari atas, kondisi ini bisa menjadi tanda bahwa kucing mengalami obesitas.

Tidak ada salahnya segera gunakan Halodoc dan tanyakan langsung pada dokter hewan mengenai perubahan fisik yang terjadi pada kucing kesayangan. Obesitas yang tidak diatasi dengan baik nyatanya dapat meningkatkan berbagai risiko kesehatan pada kucing. Mulai dari penyakit kanker, diabetes, gangguan jantung, gangguan tulang, gangguan kulit, hingga lebih mudah mengalami infeksi.

Baca juga: Inilah Cara Tepat Melakukan Toilet Training untuk Kucing

Lakukan Hal ini Untuk Mengatasi Kucing Obesitas

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan pemilik kucing untuk membantu kucing mendapatkan berat badan yang ideal. Dengan begitu, kucing akan terhindar dari kondisi dehidrasi. Berikut ini cara yang bisa dilakukan:

1.Tidak Membiarkan Makanan Kucing Terlalu Lama dalam Tempat Makan

Salah satu hal yang bisa dilakukan pemilik kucing adalah tidak membiarkan makanan kucing tersisa dalam tempat makan. Hindari meletakkan makanan kucing terlalu lama di tempat makan karena dapat memicu paparan bakteri pada makanan yang bisa menyebabkan gangguan kesehatan pada pencernaan.

2.Pastikan Porsi dan Frekuensi Pemberian Makan Tepat

Menurut Dr. Elizabeth Arguelles, seorang dokter hewan di Just Cats Clinic, Virginia, memberikan porsi makan yang tepat bagi kucing obesitas menjadi cara tepat untuk membantu penurunan berat badan. Tidak ada salahnya untuk bertanya langsung pada dokter hewan mengenai kondisi kesehatan hewan kesayangan. Dengan begitu, kamu bisa lebih mengerti kebutuhan porsi serta kalori yang dibutuhkan oleh kucing dengan tepat.

3.Pilih Jenis Makanan yang Tepat

Kamu juga bisa mengubah jenis makanan kucing agar lebih cocok dengan kondisi kesehatan kucing. Jika kamu ingin menjaga atau menurunkan berat badan kucing, sebaiknya pilihlah makanan yang memiliki kandungan protein serta serat yang tinggi. Kedua nutrisi tersebut dapat membuat kucing merasa kenyang lebih lama.

4.Ajak Kucing untuk Melakukan Aktivitas Fisik

Kamu juga bisa mengajak kucing kesayangan kamu secara rutin untuk lebih sering melakukan aktivitas fisik. Ada banyak permainan yang bisa kamu lakukan bersama kucing kesayangan. Mulai dari menangkap cahaya, bola, berlari, hingga menggunakan mainan kesayangan kucingmu. Bukan hanya menurunkan berat badan, mengajak kucing bermain secara rutin juga bisa membuat ikatan emosional antara pemilik dan kucing semakin kuat.

Baca juga: Waspada, Ini Bahaya yang Bisa Terjadi pada Kucing Obesitas

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kondisi obesitas pada kucing. Jika kucing berhasil mendapatkan berat badan yang ideal, jangan lupa untuk menjaga kondisi kesehatan kucing. Tetaplah jalani beberapa aturan yang membuat kucing kamu terhindar dari kondisi obesitas.

Referensi:
Pet MD. Diakses pada 2021. How to Help Your Cat Lose Weight and Keep It Off.
VCA Hospital. Diakses pada 2021. Obesity in Cats.