• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kuku Anak Cantengan? Segera Atasi dengan Cara Ini

Kuku Anak Cantengan? Segera Atasi dengan Cara Ini

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Kuku Anak Cantengan? Segera Atasi dengan Cara Ini

Halodoc, Jakarta - Terdapat berbagai hal yang bisa memicu cantengan pada anak. Salah satunya adalah cedera akibat tersandung, menendang bola, atau tertimpa benda berat pada kuku bagian kaki. Kuku cantengan adalah kondisi kuku yang tertekan atau tumbuh ke dalam kulit. 

Meski umumnya terjadi di jari kaki, kuku cantengan juga bisa terjadi di jari tangan. Kuku yang cantengan akan mengalami bengkak dan kemerahan pada kulit pinggir kuku. Apabila terkena gesekan kaus kaki atau sepatu, maka kuku cantengan akan terasa sangat sakit. 

Hati-hati, jika kuku yang tumbuh ke dalam ini terkena infeksi, maka akan muncul nanah dan bakteri yang berbahaya. Kondisi bengkak dan kemerahan pun akan semakin parah saat kuku tumbuh menusuk kulit.

Lantas, bagaimana sih cara mengatasi cantengan pada anak?

Baca juga: Bukan Cuma Nyeri pada Kuku, Ini 9 Gejala Cantengan

1.Rendam dengan Air Hangat

Cara mengatasi cantengan pada anak yang bisa ibu adalah dengan menyuruhnya untuk merendam kakinya ke dalam air hangat. Cara ini sangat direkomendasikan saat cantengan baru tumbuh. Ibu dapat mencampur air hangat dengan garam dan kemudian rendam jari yang terkena cantengan kira-kira selama 15 menit. Lakukan hal ini sebanyak dua hingga tiga kali sehari.

2.Menggunakan Parutan Jahe

Tanaman herbal yang kerap kali menjadi obat alami penyembuh penyakit adalah jahe. Kamu dapat memarut jahe dan mencampurnya dengan minyak kelapa secukupnya. Setelah itu oleskanlah parutan tersebut ke daerah luja dan tutuplah dengan perban agar zatnya terserap maksimal ke dalam luka.

3.Menggunakan Bawang Putih

Tidak hanya dapat digunakan sebagai pelengkap bumbu masakan, bawang putih yang selalu tersedia di dapur ini juga ampuh untuk menyembuhkan cantengan. Ibu hanya perlu menggiling bawang putih dengan dicampurkan minyak kelapa secukupnya. Sama seperti parutan jahe, gilingan bawang putih ini pun cukup dioleskan di bagian kuku yang terkena luka dan diperban menggunakan kasa. Lakukan 2 hingga 3 kali dalam sehari selama 3 hari berturut-turut.

Baca juga: Kenapa Jempol Kaki Bisa Cantengan?

 4.Cara Lainnya

Selain tiga hal di atas, ada pula cara mengatasi cantengan lainnya. Namun, hal yang perlu diingat, bila anak mengidap diabetes, masalah saraf di tungkai atau kaki, sirkulasi darah yang buruk ke bagian kaki, atau infeksi di sekitar kuku, segeralah temui dokter untuk penanganan yang tepat. Jangan sekali-kali mencoba merawat cantengan secara mandiri di rumah.

Nah, bila Si Kecil tidak mengalami kondisi-kondisi di atas, menurut National Institutes of Health cara mengatasi cantengan di rumah bisa dimulai dengan: 

  • Rendam kaki dalam air hangat tiga sampai empat kali sehari jika memungkinkan. Setelah direndam, jaga agar jari kaki tetap kering.
  • Pijat dengan lembut pada kulit yang meradang.
  • Letakkan sepotong kecil kapas atau benang gigi di bawah kuku. Basahi kapas atau benang dengan air atau antiseptik.

Saat memotong kuku kaki:

  • Rendam sebentar kaki di air hangat untuk melembutkan kuku.
  • Gunakan pemangkas atau pemotong kuku yang bersih dan tajam.
  • Potong kuku kaki lurus ke atas. Jangan meruncingkan, membulatkan sudut, atau memangkas terlalu pendek.
  • Jangan mencoba memotong sendiri bagian kuku yang tumbuh ke dalam sebab kondisi ini hanya akan memperburuk masalah.

Andaikan cara-cara di atas tidak efektif, segeralah temui dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.  Untuk kuku kaki yang tumbuh ke dalam yang terinfeksi, atau jika kamu tidak yakin dapat menangani perawatan cantengan di rumah, dokter dapat melakukan prosedur ini dengan anestesi lokal.

Baca juga: Jangan Biarkan Cantengan Kalau Tak Mau Dioperasi

Bagi ibu yang masih bingung atau ragu untuk mengatasi cantengan pada anak, bisa kok kok bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Tidak perlu keluar rumah, kamu bisa menghubungi dokter ahli kapan saja dan di mana saja. Praktis, kan? 

Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2021. How to Prevent and Treat Ingrown Toenails.
National Institutes of Health - MedlinePlus. Diakses pada 2021. Ingrown toenail
NHS Inform Scotland. Diakses pada 2021. Ingrown Toenail.