24 May 2019

Kulit Kusam saat Puasa, Ini Cara Mengatasinya

 kulit kusam saat puasa, puasa sehat

Halodoc, Jakarta - Memang saat bulan puasa akan ada banyak perubahan yang dilakukan oleh kebanyakan orang. Mulai dari jam makan, jam tidur, aktivitas, dan sebagainya. Perubahan kebiasaan ini ternyata juga bisa berpengaruh pada tubuh, salah satunya adalah kulit.

Perubahan akibat menjalani puasa dapat menyebabkan berbagai permasalahan pada kulit. Apabila kondisi ini dibiarkan, justru akan membuatnya semakin parah. Kira-kira bagaimana ya cara mengatasinya? Cara berikut dapat kamu terapkan untuk merawat kulit supaya tidak kusam di saat puasa.

1. Pilih Pembersih Wajah dan Tubuh yang Tepat

Faktanya, salah memilih dan menggunakan produk pembersih wajah dan tubuh dapat mengikis lapisan alami pada kulit, lho. Sebaiknya pastikan kamu memilih formula yang mengandung pH netral, kandungan untuk meningkatkan kelembapan, dan tidak berbusa. Pasalnya, komponen busa bisa membuat wajah semakin kering bahkan iritasi.

Baca juga: 7 Cara Atasi Kulit Kusam

2. Gunakan Pelembab yang Mengandung Humektan

Kandungan humektan pada pelembap mampu menarik air saat dioleskan ke kulit dan akan meningkatkan kelembapannya. Humektan yang baik akan mengandung glycerin, propylene, glycol, dan urea. Cari juga produk kulit yang mengandung alpha-hydroxy acids (AHA), bahan yang membantu mengurangi keriput dan memperbaiki kulit kering, jerawat, dan noda penuaan. AHA yang secara alami terkandung pada anggur, apel, jeruk citrus, dan susu asam (seperti buttermilk atau yoghurt), bekerja dengan memperlambat penuaan kulit, sehingga kulit dapat tampak lebih muda.

3. Gunakan Toner pada Wajah

Setelah mencuci wajah, aplikasikan toner yang ringan supaya kulit kamu tetap cerah dan tidak kusam. Pilih toner yang mengandung AHA atau lactic acid yang bisa membantu meningkatkan hidrasi dan rona kulit, sekaligus memperbaiki tampilan pori-pori.

Baca juga: 6 Hal yang Bikin Kulit Kusam dan Enggak Glowing

4. Oleskan Gel Lidah Buaya

Ini merupakan cara alami untuk mengatasi kulit kering. Lidah buaya merupakan bahan yang baik digunakan, terutama pada produk-produk kecantikan untuk tubuh. Kandungan pada lidah buaya dapat membantu melawan sengatan sinar matahari dan kulit kering.

Mengatasi kulit kering dengan lidah buaya bisa dengan cara menggunakan krim lidah buaya pada tubuh yang kering dan kusam. Kamu juga bisa membuat sendiri masker lidah buaya untuk mengatasi kulit kering dan kusam dengan mencampurkan minyak almond.

5. Gunakan Tabir Surya

Sebaiknya hindari berjalan keluar rumah dengan berada di bawah paparan langsung sinar matahari jika tanpa menggunakan tabir surya dengan SPF. Paparan sinar matahari dapat menyebabkan penguapan cairan dari kulit bertambah, kulit kering dan dehidrasi. Hal yang perlu kamu perhatikan adalah tetap menggunakan tabir surya dengan SPF meski berada di dalam rumah. Karena sinar UV matahari tetap bisa masuk ke dalam rumah.

6. Konsumsi Sayur-sayuran dan Buah-buahan

Pentingnya mengonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan selama puasa bukan hanya baik untuk fisik tubuh, tapi juga untuk menjaga kulit kamu. Karena sayuran selain mengandung banyak air, juga terdapat kandungan vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh kulit, terutama selama bulan puasa.

Baca juga: Ini Akibat Terlalu Sering Mencuci Muka

Nah, begitulah cara yang dapat kamu terapkan untuk mengatasi kekusaman kulit selama bulan puasa. Apabila kamu mengalami masalah kulit lainnya selama bulan puasa dan tidak dapat kamu tangani sendiri, sebaiknya segera komunikasikan pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Diskusi dengan dokter di Halodoc dapat dilakukan via Chat atau Voice/Video Call kapan dan di mana saja. Saran dokter dapat diterima dengan praktis dengan cara download aplikasi Halodoc di Google Play atau App Store sekarang juga.