• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kulit Sensitif Dapat Menjadi Gejala Awal Penyakit Lupus

Kulit Sensitif Dapat Menjadi Gejala Awal Penyakit Lupus

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Kulit Sensitif Dapat Menjadi Gejala Awal Penyakit Lupus

“Gejala awal penyakit lupus dapat bervariasi pada setiap pengidapnya. Namun, salah satu gejala yang umum terjadi adalah kulit sensitif, atau disebut juga ruam fotosensitif. Kondisi ini menyebabkan timbulnya ruam akibat paparan sinar matahari, terutama pada wajah dan lengan atas.”

Halodoc, Jakarta – Lupus, gangguan autoimun kronis yang menyebabkan peradangan, dapat menimbulkan berbagai tanda dan gejala. Bahkan, lupus eritematosus sistemik (LES) yang jadi bentuk paling umum dari kondisi ini, berpotensi dapat melibatkan sistem organ utama tubuh. 

Lupus bisa memunculkan gejala yang bervariasi. Penting untuk mengenali gejala awal penyakit lupus. Salah satu gejala awal yang bisa dikenali adalah kulit yang sensitif. Mengapa bisa demikian? Berikut ini pembahasannya!

Baca juga: Inilah Cara Efektif untuk Meringankan Gejala Lupus

Gejala Awal Penyakit Lupus pada Kulit

Neil Kramer, MD., direktur co-medis di Institute for Rheumatic and Autoimmune Diseases di Overlook Medical Center di Summit, New Jersey, mengungkapkan bahwa tanda dan gejala awal penyakit lupus bervariasi pada setiap pengidap.

Berbagai gejala yang ditimbulkan lupus dapat membuatnya sulit dikenali. Alasan lain mengapa penyakit ini sulit untuk diidentifikasi karena beberapa gejala yang paling umum, seperti kelelahan, sakit kepala, nyeri sendi, pembengkakan, dan demam, juga terjadi pada banyak penyakit lain. 

Menurut Lupus Foundation of America, lupus dapat menimbulkan gejala yang mirip rheumatoid arthritis, kelainan darah, fibromyalgia, diabetes, masalah tiroid, dan banyak lagi.

Salah satu gejala awal umum yang dapat menjadi indikasi lupus adalah ruam fotosensitif, yaitu ruam yang berkembang sebagai respons terhadap paparan sinar matahari, terutama pada wajah dan lengan atas. 

Menurut Lupus Foundation of America, sebanyak dua pertiga orang dengan lupus mengalami ruam kulit, dan perkiraan menunjukkan bahwa antara 40 dan 70 persen orang dengan lupus akan menyadari bahwa gejala mereka memburuk di bawah sinar matahari atau beberapa jenis penyakit.

Baca juga: 4 Fakta Seputar Lupus yang Harus Diketahui

Gejala Lain yang Perlu Diwaspadai

Selain ruam kulit, lupus dapat menimbulkan gejala lain yang perlu diwaspadai, yaitu:

  1. Kelelahan

Kelelahan dapat disebabkan oleh penyakit lupus sendiri atau dari depresi, kecemasan, kurang olahraga, dan masalah tidur yang terkait. Pengidap lupus rentan mengalami kekurangan vitamin D, yang akhirnya dapat menyebabkan kelelahan. 

  1. Demam

Demam yang tidak dapat dijelaskan adalah gejala umum lupus lainnya. Terkadang demam dikaitkan dengan penyakit lupus, dan beberapa obat lupus dapat meningkatkan risiko infeksi, yang juga dapat menyebabkan demam. 

  1. Persendian Sakit dan Kaku

Peradangan yang terkait dengan lupus dapat menyebabkan kekakuan, pembengkakan, nyeri, dan kehangatan sendi, paling sering di jari tangan, tangan, siku, pergelangan kaki, dan jari kaki. 

  1. Sindrom Raynaud

Sindrom Raynaud adalah suatu kondisi di mana pembuluh darah kecil di jari tangan dan kaki kejang, membatasi sirkulasi. Orang dengan sindrom ini sangat sensitif terhadap suhu dingin dan, dalam kondisi tersebut, akan sering melihat hilangnya sirkulasi dan hilangnya warna di jari mereka jauh lebih cepat daripada orang tanpa kondisi tersebut. 

Baca juga: Bisakah Mencegah Gejala Penyakit Lupus Kambuh?

  1. Sakit Kepala

Orang dengan lupus sering mengalami sakit kepala seperti migrain. Kondisi ini umumnya dikenal sebagai sakit kepala lupus. Orang dengan sindrom Raynaud lebih mungkin mengalami sakit kepala lupus. Sakit kepala juga bisa disebabkan oleh peradangan pada pembuluh darah, suatu kondisi yang disebut vaskulitis.

  1. Rambut Rontok

Peradangan kulit yang terkait dengan lupus terkadang dapat menyebabkan kerontokan rambut. Setelah lupus diobati, rambut bisa tumbuh kembali. Namun, ruam diskoid dapat menyebabkan jaringan parut pada kulit kepala dan kerontokan rambut permanen.

Itulah sedikit pembahasan mengenai gejala awal penyakit lupus yang perlu diwaspadai. Bila kamu mengalami berbagai gejala lupus tersebut, segera gunakan aplikasi Halodoc untuk buat janji dengan dokter di rumah sakit, ya.

Referensi:
Everyday Health. Diakses pada 2021. The Signs and Symptoms of Lupus.
Healthline. Diakses pada 2021. 10 Early Signs of Lupus.