Kurang Antioksidan, Orang Kantoran Lebih Mudah Sakit

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
kurang-antioksidan-orang-kantoran-lebih-mudah-sakit-halodoc

Halodoc, Jakarta - Produktivitas dan kesehatan adalah dua hal yang saling berhubungan. Ketika tubuh kamu sehat, pasti akan lebih semangat beraktivitas dan produktivitas juga meningkat. Sedangkan kalau tubuh kamu sedang kurang fit, biasanya kamu merasa lesu, kurang bertenaga, hingga mudah lelah. Bisa jadi, tugas dan semua beban kerja tidak selesai karena produktivitas yang menurun.

Sebenarnya kebiasaan hidup yang tidak sehat ini yang membuat imunitas tubuh semakin rendah, sehingga tidak mampu lagi menangkal masuknya kuman, virus, bakteri, dan radikal bebas ke dalam tubuh. Akibatnya, tubuh mudah terserang berbagai penyakit, apalagi dengan cuaca yang sekarang cenderung tidak menentu. Kebiasaan ini termasuk konsumsi makanan serba instan, jajan di pinggir jalan, sampai konsumsi makanan yang tidak sehat.

Seharusnya, kesibukan tidak membuat orang-orang kantoran melupakan pentingnya menjaga kesehatan tubuh. Rutin berolahraga, menjaga asupan cairan dengan minum air putih sampai 8 gelas setiap hari, cukup istirahat, dan jaga pola makan dengan gizi seimbang. Pasalnya, makanan sehat memiliki kandungan antioksidan yang dibutuhkan tubuh, dan kurangnya antioksidan membuat tubuh lebih mudah terserang penyakit.

Baca juga: Jangan Kalah Oleh Radikal Bebas, Cegah dengan Astaxanthin

Kerusakan Sel pada Tubuh

Jangan main-main dengan kurangnya antioksidan pada tubuh. Hal tersebut bisa membuat radikal bebas dengan mudah masuk ke dalam tubuh. Semakin banyak radikal bebas yang masuk, sudah pasti kamu mudah terserang penyakit. Masalahnya, tubuh juga memproduksi radikal bebas melalui hasil sampingan dari proses pengolahan makanan menjadi energi.

Sementara di luar tubuh, radikal bebas sangat tinggi pada paparan sinar UV, asap rokok, hingga asap polusi udara yang berasal dari knalpot kendaraan atau buangan limbah pabrik. Sederhananya, akumulasi radikal bebas di dalam tubuh membuat sel dalam tubuh mengalami kerusakan, mengakibatkan terjadinya berbagai masalah kesehatan, termasuk penuaan dini hingga risiko munculnya penyakit berbahaya seperti kanker dan serangan jantung.

Antioksidan Sebagai Penangkal Radikal Bebas

Salah satu cara efektif untuk menangkal radikal bebas adalah melalui antioksidan. Lalu, dari mana tubuh mendapatkan antioksidan ini? Mudah saja, sayuran dan buah-buahan yang kaya vitamin C merupakan sumber antioksidan yang paling baik. Begitu pula dengan ikan salmon. Namun, kalau kamu merasa asupan antioksidan di dalam tubuh masih kurang, kamu bisa mengonsumsi suplemen tambahan.

Baca juga: Usir Radikal Bebas dengan Astaxanthin Si Antioksidan Super

Sebenarnya, radikal bebas sendiri merupakan elektron bebas yang tidak berpasangan. Padahal, seharusnya elektron ini memiliki pasangannya. Akibatnya, elektron bebas bisa bersifat begitu reaktif, sehingga mampu menyebabkan kerusakan pada sel dan jaringan yang ada di dalam tubuh. Nah, inilah mengapa antioksidan dibutuhkan. Antioksidan bekerja secara aktif dengan memberikan elektron pada radikal bebas, menjadikannya berpasangan. Pada akhirnya, kerusakan sel dan jaringan tubuh bisa dicegah.

Astaxanthin, Antioksidan Paling Kuat

Ternyata, ada banyak jenis antioksidan yang bisa kamu temui. Nah, dari sekian banyaknya, astaxanthin menjadi jenis yang paling kuat dengan manfaat terbanyak untuk tubuh. Astaxanthin sendiri merupakan antioksidan berjenis karotenoid yang memberikan warna merah atau oranye alami pada sayuran dan buah-buahan.

Tidak hanya mencegah radikal bebas, astaxanthin juga berfungsi sebagai peningkat imunitas tubuh dan membantu menjaga kesehatan organ-organ penting di tubuh, termasuk jantung, kulit, mata, dan persendian. Tentunya, suplemen dengan astaxanthin sangat baik dikonsumsi oleh kamu yang sehari-harinya sangat sibuk bekerja, supaya imunitas tubuh tetap terjaga dan tubuh terlindungi dari serangan radikal bebas.

Baca juga: Biar Tetap Fit, Ini Alasan Orang Kantoran Butuh Antioksidan

Tidak perlu susah mencari, karena kandungan astaxanthin yang kaya manfaat ini bisa kamu temukan pada suplemen Astria. Suplemen ini mengandung astaxanthin alami 6.000 kali lipat lebih tinggi dari vitamin C dan 110 kali lebih tinggi dari vitamin E biasa. Dengan kandungan astaxantin alami ini, sebagai jenis antioksidan, Astria mampu menangkal efek radikal bebas, menjaga daya tahan tubuh, serta memelihara kesehatan tubuh kami. Sehingga, dipastikan manfaat dari suplemen Astria ini pun bisa langsung dirasakan oleh tubuh jika kamu rutin mengonsumsinya. Suplemen Astria bisa kamu dapatkan dengan mudah di apotek. Namun, kalau tidak sempat, kamu bisa beli melalui aplikasi Halodoc melalui fitur Beli Obat, ya.