• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Hati-Hati Kurang Pemanasan saat Olahraga Picu Nyeri Tumit

Hati-Hati Kurang Pemanasan saat Olahraga Picu Nyeri Tumit

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Nyeri tumit umumnya disebabkan oleh plantar fasciitis, yaitu peradangan pada jaringan yang menghubungkan antar tulang di telapak kaki, tepatnya di antara lengkungan kaki dan tumit. Rasa sakit pada pengidap nyeri tumit akan bervariasi, dari ringan hingga berat. Dalam kasus yang parah, nyeri tumit menyebabkan pengidapnya kesulitan dalam bergerak. Apakah olahraga dapat memicu nyeri tumit?

Kaki mampu menampung berat badan seseorang dengan baik. Namun, jika tekanan yang dialami melebihi batas wajar, akan menimbulkan gangguan jaringan sensitif pada kaki, terutama pada area tumit. Ketika gangguan jaringan terjadi, tumit akan mengalami rasa sakit, yang biasanya akan pulih dengan sendirinya setelah beristirahat. Pada kasus yang jarang terjadi, nyeri tumit terasa bertambah parah, sehingga memicu masalah kesehatan lain pada kaki.

Baca juga: Awas, Kondisi Ini Bisa Sebabkan Nyeri Tumit

Kurang Pemanasan saat Olahraga Memicu Nyeri Tumit, Benarkah?

Olahraga merupakan cara terbaik guna menjaga kesehatan tubuh. Namun, jika dilakukan secara berlebihan, hal tersebut akan menjadi pemicu dari sejumlah masalah kesehatan, salah satunya adalah nyeri tumit. Mengapa hal tersebut terjadi? Olahraga berlebihan dinilai dapat menjadi pemicu terjadinya plantar fasciitis yang menjadi penyebab utama dari nyeri tumit.

Ketika plantar fasciitis terjadi, jaringan yang seharusnya meredam getaran, menjadi penyangga telapak kaki, serta membantu seseorang berjalan akan mengalami kerusakan karena tekanan yang berlebihan. Kondisi ini umumnya terjadi ketika seseorang melakukan aktivitas fisik atau olahraga yang banyak memberikan tekanan berlebih pada area tumit. Olahraga tersebut, seperti lari jarak jauh, senam aerobik, atau balet. 

Nyeri tumit dapat terjadi karena adanya benturan berulang pada tumit. Untuk mencegah terjadinya hal tersebut, kamu harus menggunakan alas kaki yang nyaman saat berolahraga untuk menghindari tekanan berlebihan pada area tumit. Selain olahraga, beberapa kondisi yang menjadi penyebab nyeri tumit, yaitu pengapuran tumit yang terjadi akibat plantar fasciitis yang terjadi secara berulang.

Baca juga: 3 Olahraga yang Bisa Redakan Nyeri Tumit Plantar Fasciitis

Kenali Faktor Pemicu Lain Nyeri Tumit

Selain tekanan yang berlebihan saat berolahraga, berikut beberapa faktor pemicu nyeri tumit yang harus kamu ketahui:

  • Benjolan pada Tumit

Kondisi ini terjadi karena pertumbuhan tulang tumit yang belum matang. Tulang ini kemudian tergesek secara berlebihan, yang biasanya terjadi pada permukaan yang datar. Dalam kasus yang sering terjadi, kondisi ini biasanya dialami oleh wanita yang gemar memakan high heels.

  • Calcaneal Apophysitis

Penyebab yang satu ini paling umum terjadi pada anak-anak yang berusia 7-15 tahun, karena cedera kecil pada tumit yang terjadi secara berulang pada tulang tumit yang tengah mengalami pertumbuhan.

  • Achilles Tendinitis

Penyebab yang satu ini terjadi dalam jangka panjang dan berhubungan dengan degenerasi progresif dari tendon Achilles. Ketika tendon tidak dapat berfungsi dengan baik, maka tendon tidak dapat menyembuhkan dan memperbaiki kerusakan di dalamnya. Akibatnya, tumit akan terasa sakit saat beraktivitas.

Baca juga: Ketahui Perbedaan Patah dan Keseleo Pergelangan Kaki

Nyeri tumit yang terjadi saat berolahraga bisa terjadi karena seseorang kurang pemanasan sebelumnya. Rasa sakit tersebut dapat diatasi dengan istirahat sejenak, kemudian lakukan peregangan sebelum melanjutkan olahraga. Jika sudah baikan, jangan berolahraga terlalu keras, ya! Hindari olahraga yang membutuhkan kekuatan tumit secara berlebihan.

Jika nyeri tumit tidak kunjung membaik, bahkan nyeri terus bertambah parah, tumit menjadi kemerahan dan membengkak, serta sulit berjalan, segera temui dokter di rumah sakit terdekat untuk melakukan serangkaian pemeriksaan. 

Referensi:

Foot Health Facts. Diakses pada 2020. Heel Pain (Plantar Fasciitis).
Medical News Today. Diakses pada 2020. Why Do My Heels Hurt and What Can I Do About It?
Healthline. Diakses pada 2020. What Causes Heel Pain?