Kurang Populer, Ini Manfaat Kurma Bagi Ibu Usai Melahirkan

Kurang Populer, Ini Manfaat Kurma Bagi Ibu Usai Melahirkan

Halodoc, Jakarta - Selama 9 (sembilan) bulan, makanan yang ibu konsumsi ketika mengandung berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan janin. Namun, setelah ibu melahirkan, diet yang ibu lakukan tak kalah pentingnya untuk membantu tubuh ibu pulih dan memberi ibu energi yang dibutuhkan untuk merawat Si Kecil.

Nah, salah satu makanan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi ibu setelah melahirkan adalah buah kurma. Buah ini juga dianjurkan untuk dikonsumsi ketika ibu masih mengandung sang buah hati. Ada banyak manfaat kurma yang bisa ibu dapatkan, baik ketika hamil maupun saat persalinan tiba. Apa saja?

  • Meningkatkan Sensitivitas Rahim

Buah kurma meningkatkan efek oksitosin atau kontraksi rahim yang turut meningkatkan sensitivitas rahim. Asam lemak jenuh dan tak jenuh dalam buah ini membuat tubuh lebih berenergi dan menghasilkan prostaglandin yang diperlukan untuk persalinan. Kandungan lainnya termasuk serotonin, kalsium, dan tanin yang membantu kontraksi otot rahim.

Baca juga: Ketahui 3 Tahapan dalam Persalinan Normal

  • Mencegah Sembelit

Manfaat kurma lain yang perlu ibu perhatikan adalah kandungan serat yang begitu tinggi, dan ini sangat baik untuk mencegah terjadinya sembelit atau konstipasi. Buah kurma menjaga pencernaan ibu tetap sehat, membuat perut kenyang lebih lama, mengurangi kadar kolesterol dalam darah, dan membantu menjaga berat badan yang sehat, sehingga ibu terhindar dari bahaya obesitas, baik ketika hamil maupun setelah melahirkan.

  • Membantu Pemulihan Lebih Cepat

Ketika persalinan, ibu membutuhkan banyak tenaga, karena proses yang akan ibu alami mungkin sangat menguras tenaga dan membuat ibu kelelahan. Sebutir buah kurma mampu mengembalikan energi ibu yang hilang selama proses persalinan. Kandungan gula yang ada pada buah ini juga merupakan jenis alami yang ramah oleh tubuh dan aman dikonsumsi bagi pengidap diabetes.

Baca juga: Ini 8 Tips Mengejan saat Persalinan

  • ASI Lebih Lancar

Hal penting lain yang tak boleh ibu lupa setelah melahirkan adalah ASI, karena ini merupakan makanan utama sang buah hati hingga usianya menginjak 6 (enam) bulan. Jika ASI ibu kurang, tentu ini memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan sang buah hati. Coba untuk mengonsumsi buah kurma, karena kandungan kalsium dan zat besi pada buah ini membantu ibu dalam mendapatkan ASI lebih banyak dan lebih berkualitas.

  • Menguatkan Tulang dan Gigi pada Bayi

Ada manfaat kurma yang banyak terlupa, terlebih ketika ibu sedang mengandung, yaitu membantu mempercepat pembentukan tulang dan gigi pada sang buah hati. Kurma mengandung magnesium yang dapat mencegah terjadinya defisiensi magnesium yang menyebabkan kelainan hati dan ginjal.

  • Mempertahankan Keseimbangan Air-Garam

Kandungan lain yang ada pada buah kurma adalah kalium. Nutrisi ini penting untuk tubuh, karena membantu menjaga keseimbangan air-garam, mengatur tekanan darah, dan melindungi ibu dari bahaya kram otot. Bahkan, kekurangan nutrisi ini akan membuat tubuh rentan mengalami masalah ginjal.

Baca juga: Ibu Hamil Jangan Cemas, Ini Tips Persalinan Caesar

Nah, sekarang ibu sudah tahu apa saja manfaat kurma jika dikonsumsi setelah persalinan. Kurma bisa ibu konsumsi dalam bentuk buah, jus, atau smoothies. Namun, ibu juga perlu bertanya pada dokter terkait konsumsinya dengan kondisi kehamilan ibu. Gunakan aplikasi Halodoc yuk, karena aplikasi ini membuat ibu lebih mudah dalam membeli obat, tanya dokter, dan melakukan cek lab. Aplikasi Halodoc sudah tersedia di App Store dan Play Store, download sekarang ya!