• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kutu Air Membandel, Ini Cara Mudah Mengatasinya

Kutu Air Membandel, Ini Cara Mudah Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta - Kebersihan kaki harus selalu dijaga agar terhindar dari berbagai masalah, terutama pada kulit. Salah satu gangguan yang dapat terjadi karena hal tersebut adalah kutu air. Meski tidak menimbulkan gangguan yang serius, kutu air harus segera diatasi agar tidak semakin parah dan menular kepada orang lain. Berikut beberapa cara yang mudah dilakukan untuk atasi kutu air!

Cara Atasi Kutu Air yang Efektif

Kutu air, atau tinea pedis, adalah gangguan yang disebabkan oleh infeksi jamur dan umumnya awal terjadi pada sela-sela jari kaki. Gangguan ini biasanya terjadi pada seseorang yang kakinya sangat berkeringat karena terkurung saat menggunakan sepatu yang ketat. Sehingga, pertumbuhan jamur dapat terjadi dengan risiko yang lebih tinggi jika kaki tidak bersih.

Baca juga: Ini yang Terjadi pada Kaki Jika Terkena Kutu Air

Seseorang yang mengalaminya dapat merasakan ruam pada kulit hingga kemerahan, bersisik, gatal, menyengat, hingga terbakar. Selain penggunaan sepatu dan kebersihan, kamu juga dapat mengalami kutu air saat bersentuhan dengan lantai, handuk, atau pakaian yang telah terkontaminasi. Kamu harus tahu cara yang ampuh untuk atasi kutu air agar tidak menyebar ke area kulit lainnya. Berikut beberapa caranya:

1. Miconazole

Salah satu cara yang efektif untuk mengatasi kutu air akibat infeksi jamur adalah dengan mengoleskan miconazole. Obat ini sangat efektif untuk mengatasi jamur dengan merusak struktur selnya, sehingga pertumbuhannya berhenti. Sebelum menggunakan obat oles ini pada kaki, ada baiknya untuk mencuci dan keringkan daerah kulit yang terinfeksi. Cara ini agar dapat mencegah infeksi menyebar ke bagian tubuh lainnya.

2. Clotrimazole

Obat antijamur lainnya yang dapat mengatasi kutu air saat menyerang adalah clotrimazole. Cara kerja obat ini adalah dengan menghambat pertumbuhan jamur yang menjadi penyebab infeksi tersebut.  Kamu dapat mengoleskan krim atau salep pada area kulit yang mengalami kutu air selama 2-4 minggu sebanyak 2-3 kali sehari. Sama seperti sebelumnya, pastikan mencuci tangan dan kaki hingga bersih dan kering, barulah mengoleskan obat tersebut.

Apabila kamu masih memiliki pertanyaan terkait kutu air dan cara mengatasinya yang efektif dan mudah dilakukan, dokter dari Halodoc dapat memberikan jawaban. Caranya mudah, cukup dengan download aplikasi Halodoc, kamu dapat menikmati fitur Chat atau Voice/Video Call untuk berinteraksi langsung dengan dokter ahli!

Baca juga: 6 Bahan Alami untuk Atasi Kutu Air

3. Ketoconazole

Pilihan obat lainnya yang dapat efektif mengatasi jamur adalah ketoconazole. Obat ini efektif untuk mengatasi banyak gangguan infeksi pada kulit, salah satunya kutu air. Beberapa jenis dari obat ini antara lain berbentuk krim, tablet, hingga sampo. Namun, jika kamu memiliki alergi terhadap obat antijamur, ada baiknya menghindari penggunaannya. Selain itu, pastikan untuk menghindari konsumsi alkohol selama penggunaan ketoconazole agar dapat menghindari gangguan pada hati.

4. Itraconazole

Pilihan obat lainnya yang dapat mengatasi kutu air yang menyerang adalah itraconazole. Obat ini berbentuk kapsul yang mengatasi pertumbuhan jamur melalui dalam tubuh. Meski begitu, tidak semua orang dapat mengonsumsi obat ini, pengidap gagal jantung dan gangguan hati dilarang menggunakannya. Kamu dapat mengonsumsi obat dengan dosis 2 x 200 mg per hari yang dilakukan selama 7 hari.

Baca juga: Bahaya Kutu Air yang Bikin Kaki “Nggak” Nyaman

Itulah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi kutu air yang menyerang kaki. Dengan mengetahui beberapa cara yang mudah dilakukan, diharapkan kamu tidak menunda-nunda penanganannya. Dengan begitu, penyebaran infeksi hingga dampak yang lebih buruk dapat dicegah dari awal.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Athlete's foot.
Healthline. Diakses pada 2020. Home Remedies for Athlete’s Foot.