• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kutu Rambut Berulang pada Anak, Bagaimana Cara Mengatasinya?
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kutu Rambut Berulang pada Anak, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Kutu Rambut Berulang pada Anak, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 19 Mei 2021
Kutu Rambut Berulang pada Anak, Bagaimana Cara Mengatasinya?Kutu Rambut Berulang pada Anak, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Halodoc, Jakarta - Kutu rambut adalah serangga kecil tanpa sayap yang hidup di rambut manusia dan mengisap darah yang ada di bawah lapisan kulit kepala. Kutu rambut biasanya paling sering dialami oleh anak-anak karena mereka mudah menular saat anak-anak sedang bermain bersama. Beberapa anak juga bisa terkena kutu rambut beberapa kali dalam setahun. 

Selain kutu rambut, telur kutu juga bisa menjadi masalah karena ia hanya membutuhkan waktu sekitar satu minggu untuk menetas menjadi kutu rambut. Kutu rambut pada anak mudah menyebar saat mereka berada dalam kontak dekat, misalnya, saat kepala berdekatan, saat mengenakan topi atau syal dari anak yang terkena. Penularan juga bisa terjadi saat menggunakan sisir atau sikat rambut dari mereka yang memiliki kutu. 

Jika anak terkena kutu rambut, tidak perlu malu karena ini bukan berarti anak dan rumahmu kurang bersih. Kutu rambut tidak membawa penyakit apa pun, ia hanya mudah menyebar pada anak-anak.

Baca juga: Begini Cara Mencegah Kutu Rambut pada Orang Dewasa


Perawatan untuk Mengatasi Kutu Rambut

Perawatan secara bersamaan harus dilakukan semua anggota keluarga yang terkena dampaknya. Ada dua cara untuk mengobati kutu rambut, yakni produk anti kutu rambut dan metode sisir basah.

Losion, Cairan, dan Krim Antikutu

Kamu bisa mendapatkan produk anti kutu dari apotek tanpa resep dokter. Losion, cairan, dan krim lebih efektif daripada sampo. Produk-produk ini bisa jadi tidak menyenangkan bagi anak karena baunya yang menyengat dan karena terkadang mengiritasi kulit kepala. Oleh karena itu, penting untuk mengikuti petunjuk dengan hati-hati.

Kutu rambut juga bisa menjadi kebal terhadap bahan kimia dalam produk ini. Jadi, penting untuk memastikan bahwa kutu sudah mati setelah menggunakan perawatan ini. Jika masih belum mati, coba gunakan produk dengan bahan aktif berbeda. Bahan aktif yang berbeda dalam produk ini termasuk permetrin, maldison atau piretrin. 

Kamu harus merawat anak lagi sekitar satu minggu setelah perawatan kutu pertama guna membunuh telur yang menetas dan menjadi kutu dewasa sejak perawatan pertama.

Baca juga: Ini 6 Cara Alami Menghilangkan Kutu Rambut

Perawatan Sisir Basah

Perawatan kutu rambut ini melibatkan menyisir rambut basah dengan sisir kutu logam bergigi halus dan kondisioner rambut. Kamu bisa membeli sisir ini dari apotek, dan semua jenis kondisioner bisa digunakan.

Begini cara melakukannya: 

  • Oleskan banyak kondisioner pada rambut basah anak dan gosokkan ke kulit kepala dan sepanjang batang rambut.
  • Biarkan kondisioner setidaknya selama 15 menit. Kamu juga bisa memasang topi mandi di atas kepala anak selagi menunggu. Kondisioner dapat membuat kutu mati lemas, dan mereka melepaskan cakarnya dari batang rambut atau kulit kepala.
  • Gunakan sisir kutu khusus untuk menghilangkan kondisioner dari rambut anak. Masukkan sisir hingga menyentuh kulit kepala dengan lembut lalu sikat ke bawah dengan kuat. Bersihkan sisir di sela-sela pukulan menggunakan tisu atau air. Kamu akan melihat beberapa kutu yang menempel di sisir. 
  • Sisir seluruh kepala anak dengan seksama setidaknya dua kali.

Menyisir basah berulang kali adalah perawatan kutu rambut yang sangat baik. Sisir setiap 2-3 hari selama dua minggu, atau sampai penyisiran menyeluruh tidak menunjukkan adanya telur atau kutu di seluruh kulit kepala.

Baca juga: Ini 3 Alasan Kutu Rambut Menular

Perawatan untuk Kasus Kutu Rambut Berulang

Membasmi kutu rambut bisa sangat sulit dilakukan. Dua perawatan tersebut juga tidak selalu berhasil, terutama saat pertama kali melakukannya. Beberapa anak terkena kutu rambut beberapa kali setiap tahun dan ini bisa sangat mengganggu mereka.

Jika anak telah dirawat karena kutu rambut lebih dari tiga kali dalam setahun, kamu mungkin perlu berbicara dengan dokter di Halodoc tentang perawatan lain untuk kutu rambut. Dokter di Halodoc mungkin memiliki saran lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi kutu rambut. Anak-anak yang terus terkena kutu rambut dapat diberi resep obat yang disebut ivermectin, yang sangat baik dalam membunuh kutu.

Referensi:
Canadian Paediatric Society. Diakses pada 2021. Head Lice.
Kids Health. Diakses pada 2021. Head Lice. 
Raising Children Network (Australia). Diakses pada 2021. Head Lice.