Lady Gaga Pernah Jadi Korban Bully, Ini Rahasia Suksesnya Sekarang

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
lady gaga pernah jadi korban bully ini rahasia suksesnya sekarang

Halodoc, Jakarta – Tahun 2019 menjadi tahunnya Lady Gaga kembali bersinar. Dikenal sebagai pop star berpenampilan nyentrik yang memulai debutnya di tahun 2009, Lady Gaga muncul kembali dengan imej yang berbeda dengan membintangi film A Star is Born. Film tersebutlah yang kemudian membuat Gaga sukses membawa pulang piala di salah satu ajang penghargaan bergengsi Oscar 2019, setelah sebelumnya ia berhasil menyabet 3 piala sekaligus di Grammy Awards 2019 dan 1 piala di BAFTA Award.

Merasa sangat terharu, Lady Gaga sempat menceritakan sekelumit masa lalunya yang pahit di mana ia pernah menjadi korban bully. Bahkan, ia pernah mempunyai seorang kekasih yang menghinanya dan memberitahu Gaga bahwa ia tidak akan pernah berhasil menjadi apa pun. Alih-alih merasa down karena perkataannya kekasih tersebut, Lady Gaga malah berjanji akan membuktikan bahwa ia bisa menjadi sukses di kemudian hari.

Seperti yang kita tahu, Gaga pun berhasil mewujudkan tekadnya tersebut. Sekarang ini, rasanya hampir tidak ada orang yang tidak mengenal Lady Gaga, bahkan lagu-lagunya saja diputar hampir di seluruh negara.

Tapi sayangnya, tidak semua orang mampu seperti Lady Gaga yang berhasil mengalahkan trauma bullying di masa kecil. Wajar saja. Nyatanya, memang tidak mudah untuk melupakan perlakuan dan perkataan yang menyakitkan dari orang lain yang pernah dialami begitu saja. Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa bullying yang kamu alami mungkin saja begitu traumatis, sehingga kamu masih bisa merasakan efeknya sampai hari ini.

Kamu mungkin masih meragukan diri sendiri, sulit mempercayai orang lain, dan sulit menjalin persahabatan yang berkualitas. Menurut penelitian, tidak sedikit orang dewasa yang pernah diintimidasi saat masih kanak-kanak berisiko tinggi mengalami gangguan kecemasan, depresi, dan berpikiran untuk bunuh diri.

Baca juga: Bagaimana Mendampingi Anak yang Mengalami Trauma atau Depresi

Bila kamu mengalami kondisi ini, jangan putus asa. Selalu ada harapan untuk pulih dan bangkit kembali, seperti Lady Gaga. Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi trauma bullying di masa kecil:

1. Akui Bullying yang Kamu Alami

Kebanyakan korban bullying menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk mengurangi memikirkan kenangan buruk tersebut, mengabaikannya, atau berpura-pura hal itu tidak pernah terjadi. Mereka juga akan cenderung menyalahkan diri sendiri dan percaya bahwa mereka berbeda. Tapi, satu-satunya cara untuk memulai proses penyembuhan adalah dengan mengakui adanya intimidasi yang terjadi dan kamu tidak bertanggung jawab untuk itu.

2. Jadikan Kesehatan dan Pemulihanmu sebagai Prioritas

Para korban bullying juga seringkali berurusan dengan sejumlah masalah kesehatan, mulai dari insomnia, stres, sakit kepala sampai gangguan stres pascatrauma, masalah kecemasan dan gangguan makan. Bila kamu menyadari adanya gejala-gejala dari salah satu kesehatan tersebut, segeralah berbicara ke dokter untuk meminta pertolongan. Ingat, bullying memengaruhi lebih dari sekadar suasana hati, namun juga kesehatan kamu.

Baca juga: Ini 6 Cara Mengurangi Dampak Trauma Masa Kecil

3. Mengontrol Emosi

Perasaan ketidakberdayaan akibat sering di-bully bisa terbawa sampai kamu dewasa. Akibatnya, kamu berisiko menjalani hidup dengan menjadi “korban abadi”. Sadarilah bahwa meskipun kamu tidak bisa mengendalikan apa yang terjadi pada diri kamu, namun kamu bisa mengendalikan reaksi kamu.

Mulailah pemulihan dengan mengendalikan pikiran, emosi dan tindakan kamu, serta membuat pilihan yang lebih sehat. Seperti Lady Gaga, kamu bisa memilih untuk menghadapi bullying dengan membuktikannya dengan kesuksesanmu.

4. Hindari Mengisolasi Diri

Kebanyakan korban bullying juga cenderung mengisolasi diri mereka sendiri dan mencoba menghadapi konsekuensinya sendirian. Padahal, kunci agar bisa sembuh dari bullying adalah dengan menjaga hubungan dengan teman-teman dan keluarga yang selalu mendukungmu. Bahkan, seorang Lady Gaga pun mengaku bahwa ia berhasil mengatasi trauma bully masa kecil dengan bantuan dukungan dari para fansnya.

5. Sadari Bahwa Kamu Berharga

Bullying sering menyebabkan seseorang kehilangan percaya diri dan harga diri akibat kebohongan yang dikatakan orang lain tentang nilai dirinya. Jadi, jangan percaya dengan omongan Si Pelaku bullying tentang diri kamu, sebaliknya yakinkan diri kamu sendiri tentang siapa kamu sebenarnya. Belajarlah mengenali diri sendiri lagi. Kamu bisa memulainya dengan menuliskan karakteristik positif kamu. Apa kekuatanmu? Apa yang kamu sukai dari dirimu sendiri? Apa yang orang lain sukai tentang kamu?

Baca juga: 5 Tips bagi Orangtua saat Anak jadi Korban Bullying

Terkadang penyembuhan dari trauma bullying masa kecil juga membutuhkan bantuan dari tenaga ahli, seperti psikolog atau konselor. Jadi, jangan ragu untuk mencari konselor terpercaya yang berspesialisasi dalam penyembuhan trauma masa kecil. Konselor dapat membantu kamu memahami apa yang terjadi pada dirimu serta menunjukkan adanya pemahaman yang tidak sehat yang kamu miliki.

Jangan memendam trauma sendirian, kamu juga bisa membicarakan isi hatimu pada psikolog lewat aplikasi Halodoc. Psikolog Halodoc yang terpercaya siap membantumu melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.