• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Lagi Capek? Konsumsi 6 Makanan Penambah Tenaga Ini

Lagi Capek? Konsumsi 6 Makanan Penambah Tenaga Ini

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc

Halodoc, Jakarta – Setiap hari disibukkan dengan pekerjaan dan aktivitas yang padat bisa membuat energimu terkuras. Akibatnya, kamu merasa lelah, lesu, kurang bersemangat, dan sering mengantuk. Kebanyakan orang memilih mengonsumsi kopi atau minuman penambah energi untuk mengatasi kondisi ini. Namun, minuman tersebut tidak baik untuk kesehatan karena kandungan kafein yang terdapat di dalamnya bisa menimbulkan efek berdebar-debar dan meningkatkan kecemasan. Ada cara yang lebih aman kok untuk mengembalikan energi pada tubuh, yaitu dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan sehat berikut:

1. Almond

Walaupun bentuknya kecil, tapi almond mengandung dua nutrisi penting yang bermanfaat untuk memberikan energi, yaitu magnesium dan vitamin B. Rachel Berman, RD, CDN dalam bukunya yang berjudul Boosting Your Metabolism for Dummies, mengungkapkan bahwa level magnesium yang rendah dapat membuatmu merasa mudah capek saat berolahraga. Hal ini terjadi karena magnesium memiliki peran penting dalam mengatur metabolisme dalam tubuh, seperti mengontrol gula darah dan mengatur tekanan darah. Sedangkan, kekurangan vitamin B dapat membuat tubuh menjadi lemah, kurang konsentrasi, dan mudah marah. Jadi, agar kamu tetap berenergi, konsumsilah almond minimal 1 ons atau sekitar 23 butir kacang.

2. Pisang

Pisang mengandung kalium yang bermanfaat untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil, sehingga kamu tidak akan mudah mengalami gangguan energi. Selain itu, pisang juga mengandung gula alami seperti sukrosa, fruktosa, dan glukosa yang bisa menambah energi dengan cepat dan tahan lama.

3. Salmon

Salmon merupakan salah satu jenis ikan yang mempunyai banyak manfaat. Kandungan omega-3 asam lemak di dalamnya dipercaya dapat meningkatkan memori, mengurangi depresi, membangkitkan energi, dan memperbaiki suasana hati. Selain itu, mengonsumsi salmon juga dapat membantu menurunkan berat badan. Jadi, kamu bisa menyantap salmon sebagai menu makan malam untuk menambah energi tanpa perlu takut gemuk.

4. Telur

Untuk menu sarapan, kamu bisa mengonsumsi telur yang dimasak dengan cara apapun, baik itu direbus atau digoreng untuk memberikan tubuhmu pasokan energi yang bisa bertahan sepanjang hari. Hal ini karena, telur mengandung protein yang sangat tinggi, yaitu sembilan asam amino esensial, vitamin B kompleks, dan D serta zat besi.

5. Alpukat

Mengonsumsi alpukat akan membuatmu kenyang lebih lama. Hal ini karena, buah yang dikenal sebagai superfood ini mengandung vitamin B, C, K, mineral, asam lemak monosaturated, dan serat tinggi yang membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna. Kamu bisa mengonsumsi alpukat secara langsung atau dijus sebagai menu sarapan agar tubuh tetap terasa kenyang sepanjang hari.

6. Oatmeal

Makanan yang satu ini memang biasanya dikonsumsi untuk sarapan, tapi kamu bisa menjadikan oatmeal sebagai camilan saat merasa lapar di sore hari, lho. Oatmeal mengandung serat yang memerlukan waktu lama untuk dicerna oleh sistem pencernaan, sehingga akan membuatmu kenyang lebih lama. Selain itu, gandum juga dapat menyeimbangkan gula darah dan membuatmu lebih fokus. Menurut Melinda Johnson, MS, RD, pimpinan The Arizona Academy of Nutrition and Dietetics, memakan oatmeal dapat meningkatkan energi sepanjang pagi dibandingkan dengan sarapan dengan mengonsumsi roti tawar. (Baca juga: Awali Pagimu dengan Menu Sarapan Sehat dan Berenergi.)

Ingat untuk selalu mengonsumsi makanan sehat yang kaya akan nutrisi agar tubuh senantiasa berenergi dan sehat. Kalau kamu ingin tahu lebih banyak seputar diet dan nutrisi makanan, tanyakan saja pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Hubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.