Lagi Sakit, Ini Aturan Minum Obat Saat Puasa

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Lagi Sakit, Ini Aturan Minum Obat Saat Puasa

Halodoc, Jakarta – Bagaimana aturan minum obat saat puasa? Sebenarnya ketika sedang sakit, tidak dipaksakan untuk tetap melanjutkan puasa. Apalagi kalau kamu diharuskan untuk mengonsumsi obat rutin.

Namun, ada kalanya jika memang memungkinkan setelah rekomendasi dari dokter, kamu tetap bisa melanjutkan puasa meski sedang sakit. Konsumsi obat bisa diatur dengan cara minum obat setelah sahur ataupun sehabis berbuka puasa.

Supaya terhindar dari sakit yang berkepanjangan atau malah jadi semakin sakit karena puasa dimana makan jadi tidak teratur, kamu perlu memasukkan menu makanan sehat dalam konsumsi harianmu.

Baca juga: Saat Puasa, Haruskah Minum 8 Gelas Air Putih?

Makanan yang direkomendasikan untuk sahur adalah makanan yang mengandung protein tinggi serta serat. Soalnya protein dapat menjaga ketahanan fisik, sehingga tubuh bisa lebih kuat dan menjaga imunitas tubuh. Sistem kekebalan tubuh yang baik bisa membuat kamu terhindar dari sakit.

Sama halnya dengan protein, sayuran menjadi konsumsi penting karena mengandung serat. Serat sangat baik untuk tubuh, apalagi di saat puasa seperti ini. P

erubahan jam makan, porsi makan dan waktu istirahat bisa membuat sistem metabolisme sedikit terganggu. Karenanya, kamu butuh asupan sayuran sebagai sumber serat untuk membantu melancarkan metabolisme dan meningkatkan aktivitas tubuh.

Minum Vitamin Bila Perlu

Apalagi kalau kondisi tubuh memang sedang sakit, tapi kamu tetap masih ingin melanjutkan puasa, tubuh perlu bantuan dorongan melalui vitamin. Selain vitamin yang bisa dikonsumsi harian, ada baiknya kamu mendiskusikan mengenai tambahan suplemen untuk meningkatkan vitalitas tubuh di saat puasa.

Walaupun sebenarnya konsumsi vitamin dan mineral alami yang diperoleh dari makanan natural lebih baik ketimbang suplemen, tapi di waktu dan momen tertentu terkadang kamu membutuhkan suplemen.

Selain itu, istirahat yang cukup juga sangat disarankan demi menjaga daya tahan tubuh. Ini bisa dilakukan melalui pengaturan jam tidur malam ataupun tidur di siang hari. Bila kamu susah tidur saat malam, ada baiknya kamu mengondisikan, sehingga mendapatkan tidur yang berkualitas.

Kamu bisa memberikan pengaturan, seperti tidak memegang gadget sehabis makan malam, tidak menyalakan televisi, ataupun membuat ruang kamar dan tidur senyaman mungkin supaya bisa melelapkan tidur.

Baca juga: Lapar Setelah Bangun Tidur? Mungkin Ini Alasannya

Biasanya, persiapan sahur bisa membuat jam tidur malammu menjadi terganggu. Ada baiknya untuk meminimalisir hal tersebut kamu menyiapkan bahan-bahan untuk sahur saat malam hari. Menu sahur juga tidak perlu ribet, ringan saja, tapi bergizi dan kamu bisa memotong sayur dan mempersiapkan ikannya di malam hari, seperti diberi bumbu, disiangi dan lain-lainnya.

Sebagai contoh untuk menu sahur sehat, tapi simpel persiapannya adalah sop ayam di mana di dalam sop ayam sudah ada kandungan daging dan sayur-sayurannya, sehingga semuanya sudah lengkap tinggal dimasak saja pada waktunya.

Menyediakan buah-buahan juga penting sebagai tambahan serat. Jangan mengonsumsi kopi ataupun teh terlalu banyak. Ada baiknya kamu minum air putih hangat ataupun jus sebagai minuman pendamping kamu menikmati sahur.

Baca juga: Lakukan 5 Hal Ini agar Pencernaan Lancar

Jangan sampai kamu mengalami dehidrasi yang malah akan membuat tubuh jadi drop. Apalagi kondisi kamu memang sedang sakit. Kalau ingin mengetahui lebih banyak mengenai aturan minum obat saat puasa, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Talk to a Doctor, kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.