Lakukan 4 Hal Ini saat Liburan agar Berat Badan Enggak Naik

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Lakukan 4 Hal Ini saat Liburan agar Berat Badan Enggak Naik

Halodoc, Jakarta – Saat liburan tentu kamu akan mengunjungi tempat-tempat wisata yang menarik, baik dari lokasi hingga jenis kuliner yang ada di daerah tersebut. Tidak hanya lokasi liburan, jenis kuliner yang beragam terkadang membuat kamu ingin mencoba semua makanan yang disediakan. Hasilnya, terkadang liburan membuat berat badan kamu naik.

Baca juga: Tips Pilih Makanan Sehat saat Liburan

Sebenarnya kunci agar berat badan kamu tidak naik secara drastis ketika sedang menjalani liburan adalah membatasi asupan kalori yang masuk. Membatasi asupan kalori bukan berarti kamu tidak boleh mencoba makanan khas yang ada di lokasi yang dituju sebagai destinasi liburan. Namun, perhatikan beberapa cara ini agar kamu tetap bisa wisata kuliner tanpa takut berat badan naik secara drastis, yaitu:

1. Perhatikan Asupan Ketika Sarapan

Sebaiknya saat kamu berlibur, jangan lupa untuk mengonsumsi makanan pertama saat sarapan. Mengonsumsi sarapan yang tepat bisa menjadi asupan kalori yang cukup untuk kamu menjalani aktivitas seharian ketika berlibur. Ketika kamu melewatkan sarapan saat berlibur, kamu akan melakukan aktivitas dengan rasa lapar. Kondisi ini meningkatkan keinginan untuk mengonsumsi makanan secara sembarangan dan berlebihan. Sebaiknya lakukan sarapan dengan mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan karbohidrat dan serat, dengan begitu kamu akan merasakan kenyang lebih lama dan lebih memilih makanan yang dikonsumsi. 

2. Cari Tahu Jenis Makanan Khas Daerah Sekitar

Tidak ada salahnya untuk mencari tahu jenis makanan khas daerah yang kamu kunjungi. Setelah mengetahui jenis makanan khas yang tersedia di daerah tempat berlibur, pilih salah satu makanan yang benar-benar kamu ingin coba dan rasakan. Dengan begitu, setiap sendok makanan yang dinikmati tidak mendatangkan penyesalan. Selain itu, rasa keingintahuan kamu terhadap makanan khas ini akan terpenuhi.

Baca juga: 4 Manfaat Liburan Bagi Kesehatan Fisik dan Mental Hidup Sehat

3. Setiap Makanan yang Dikonsumsi Mengandung Kalori

Tidak hanya makanan utama, setiap daerah memiliki makanan kecil atau kudapan yang menarik untuk dikonsumsi. Meskipun ukurannya kecil, sebaiknya kamu selalu ingat, bahwa kudapan atau makanan kecil memiliki kalori yang berisiko meningkatkan berat badan. Jika lokasi yang kamu kunjungi memiliki buah khas, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi buah yang menjadi ciri khas lokasi tersebut. Sebaiknya ketika kamu berlibur, jangan lupakan untuk mengonsumsi buah atau sayur. 

Banyak manfaat yang bisa dirasakan ketika mengonsumsi buah dan sayuran untuk tubuh, salah satunya menjaga kesehatan pencernaan. Tidak hanya itu, mengonsumsi banyak buah saat liburan dapat menjauhkan kamu dari dehidrasi. Jangan ragu untuk bertanya pada dokter melalui aplikasi Halodoc saat kamu mengalami gejala dehidrasi ketika berlibur. Dengan begitu, kondisi dehidrasi yang kamu alami dapat segera diatasi.

4. Jangan Menahan Lapar

Meskipun kamu tidak menginginkan kenaikan berat badan yang cukup drastis ketika berlibur, sebaiknya jangan biarkan tubuh merasa kelaparan. Tubuh yang kelaparan membuat kamu lebih mudah mengonsumsi makanan secara berlebihan. Persiapkan camilan yang memiliki kandungan nutrisi dan gizi yang sehat. Kamu bisa membawa buah atau sayuran rebus sebagai camilan menjelang waktu makan.

Baca juga: Keasyikan Liburan, Hati-Hati Post Holiday Blues

Selain memerhatikan asupan dan porsi makan, tidak ada salahnya untuk tetap lakukan aktivitas fisik selama berlibur. Kamu bisa perbanyak mengunjungi tempat-tempat yang menarik dan menikmati keindahan lokasi liburan dengan berjalan kaki. Selain dapat menurunkan tingkat stres, kegiatan ini juga dapat menjaga berat badan tetap stabil selama liburan. Jadi, selamat berlibur!

Referensi:
Prevention. Diakses pada 2019. 20 Simple Ways to Avoid Weight Gain at Holiday Parties, According to Dietitians
Healthline. Diakses pada 2019. 20 Tips to Avoid Weight Gain During The Holidays