• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Lakukan 6 Hal Ini Agar Hubungan Intim Lebih Nyaman
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Lakukan 6 Hal Ini Agar Hubungan Intim Lebih Nyaman

Lakukan 6 Hal Ini Agar Hubungan Intim Lebih Nyaman

2 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 20 Juni 2022

“Seks jadi salah satu kegiatan yang sangat menyenangkan. Jalin komunikasi yang baik, mencoba posisi berbeda, dan menjadwalkan kapan waktu yang tepat bisa membuat hubungan intim terasa lebih nyaman.”

Lakukan 6 Hal Ini Agar Hubungan Intim Lebih Nyaman

Halodoc, Jakarta – Melakukan hubungan intim yang aktif penting untuk kesehatan kamu dan pasangan. Tetapi mungkin kamu pernah terjebak dalam situasi yang tidak nyaman untuk melakukan hubungan seks. 

Merasa tidak nyaman mengindikasikan jika kamu mengalami masalah yang membutuhkan perawatan medis. Namun, kamu tak harus sampai melakukan tindakan demikian karena ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk membantu membuat hubungan seksual kembali nyaman.

1. Jalin Komunikasi yang Baik

Bicarakan di awal mengenai keinginan masing-masing. Misalnya, tentang area sensitif, posisi yang disukai, dan bagaimana cara berhubungan seks menjadi lebih menyenangkan. 

Kamu juga bisa mengirim pesan sebelum bertatap muka jika malu untuk mengungkapkannya secara langsung.

2. Mencoba Tempat yang Berbeda

Saat bosan berhubungan intim di atas kasur, kamu dan pasangan bisa berpindah tempat. Beberapa alternatif bisa kamu lakukan seperti ‘bermain’ di lantai, kamar mandi, sofa, dan dapur.

3. Jadwalkan Waktu untuk Berhubungan Intim

Sempatkan berhubungan seksual setidaknya 1 hingga 2 kali dalam seminggu. Aktivitas ini bisa membuat kamu lebih rileks, mengalihkan pikiran dari kekhawatiran dan kecemasan.

4. Gunakan Pelumas

Menggunakan pelumas menjadi salah satu amunisi tambahan saat berhubungan intim. Pasalnya, pelumas berfungsi untuk mengurangi gesekan tidak nyaman ketika vagina kering. Pelumas juga mencegah iritasi hingga kebocoran kondom.

5. Menyetel Musik yang Disukai

Mendengarkan musik saat berhubungan intim dapat memicu pelepasan dopamin. Musik dapat mendorong gairah dan pengalaman seksual dengan menurunkan tingkat stres. Selain itu, musik memicu peningkatan perasaan nyaman, keintiman, dan kepuasan emosional serta seksual dengan pasangan.

6. Menggunakan Parfum Kesukaan Pasangan

Melansir dari jurnal Effects of fragrance on female sexual arousal and mood across the menstrual cycle, menggunakan parfum sebelum berhubungan intim dapat meningkatkan gairah seksual dan suasana hati menjadi lebih positif. Tubuh yang wangi saat berhubungan seksual dapat memberikan rasa nyaman bagi pasangan.

Itulah tips hubungan intim agar lebih terasa nyaman. Jika langkah tersebut belum berhasil, kamu bisa berkonsultasi dengan ahli medis untuk mengatasi berbagai keluhan. Misalnya saja penurunan gairah seksual, kesulitan mendapatkan ereksi, dan kesulitan mencapai orgasme.

Jika sudah mendapatkan kenyamanan saat berhubungan intim, jaga selalu kesehatan dengan mengonsumsi suplemen atau vitamin yang dibutuhkan. Download Halodoc segera dan cek kebutuhan suplemen di Toko Kesehatan pada aplikasi tersebut.  Kamu juga bisa mendapatkan informasi menarik lain seputar hubungan intim dengan download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2022. 12 Tips for Better Sex.
Everyday Health. Diakses pada 2022. 4 Healthy Ways to Make Sex Feel Better Tonight.
Psychophysiology. 2000 Jan;37(1):76-84. Diakses pada 2022. Effects of fragrance on female sexual arousal and mood across the menstrual cycle.
Everyday Health. Diakses pada 2022. What You Can Do When Sex Is Painful or Uncomfortable.