• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Lakukan Hal Ini saat Kehamilan Trimester Pertama

Lakukan Hal Ini saat Kehamilan Trimester Pertama

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Rasanya pasti senang sekali mendapati tespek menunjukkan garis dua. Ada bahagia yang tidak dapat ibu rasakan, mengetahui ada janin yang sedang berkembang di dalam rahim. Nah, menyambut kehamilan trimester 1 ini, ada banyak hal yang harus mulai ibu persiapkan, untuk diri ibu, dan tentunya guna menunjang tumbuh kembang sang janin. Apa saja? Berikut pembahasannya.

  • Cari Dokter Kandungan 

Pertama, mulailah mencari dokter kandungan yang tepat untuk ibu bertanya jawab seputar kehamilan. Jika ibu membutuhkan referensi sebelum berkunjung, gunakan aplikasi Halodoc untuk tanya jawab terlebih dahulu, lalu buatlah janji untuk bertemu dan melakukan pemeriksaan kandungan, apakah ibu memang benar hamil atau ada indikasi lain. 

  • Minum Suplemen Kehamilan

Biasanya, setelah melakukan pemeriksaan kehamilan, dokter akan memberikan resep berupa suplemen kehamilan. Suplemen ini umumnya mengandung asam folat yang tepat untuk mencegah janin mengalami masalah pada otak dan sumsum tulang belakang, seperti spina bifida. 

Baca juga: Inilah Kandungan Nutrisi yang Harus Didapatkan Ibu Hamil

Setidaknya, ibu membutuhkan asam folat atau vitamin B9 sebanyak 400 miligram setiap harinya. Pastikan konsumsi suplemen kehamilan telah sesuai dengan saran dan anjuran dokter, ya. 

  • Berhenti Merokok

Merokok selama ibu sedang hamil akan meningkatkan risiko terjadinya keguguran, kehamilan ektopik, dan persalinan prematur. Asap yang masuk ke dalam saluran pernapasan ibu juga bisa memengaruhi pertumbuhan bayi yang belum lahir, yaitu mengakibatkan bayi akan lahir dengan berat badan rendah. 

  • Berhenti Konsumsi Alkohol

Tidak hanya merokok, konsumsi alkohol ketika ibu sedang hamil pun tidak dianjurkan. Pasalnya, tidak ada batas aman berapa banyak alkohol yang boleh dikonsumsi oleh wanita yang sedang mengandung. Jadi, lebih baik tidak mengonsumsinya sama sekali demi pertumbuhan dan perkembangan janin yang lebih sehat. 

Baca juga: Diabetes Terjadi saat Hamil, Apa Penyebabnya?

  • Kurangi Konsumsi Kafein

Ibu penyuka kopi? Tidak perlu khawatir, ibu masih boleh mengonsumsi kopi meski sedang hamil, tetapi asupannya perlu dibatasi yaitu maksimal sebanyak 200 miligram setiap hari. Ini setara dengan dua cangkir kopi instan atau secangkir kopi seduh. Batas ini tidak hanya pada kopi ya, bu, tetapi berlaku juga untuk semua sumber kafein, termasuk cokelat, teh, hingga minuman bersoda. 

  • Mengetahui Apa yang Boleh dan Tidak Boleh Dikonsumsi

Pola makan sehat dan seimbang akan memastikan ibu mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan selama kehamilan. Ibu tidak membutuhkan kalori ekstra pada kehamilan trimester 1, tetapi ada beberapa jenis makanan yang perlu ibu hindari karena kandungan pada bahan makanan yang bisa jadi membahayakan janin. Ini termasuk makanan mentah, hati, beberapa jenis keju dan susu yang tidak dipasteurisasi. 

  • Perbanyak Istirahat

Merasa lelah atau bahkan kelelahan ketika menapaki trimester pertama kehamilan adalah hal yang biasa terjadi. Ini karena tubuh sedang beradaptasi dengan perubahan hormon yang begitu pesat. Jadi, tidak ada salahnya untuk memperbanyak istirahat dan membuat diri senyaman mungkin, meski ibu sedang bekerja. Luangkan waktu untuk relaksasi agar ibu tidak stres mendapati perubahan pada tubuh nantinya. 

Baca juga: Ibu Hamil Wajib Hindari Kegiatan Ini di Trimester 1

Ketahui juga bahwa kehamilan trimester pertama identik dengan mual dan muntah atau kerap disebut dengan morning sickness. Jika ini terjadi, pastikan ibu tetap mendapatkan asupan air mineral agar terhindar dari dehidrasi. Juga, upayakan untuk tetap makan meski sedikit agar janin tetap mendapatkan nutrisi. Jika muntah terjadi lebih buruk, segera dapatkan perawatan di rumah sakit. 



Referensi: 
Babycentre. Diakses pada 2020. First Trimester: Your Essential Pregnancy To-Do-List.
Parents. Diakses pada 2020. 10 First Semester To-Dos.