• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Lakukan Ini Jika Melihat Pelecehan Seksual di Tempat Umum

Lakukan Ini Jika Melihat Pelecehan Seksual di Tempat Umum

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Lakukan Ini Jika Melihat Pelecehan Seksual di Tempat Umum

Halodoc, Jakarta – Belum lama ini menyeruak kasus dugaan pelecehan seksual yang dilakukan oleh salah satu pesohor di media sosial. Memang sejauh ini, kasus seperti ini belum banyak mendapatkan sorotan dan kerap merugikan pihak wanita. Di sisi lain, masih banyak orang yang tidak tahu cara mengambil sikap saat melihat pelecehan di tempat umum. Untuk mengetahui langkah yang tepat, baca ulasan berikut ini!

Cara Mencegah Pelecehan Seksual di Tempat Umum

Proporsi wanita yang mengaku pernah menjadi korban pelecehan seksual di tempat umum lebih tinggi dari sebelumnya. Disebutkan jika angka kasus ini jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan pria. Pelecehan di ruang publik dapat bermacam-macam bentuknya. Umumnya, pelecehan terjadi saat seseorang merasa tidak nyaman dan jika sudah mengarah ke ranah seksual, maka bisa disebut dengan pelecehan seksual.

Baca juga: Bentuk Pelecehan Seksual yang Perlu Diketahui

Ada berbagai macam pelecehan seksual yang masuk kategori ini, seperti catcalling, menggesek-gesekkan anggota tubuh, meraba-raba, hingga menatap dengan mata genit. Beberapa kasus lainnya mungkin juga terjadi di ruang publik, bahkan saat banyak orang di sekitar. Namun, tidak banyak orang yang tahu harus melakukan apa saat melihat seseorang mendapatkan perlakuan ini karena banyaknya pertimbangan tentang dampaknya bagi diri sendiri.

Nah, berikut ini beberapa perlakuan yang dapat dilakukan saat melihat seseorang mengalami pelecehan seksual:

1. Alihkan Perhatian Korban

Saat kamu melihat seseorang mengalami pelecehan seksual, cobalah untuk mengalihkan perhatian korban dan jika memungkinkan juga dengan pelakunya. Kamu dapat mengambil perhatiannya dengan sekedar bertanya hal-hal yang semua orang tahu selama bisa menarik perhatiannya. Kamu juga dapat berpura-pura menjadi salah satu kenalan korban dan kalau bisa bawa korban ke tempat yang aman.

2. Tegur secara Langsung

Jika kamu merasa mampu menangani pelaku dan telah memastikan kondisinya aman, cobalah untuk menegurnya secara langsung. Kamu dapat menghentikan tindakannya saat itu juga, bahkan meminta bantuan orang-orang di sekitar jika keadaan semakin mengancam. Jika sudah semakin intens, ada baiknya untuk menghubungi polisi.

Baca juga: Ketahui Jenis Pelecehan Seksual dan Cara Menghadapinya

3. Rekam Kejadian

Salah satu cara yang paling mudah dapat kamu lakukan agar korban pelecehan seksual terbantu adalah dengan merekam kejadiannya. Saat sedang berada di ruang publik, cobalah untuk merekamnya secara diam-diam. Pastikan untuk memperlihatkan lokasi kejadian dan jika memungkinkan sebutkan juga hari dan jam saat kejadian terjadi.

Lalu, jika kamu pernah menjadi korban dari pelecehan seksual dan butuh saran dari ahli medis, psikolog/psikiater dari Halodoc siap membantu. Kamu juga dapat menemui ahli medis secara langsung di beberapa rumah sakit yang bekerja sama dengan Halodoc. Nikmati semua kemudahan tersebut hanya dengan download aplikasinya. Unduh sekarang juga!

Pengaruh Pelecehan Seksual pada Kesehatan Mental

Saat seseorang mengalami masalah yang traumatis, seperti pelecehan seksual, dampak buruk dapat terjadi karena emosi yang bercampur aduk dan lama-kelamaan dapat menimbulkan masalah kesehatan mental. Memang sudah banyak penelitian yang menyebutkan jika tindakan buruk ini dapat menyebabkan gangguan pada mental korban. Beberapa efek psikologis yang paling umum dialami oleh korban pelecehan seksual, antara lain:

1. Kecemasan

Seseorang yang pernah mengalami pelecehan bahkan kekerasan seksual memiliki kecenderungan terhadap gangguan rasa cemas. Hal ini dapat terjadi jika mengingat kejadian saat itu atau keadaan di sekitarnya mirip di momen traumatik tersebut. Beberapa orang dapat mengalami depresi dan gangguan stres pasca-trauma yang efeknya mungkin tidak terlalu kentara.

2. Trauma Pengkhianatan

Korban pelecehan seksual juga dapat mengalami trauma pengkhianatan yang terjadi ketika atasan atau orang yang lebih superior menyalahgunakan hubungan positif untuk melakukan hal tersebut. Trauma ini dapat membuat korban dengan sengaja melihat ke arah lain untuk menghindari timbulnya perasaan terkhianati tersebut. Oleh karena dilakukan oleh seseorang dengan posisi tinggi, perusahaan biasanya tidak berusaha untuk ikut campur.

Baca juga: 5 Cara Menghadapi Pelecehan Seksual

Itulah pembahasan mengenai beberapa hal yang dapat dilakukan jika kamu melihat ada seseorang yang mengalami pelecehan seksual. Jika kamu melihat kejadian tersebut dan tidak melakukan apa-apa, dampak buruk terhadap kesehatan mental korban dapat terjadi. Tentu saja kamu dapat memposisikan diri jika orang-orang terdekat kamu yang mengalami hal tersebut, pasti ingin ada seseorang yang membelanya bukan? Lakukanlah hal yang kamu rasa benar.

Referensi:
Incite. Diakses pada 2021. Sexual Harassment In Public Spaces Is Real, And Unacceptable.
CNN. Diakses pada 2021. How sexual harassment can affect mental health.