Lakukan Ini Ketika Anak Sakit Saat Travelling

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
 Pola Asuh Anak, anak sakit saat traveling

Halodoc, Jakarta - Traveling memiliki banyak manfaat bagi anak-anak, salah satunya menciptakan kebahagiaan bagi mereka. Namun, bagaimana jika Si Kecil sakit ketika sedang traveling? Ibu pasti akan merasa stres ketika melihat anak yang biasanya aktif menjadi lemas, dan susah makan. Jika hal ini terjadi pada Si Kecil, lakukan beberapa langkah berikut ini ya, Bu.

Baca juga: Trik Traveling Seru Tanpa Menggerutu Meski Bawa Anak

  • Daftarkan Asuransi Perjalanan

Memiliki asuransi akan menjadi salah satu syarat wajib dalam pengurusan visa di beberapa negara. Apalagi jika ibu pergi bersama Si Kecil. Asuransi ini dapat digunakan dalam keadaan yang sangat mendesak. Namun perlu diperhatikan juga, pasalnya asuransi perjalanan yang telah didaftarkan tidak dapat digunakan di beberapa negara. 

Jadi, jika ibu dan keluarga ingin menggunakan asuransi pribadi saat traveling, sebaiknya cari tahu lebih dulu tentang negara atau wilayah mana yang masuk cakupan asuransi yang ibu punya.

  • Cari Tahu Dokter atau Rumah Sakit Terdekat

Sebelum melakukan perjalanan ke daerah yang dituju, sebaiknya pastikan ibu sudah mengetahui lokasi dokter jaga 24 jam atau rumah sakit terdekat. Hal ini dilakukan agar sewaktu-waktu ada keadaan mendesak, ibu tidak perlu repot lagi untuk mencari-cari dokter jaga atau rumah sakit.

Dalam hal ini, ibu juga dapat diskusikan masalah kesehatan yang dialami oleh Si Kecil dengan dokter pada aplikasi Halodoc. Dengan aplikasi ini, ibu tidak perlu repot untuk pergi ke luar penginapan untuk menemui dokter jaga, karena obat akan segera diantar begitu ibu melakukan diskusi dengan dokter.

  • Bawa Obat-obatan yang Diperlukan

Dalam hal ini, ibu tidak perlu membawa terlalu banyak suplai P3K dan obat-obatan di dalamnya. Bawa saja secukupnya, masing-masing dua tablet dari berbagai jenis obat yang dibawa. Ibu juga dapat menyesuaikan dengan durasi dan tempat tujuan. Jika Si Kecil sedang mengonsumsi obat seperti antibiotik, tentu ibu harus membawa semuanya, karena obat harus diminum teratur sampai habis.

  • Berikan Suplemen atau Vitamin untuk Si Kecil

Saat mengetahui Si Kecil tidak enak badan ketika ingin traveling, sebaiknya berikan suplemen atau vitamin yang mampu meningkatkan imunitasnya. Suplemen yang dikonsumsi oleh Si Kecil akan membantu memenuhi kebutuhan nutrisi-nutrisi penting yang diperlukan tubuh, agar tubuh dapat berfungsi dengan baik.

Baca juga: Traveling Sehat dengan Si Kecil, Bawa 5 Benda Ini

Tips Traveling dengan Si Kecil

Traveling memang seru, apalagi jika dilakukan bersama keluarga. Traveling dengan anak-anak memang cukup merepotkan, karena barang bawaan yang dibawa menjadi semakin banyak. Begini tips traveling bersama Si Kecil yang dapat ibu coba.

  1. Perhatikan umur anak untuk mengetahui apa yang perlu dibawa.

  2. Bawa Baju yang simpel, agar cepat menyerap keringat.

  3. Bawa laundry bag untuk memisahkan baju yang kotor dengan yang bersih

  4. Bawa susu dan camilan kesukaan anak, agar mereka tidak rewel karena lapar.

  5. Bawa mainan kesukaan anak, agar mereka tidak bosan saat perjalanan.

Baca juga: 7 Starter Pack Traveling, Agar Liburan Semakin Indah

Biasanya, anak-anak yang sudah mulai aktif akan penuh dengan rasa ingin tahu. Dalam hal ini, ibu bisa membawakannya kamera kecil, yaitu kamera khusus yang dibuat untuk Si Kecil untuk membantunya mengeksplorasi banyak hal baru. Dengan kamera ini, Si Kecil akan merasa momen traveling menjadi lebih menyenangkan.

Referensi:
Have Baby Will Travel. Diakses pada 2019. What to Do if Baby Gets Sick on Vacation.
Daily Parents. Diakses pada 2019. Kids Sick on Vacation? Here's What to Do!