• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Lakukan Ini Sebelum Mencoba Muay Thai

Lakukan Ini Sebelum Mencoba Muay Thai

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta – Siapa yang belum tahu tentang muay thai? Olahraga yang berasal dari Thailand ini awalnya merupakan olahraga untuk bela diri. Namun, karena dapat membakar kalori dalam jumlah yang cukup banyak, peminat muay thai pun lama kelamaan semakin bertambah, terutama para wanita yang ingin menguruskan berat badan. Tapi, ada baiknya kamu ketahui dulu pemanasan apa saja yang perlu dilakukan sebelum mencoba olahraga berat ini.

Muay thai termasuk jenis olahraga yang berat karena sangat mengandalkan kekuatan tangan dan kaki untuk memukul, menendang, dan melumpuhkan lawan. Oleh karena itu, kamu perlu melakukan pemanasan terlebih dahulu agar kamu punya stamina yang cukup kuat untuk melakukan olahraga ini serta terhindar dari kram otot dan cedera.

Baca juga: Ini Pentingnya Pemanasan Sebelum Olahraga

1. Stretching

Sebelum melakukan latihan untuk meningkatkan stamina, kamu bisa melakukan stretching ringan mulai dari meregangkan kepala, bahu, tangan sampai kaki. Pemanasan ini bertujuan untuk melemaskan otot-otot tubuhmu sehingga tidak kaget ketika melakukan muay thai yang cukup menguras energi.

2. Jogging

Setelah stretching, kamu bisa berlari kecil atau jogging yang efektif untuk membentuk stamina. Selain itu, jogging juga mampu membuat tulang kaki lebih kuat yang sangat diperlukan dalam olahraga muay thai. Sebaiknya jangan gunakan jarak sebagai target lari kamu, melainkan gunakanlah patokan waktu. Misalnya, berlarilah selama 10 menit dulu. Lalu tambahkan durasinya secara berkala di waktu latihan berikutnya.

3. Skipping

Tidak hanya baik untuk pemanasan, skipping juga bagus untuk melatih keseimbangan tubuh. Latihan ini dapat memperkuat otot pergelangan tangan, bahu, kaki, dan betis. Otot yang kuat sangat diperlukan dalam olahraga muay thai agar dapat memukul dan menendang lawan lebih kuat. Jadi, sering-seringlah berlatih skipping di rumah maupun di tempat olahraga. Kamu juga bisa memvariasikan gerakan skipping dengan bergerak maju ke depan maupun ke belakang, atau lompat berganti-gantian antara kaki kiri dan kanan. Mula-mula, lakukanlah skipping selama 3 menit. Bila kamu sudah terbiasa dengan latihan ini, kamu bisa meningkatkan durasinya secara bertahap.

Baca juga: Inilah 6 Manfaat Melatih Otot Kaki

4. Shadow Boxing

Sebelum mulai berlatih muay thai, cobalah berdiri di depan kaca cermin dan bayangkan ada seorang lawan di kaca tersebut. Lalu lakukanlah kombinasi gerakan menyerang dan bertahan secara berulang serta maksimalkan kekuatan pukulan dan tendangan kamu selama tiga menit, lalu istirahat selama satu menit sebelum kemudian lanjut lagi. Dengan berlatih di depan cermin atau shadow boxing, kamu bisa menilai apakah teknik gerakanmu sudah cukup bagus atau belum.

5. Bag Work

Nah, setelah berlatih di depan cermin, sekarang cobalah berlatih dengan menggunakan samsak. Dengan begitu, kamu akan merasa lebih nyata seperti berhadapan dengan lawan. Usahakan untuk melakukan gerakan menyerang dengan fokus seperti memukul dan menendang secara tepat dan cepat. Tapi ingat, gunakanlah sarung tangan yang aman untuk mencegah kamu mengalami cedera. Dengan berlatih bag work, otot tangan dan otot kakimu akan menjadi lebih kuat, serta meningkatkan kecepatan dan koordinasi bahu menjadi lebih baik.

Baca juga: Manfaat Berlatih Muay Thai untuk Wanita

Jadi, jangan lupa melakukan pemanasan sebelum olahraga berat ya. Jika kamu ingin bertanya seputar diet dan olahraga, kamu bisa menghubungi dokter melalui aplikasi Halodoc. Jangan ragu untuk meminta saran kesehatan kepada dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.