12 June 2018

Lakukan Ini untuk Hindari Ngantuk Saat Mudik

mengatasi ngantuk di perjalanan, atasi ngantuk saat mudik, mudik bebas ngantuk

Halodoc, Jakarta – Mudik dengan mengendari mobil pribadi memang terasa menyenangkan. Kamu tidak perlu terjaga hingga tengah malam hanya demi mendapatkan tiket kereta lebaran. Atau, kamu juga tak harus menghabiskan hari demi hari di dalam bus. Atau menghabiskan hampir separuh tabungan hanya untuk membeli tiket pesawat yang harganya memang meroket saat momen lebaran tiba.

Meski begitu, kemacetan tak akan bisa kamu hindari. Terlebih jika kamu memilih waktu berangkat yang sudah mendekati hari lebaran. Terlalu lama mengemudi juga bisa membuat kamu lelah. Rasa kantuk pun akan dengan mudah menyerang. Nah, supaya tak membahayakan perjalanan, kamu bisa coba tips berikut untuk mengatasi ngantuk di perjalanan:

Saat Merasa Ngantuk, Segeralah Menepi

Ketika kamu sudah merasa mata begitu berat dan konsentrasi perlahan-lahan semakin berkurang, artinya kamu perlu menepikan kendaraan untuk beristirahat sejenak. Jangan pernah mengemudi dalam kondisi mengantuk, karena akan membahayakan keselamatan kamu dan pengguna jalan lainnya.

Sebaiknya, menepilah ke rest area untuk sekedar memejamkan mata. Dengan begitu, kamu akan terbangun dalam keadaan tubuh yang kembali segar. Konsentrasi pun akan meningkat, sehingga kamu bisa kembali mengemudi tanpa hambatan.

(Baca juga: Alasan Puasa Bikin Ngantuk Berat)

Jangan Dipaksakan, Berhentilah Setiap Dua Jam

Mengemudi sendiri dalam perjalanan jarak jauh itu melelahkan, lho. Jadi, jangan pernah kamu memaksakan diri untuk mengemudi tanpa beristirahat, karena akan membuat otot kaki dan tulang punggung kamu terasa kram dan kaku.

Berhentilah setiap dua jam sekali dan keluarlah dari mobil untuk melakukan peregangan. Ini akan membuat otot-otot kamu kembali lemas dan tidak kaku, serta menghindari risiko terjadinya kram pada kaki.

Coba bayangkan bagaimana jadinya jika kaki kamu mengalami kram, sementara perjalanan yang kamu tempuh masih jauh. Oleh karena itu, hindari memaksakan diri saat mengemudi.

Dapatkan Angin Segar dengan Membuka Kaca Jendela

Dalam keadaan tertutup, sirkulasi udara di dalam mobil juga bisa membuat kamu mengantuk. Untuk mengatasinya, kamu bisa mematikan AC dan membuka kaca jendela mobil. Dengan begitu, udara luar akan masuk ke dalam mobil dan terhirup oleh indra penciuman kamu. Meski terkadang udara luar tak selalu bersih akibat polusi udara, setidaknya hembusan angin yang menerpa wajah kamu bisa mengurangi rasa kantuk.

Musik Memang Membantu, Tetapi Bukan yang Bernada Monoton

Cara lain untuk mengatasi ngantuk di perjalanan adalah dengan musik. Musik memang bisa mengurangi kantuk saat mengemudi, tetapi bukan yang bernada monoton. Lagu-lagu bernada sendu justru akan membuat kamu semakin mengantuk. Sebagai alternatif, kamu bisa menyetel radio. Namun, jika kamu tidak terlalu suka mendengarkan radio, cobalah pilih lagu-lagu bernada sedikit menghentak atau ceria supaya rasa kantuk saat mengemudi sedikit berkurang.

(Baca juga: 6 Cara Mudah Atasi Kantuk Saat Puasa)

Lakukan Peregangan Ringan di dalam Mobil

Terjebak macet? Jangan mengeluh, sebaiknya gunakan saat-saat tersebut untuk melakukan peregangan ringan di dalam mobil. Coba regangkan tangan dan gerakkan bahu memutar ke depan dan belakang. Lalu, tolehkan kepala ke kiri dan kanan. Aktivitas ini bisa membantu melancarkan peredaran darah kamu, lho!

Selalu Sediakan Air Mineral

Selain kelelahan, kurangnya asupan cairan tubuh juga bisa membuat kamu mudah mengantuk ketika berkendara. Oleh karenanya, selalu sediakan air mineral di dalam mobil, supaya asupan cairan harian tubuh selalu terpenuhi. Hindari mengonsumsi minuman manis atau kopi ketika menyetir, karena bisa membuat kamu semakin mengantuk.

 

Nah, itu tadi beberapa cara mengatasi ngantuk di perjalanan saat mudik. Selalu berhati-hati dalam berkendara dan utamakan keselamatan selama perjalanan, ya. Supaya tetap fit, jangan lupa minum vitamin C. Kamu bisa membelinya tanpa keluar rumah lewat aplikasi Halodoc. Layanan Apotek Antar akan mengantarkan semua obat dan vitamin kamu hanya dalam waktu satu jam. Aplikasi Halodoc bisa kamu download di App Store atau Google Play Store.