Ketahui Langkah-Langkah Mengobati Kanker Kolorektal

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Ketahui Langkah-Langkah Mengobati Kanker Kolorektal

Halodoc, Jakarta – Dalam perawatan kanker, tim dokter akan bekerja bersama untuk membuat rencana perawatan keseluruhan pasien. Ini biasanya menggabungkan berbagai jenis perawatan. Untuk kanker kolorektal, biasanya akan melibatkan ahli bedah, ahli onkologi medis, ahli onkologi radiasi, dan ahli gastroenterologi. 

Rencana perawatan untuk pengidap kanker kolorektal juga mencakup perawatan untuk gejala dan efek samping. Opsi dan rekomendasi pengobatan tergantung pada beberapa faktor, termasuk jenis dan stadium kanker, kemungkinan efek samping, dan kesehatan pasien secara keseluruhan. Bagaimana langkah-langkah mengobati kanker kolorektal? Simak di sini untuk tahu lebih detail

Pengobatan Kanker Kolorektal

Perlu diketahui kalau berbagai pendekatan perawatan memberikan manfaat yang sama tanpa memandang usia pasien. Namun, pasien yang lebih tua mungkin memiliki tantangan perawatan yang unik. 

Untuk menyesuaikan perawatan untuk setiap pasien, semua keputusan perawatan harus mempertimbangkan faktor-faktor, seperti obat lain yang sudah diminum pasien dan status gizi dan dukungan sosial terhadap pasien.

Baca juga: Kenali Perbedaan antara Tumor dan Kanker

Ketika pembedahan menjadi pilihan, maka tahapan yang akan dilewati pasien adalah:

1. Bedah Laparoskopi

Beberapa pasien mungkin dapat menjalani operasi kanker kolorektal laparoskopi. Bedah laparoskopi sama efektifnya dengan operasi usus besar konvensional dalam mengangkat kanker. 

2. Kolostomi 

Ini adalah lubang operasi atau stoma di mana usus besar terhubung ke permukaan perut untuk menyediakan jalur bagi limbah untuk keluar dari tubuh. Limbah ini dikumpulkan dalam kantong yang dipakai oleh pasien. 

Kadang-kadang, kolostomi hanya sementara untuk memungkinkan rektum sembuh, tetapi mungkin permanen. Dengan teknik bedah modern, penggunaan terapi radiasi dan kemoterapi sebelum operasi bila diperlukan.

3. Radiofrequency Ablation (RFA) atau Cryoablation

Beberapa pasien mungkin dapat menjalani operasi pada hati atau paru-paru untuk mengangkat tumor yang telah menyebar ke organ-organ tersebut. Cara lain termasuk menggunakan energi dalam bentuk gelombang frekuensi radio untuk memanaskan tumor, yang disebut RFA, atau untuk membekukan tumor yang disebut cryoablation

Sebelum operasi, bicarakan dengan tim perawatan kesehatan mengenai kemungkinan efek samping dari operasi yang kamu lakukan serta tanyakan bagaimana efek samping serta pencegahannya bagaimana. 

Secara umum, efek samping operasi termasuk rasa sakit dan luka di area operasi. Operasi ini juga dapat menyebabkan konstipasi atau diare yang biasanya hilang setelah beberapa saat. Orang yang mengalami kolostomi mungkin mengalami iritasi di sekitar stoma. 

Baca juga: Ini Metode Pengobatan untuk Pengidap Kanker

Jika kamu perlu menjalani kolostomi, dokter, perawat, atau terapis enterostomal, yang merupakan spesialis dalam manajemen kolostomi, dapat mengajari kamu cara membersihkan area dan mencegah infeksi.

Terapi untuk Pilihan Penyembuhan Kanker Kolorektal

Terapi radiasi adalah penggunaan sinar-X berenergi tinggi untuk menghancurkan sel-sel kanker. Terapi radiasi sinar eksternal menggunakan mesin untuk mengirimkan sinar-x ke tempat kanker berada.

Perawatan radiasi biasanya diberikan 5 hari seminggu selama beberapa minggu. Sementara itu, terapi radiasi stereotaktik adalah jenis terapi radiasi yang dapat digunakan jika tumor telah menyebar ke hati atau paru-paru. 

Jenis terapi radiasi ini memberikan dosis radiasi yang tepat dan besar ke area yang kecil. Teknik ini dapat membantu menyelamatkan bagian-bagian dari hati dan jaringan paru-paru yang mungkin harus dihilangkan selama operasi. Namun, tidak semua kanker yang telah menyebar ke hati atau paru-paru dapat diobati dengan cara ini.

Bagi sebagian orang, teknik terapi radiasi khusus, seperti terapi radiasi intraoperatif atau brachytherapy, dapat membantu menghilangkan area kecil kanker yang tidak dapat dihilangkan dengan operasi.

Ingin mengetahui lebih lanjut mengenai tahapan pengobatan kanker kolorektal, tanyakan langsung ke HalodocDokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu kapan dan di mana saja. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor ibu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

Referensi:
Cancer.net. Diakses pada 2019. Colorectal Cancer: Types of Treatment.
Cancer.org. Diakses pada 2019. Colorectal Cancer Stages.