• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Langkah untuk Mengobati Mata Ikan

4 Langkah untuk Mengobati Mata Ikan

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Mata ikan merupakan penyakit yang ditandai dengan muncul benjolan pada kaki. Benjolan tanda penyakit mata ikan bisa menimbulkan rasa tidak nyaman dan sakit saat kaki digunakan untuk berjalan. Munculnya benjolan mata ikan terjadi karena gesekan dan tekanan yang terjadi secara berulang pada kaki. 

Umumnya mata ikan disebabkan oleh penggunaan sepatu yang tidak nyaman, misalnya terlalu sempit atau jarang mengenakan kaus kaki. Kebiasaan tersebut nyatanya bisa mengakibatkan permukaan kulit menebal dan mengeras, kemudian muncul benjolan mata ikan. Mata ikan berbeda dengan kapalan. Pada benjolan mata ikan, penumpukan atau pengerasan kulit memiliki pusat inti. 

Baca juga: Sering Dianggap Sama, Apa Beda Kapalan dan Mata Ikan?

Cara Mengatasi Mata Ikan di Telapak Kaki 

Ada tiga jenis mata ikan yang bisa menyerang, yaitu mata ikan keras, mata ikan lunak, dan mata ikan kecil. Pada mata ikan keras, penumpukan kulit mati menyebabkan permukaan kulit menjadi lebih kasar, sedikit menonjol, dan memiliki inti di tengah. Sementara pada mata ikan lunak, benjolan biasanya muncul di antara jari manis, dan jari kelingking pada kaki. Ada juga mata ikan kecil yang disebut bisa muncul karena adanya sumbatan pada saluran keringat. 

Munculnya mata ikan bisa memicu rasa tidak nyaman dan nyeri yang biasanya menjadi lebih parah saat kaki digunakan untuk berjalan dan menginjak permukaan yang keras. Pada tingkat yang ringan, mata ikan biasanya diatasi dengan cara memperbaiki alas kaki yang digunakan menjadi lebih nyaman. Penggunaan bantalan khusus pada kaki juga bisa membantu mengatasi mata ikan. 

Sedangkan pada kasus yang lebih parah dan tidak kunjung membaik, mata ikan mungkin harus diatasi dengan tindakan operasi. Biar lebih jelas, simak beberapa langkah pengobatan mata ikan yang bisa dicoba berikut ini: 

1. Rendam Air Hangat 

Salah satu cara sederhana yang bisa dicoba saat mata ikan menyerang adalah rendam kaki dengan air hangat. Cara ini bisa membantu membuat kaki lebih rileks dan membantu melunakkan bagian kulit yang terserang mata ikan. Cobalah untuk merendam kaki di dalam wadah berisi air hangat secara rutin. 

2. Menipiskan Kulit 

Saat mata ikan mulai mengganggu dan tidak kunjung membaik, tindakan medis perlu dilakukan. Salah satu tindakan medis yang bisa dilakukan adalah menipiskan bagian kulit yang menebal dengan pisau. Pengobatan ini dilakukan oleh dokter dan bertujuan untuk membentuk lapisan kulit yang baru untuk menggantikan kulit yang sebelumnya rusak karena mata ikan. 

Baca juga: Hati-Hati Pilih Alas Kaki agar tak Kena Mata Ikan

3. Obat-obatan 

Mata ikan juga bisa diatasi dengan menempelkan obat serta plester pada kulit yang terserang. Selain  itu, konsumsi obat-obatan tertentu mungkin juga dibutuhkan. Mata ikan yang berulang dan gejalanya tidak kunjung membaik mungkin harus diatasi dengan obat antibiotik. Penggunaan antibiotik bertujuan untuk mencegah dan mengatasi infeksi saat melakukan penanganan mata ikan sendiri di rumah.

4.  Operasi 

Prosedur operasi biasanya jarang dilakukan untuk mengatasi penyakit mata ikan. Operasi dilakukan untuk memperbaiki posisi tulang yang mungkin menyebabkan terjadinya gesekan pada area kaki. 

Baca juga: Mata Ikan Menyerang, Perlukah Operasi?

Cari tahu lebih lanjut seputar cara menghilangkan mata ikan dan jenis obat yang direkomendasikan dengan bertanya kepada dokter di aplikasi Halodoc. Kamu bisa dengan mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2020. Callus Remover Adhesive Patch, Medicated.
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Corns and calluses.