• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Langkah Perawatan untuk Mengatasi Flek Hitam pada Pria
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Langkah Perawatan untuk Mengatasi Flek Hitam pada Pria

Langkah Perawatan untuk Mengatasi Flek Hitam pada Pria

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 16 Juni 2021
Langkah Perawatan untuk Mengatasi Flek Hitam pada Pria

Halodoc, Jakarta – Flek hitam bisa dialami oleh siapa saja, baik wanita maupun pria. Secara umum, kondisi ini ditandai dengan munculnya bintik-bintik kecil berwarna gelap di permukaan kulit. Flek hitam alias ephelis merupakan bintik-bintik yang memiliki warna lebih gelap daripada area di sekelilingnya. Bintik gelap ini sering muncul di wajah, tetapi bisa juga ditemukan di lengan, dada, atau leher. 

Munculnya flek pada pria sebenarnya bisa ditangani dengan melakukan perawatan mandiri. Namun tentu saja, hal ini harus disesuaikan dengan kondisi kulit dan bintik yang muncul. Lantas, apa saja langkah perawatan yang bisa dilakukan untuk mengatasinya? Cari tahu jawabannya di artikel berikut! 

Baca juga: Jarang Keluar Rumah Tapi Muncul Flek Hitam, Ini Penyebabnya

Mengatasi Flek Hitam pada Pria 

Flek hitam umum terjadi dan jarang berbahaya. Sebenarnya, bintik-bintik ini bisa muncul akibat ada peningkatan produksi pigmen alami kulit, yaitu melanin. Bintik-bintik hitam di kulit bisa terjadi di segala usia dan risikonya meningkat pada musim panas. Meski bisa terjadi pada siapa saja, kondisi disebut lebih sering terjadi pada orang yang memiliki kulit putih. 

Peningkatan produksi melanin atau pigmen alami yang menentukan warna kulit merupakan pemicu utama munculnya flek di permukaan kulit. Risiko meningkat saat kulit terpapar sinar matahari atau sinar ultraviolet, sebab hal ini menyebabkan kulit menyerap sinar ultraviolet, sehingga meningkatkan produksi melanin. Karena jarang berbahaya dan tidak menimbulkan rasa sakit, kondisi ini jarang membutuhkan penanganan khusus. 

Langkah utama yang perlu dilakukan untuk mengatasi kondisi ini adalah dengan melindungi kulit saat harus terpapar sinar matahari. Kamu bisa menggunakan tabir surya atau sunscreen untuk mengatasi dan menurunkan risiko munculnya flek hitam. Jika dirasa mengganggu, flek hitam di wajah bisa ditutupi dengan menggunakan riasan atau bedak. 

Baca juga: Flek Hitam Hanya Gara-Gara Masalah Hormonal, Masa Sih?

Pada kondisi tertentu, misalnya flek yang mungkin muncul karena gangguan kulit, pengobatan dokter mungkin perlu dilakukan. Hal ini bertujuan untuk menurunkan risiko kondisi memburuk hingga kemungkinan terjadinya kanker kulit. 

Flek hitam di wajah bisa terjadi pada siapa saja. Namun, ada beberapa faktor yang disebut bisa meningkatkan risikonya, seperti sering beraktivitas di luar ruangan atau di bawah sinar matahari, memiliki kulit putih atau cerah, ada riwayat keluarga dengan kondisi serupa alias faktor genetik. Pada beberapa kondisi, flek yang muncul mungkin tanda bahaya dan harus segera mendapat penanganan dokter. 

Segera lakukan pemeriksaan ke rumah sakit jika flek hitam di kulit mulai mengalami perubahan bentuk, ukuran, dan tekstur. Jika hal itu yang terjadi, pemeriksaan dokter perlu segera dilakukan untuk memastikan apa yang menjadi penyebab munculnya bintik-bintik di permukaan kulit. Segera pergi ke rumah sakit jika: 

  • Flek mulai tumbuh dan menonjol.
  • Bentuk flek yang muncul tidak beraturan.
  • Tekstur bintik-bintik hitam menjadi tidak rata atau bergelombang.
  • Perubahan warna pada flek.
  • Flek yang muncul mulai terasa nyeri. 

Baca juga: Terapi Laser untuk Hilangkan Flek Hitam, Efektifkah?

Jika gejala-gejala di atas mulai muncul dan memburuk, segera pergi ke rumah sakit terdekat. Biar lebih mudah, kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk menemukan daftar rumah sakit yang bisa dikunjungi. Atur lokasi dan temukan daftar rumah sakit terdekat yang sesuai dengan kebutuhan. Ayo, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store atau Google Play!

Referensi:
Men’s Health. Diakses pada 2021. What Every Guy With Freckles Needs to Know.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2021. Moles, Freckles, Skin Tags, Lentigines & Seborrheic Keratoses.
Healthline. Diakses pada 2021. Freckles: Remedies, Causes and More.