Ketahui Langkah-Langkah Terapi dalam Cek Ketergantungan Obat

Ketahui Langkah-Langkah Terapi dalam Cek Ketergantungan Obat

Halodoc, Jakarta – Bukan hanya obat-obatan terlarang seperti narkoba yang dapat membuat seseorang ketergantungan. Jenis obat lainnya dapat membuat seseorang ketergantungan khususnya jika digunakan tidak sesuai dengan dosis yang diberikan oleh dokter.

Baca juga: Cek Ketergantungan Obat untuk Mengetahui Kecanduan atau Penyakit?

Saat kamu mulai mengonsumsi obat-obatan di luar dosis dan waktu yang dianjurkan oleh dokter, waspada akan mengalami ketergantungan jenis obat tertentu. Ketergantungan obat merupakan proses ketika seseorang mengonsumsi satu jenis obat secara berulang lebih dari aturan penggunaan dan tidak sesuai dengan anjuran dokter.

Ketika kamu memiliki kondisi ketergantungan obat artinya tubuh telah menyesuaikan diri dengan kehadiran obat tersebut. Akhirnya setelah kamu memutuskan untuk berhenti mengonsumsi obat tersebut, tubuh kamu mengeluarkan reaksi akibat tidak terpenuhinya kandungan pada obat yang biasa dikonsumsi.

Gejala Ketergantungan Obat

Ketahui tanda ketika seseorang mengalami ketergantungan obat. Dengan mengetahui kondisi ini lebih awal artinya kamu bisa melakukan penanganan atau pencegahan terhadap komplikasi yang dapat terjadi. Gejalanya di antaranya:

  1. Biasanya, orang yang minum obat terlalu banyak mengalami rasa mual atau sakit perut akibat pengonsumsian obat yang tidak sesuai dengan dosis atau anjuran dokter.

  2. Terkadang terlalu banyak mengonsumsi obat yang tidak sesuai dosis menyebabkan seseorang kehilangan kesadaran atau pingsan.

  3. Orang yang kerap mengonsumsi obat di luar anjuran dokter rentan mengalami gangguan pernapasan dan gangguan tekanan darah.

  4. Tremor dan kejang menjadi tanda yang perlu kamu waspadai ketika kamu mengonsumsi obat lebih dari dosis yang dianjurkan.

  5. Gangguan pencernaan seperti diare juga dapat dialami ketika mengonsumsi obat secara berlebihan.

Baca juga: Inilah Tips Agar Terhindar dari Kecanduan Obat

Langkah Terapi dalam Ketergantungan Obat

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah ketergantungan obat, salah satunya melakukan terapi. Jenis terapi yang dilakukan juga bergantung pada kondisi pasien, usia hingga jenis obat yang digunakan oleh pasien. Lama penggunaan obat yang dikonsumsi menjadi salah satu pertimbangan dalam menjalani terapi bagi pasien ketergantungan obat.

Jika kondisi ini mengganggu kesehatan pasien, berikut langkah medis yang bisa dilakukan oleh dokter untuk menangani masalah ketergantungan obat. Ketika gejala sudah menyerang saluran pernapasan dokter bisa memberikan pemberian arang aktif untuk menyerap zat obat yang menjadi penyebab ketergantungan.

Ada beberapa pencegahan yang bisa kamu lakukan agar kebiasaan ini tidak menjadi gangguan kesehatan pada tubuh dengan cara mengikuti anjuran dan dosis yang dokter berikan ketika akan mengonsumsi obat. Lakukan terapi ini untuk menghentikan kondisi ketergantungan obat, yaitu:

1. Cognitive Behavior Therapy

Orang yang memiliki ketergantungan terhadap sesuatu nyatanya sudah memiliki pola pikir tertentu. Terapi ini digunakan untuk mengubah pikiran seseorang menjadi pikiran yang positif.

2. Motivational Interview

Jenis terapi ini cocok digunakan untuk pasien yang memasuki usia remaja hingga dewasa. Pada terapi ini segala keputusan akan diberikan lagi kepada pasien.

3. Terapi Perilaku

Metode ini dilakukan dengan mengubah lingkungan yang ada pada pasien ketergantungan. Tujuannya untuk menurunkan motivasi pasien sehingga akan menghambat ketergantungan.

4. Detoksifikasi

Proses ini dilakukan dengan menghentikan penggunaan obat yang membuat kamu ketergantungan dengan satu jenis obat.

Tidak ada salahnya untuk selalu mengikuti anjuran dokter dan dosis yang tepat ketika kamu mengonsumsi jenis obat tertentu. Sebaiknya segera periksa diri pada dokter jika kamu merasakan perubahan atau gejala tertentu setelah mengonsumsi satu jenis obat.

Penanganan yang tepat meminimalisir risiko sehingga pengobatan bisa lebih cepat dilakukan. Kamu bisa memilih dan membuat janji dengan dokter di rumah sakit yang tepat sesuai dengan kebutuhan melalui Halodoc. Kamu juga bisa download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play, ya!

Baca juga: Ini Beda Kecanduan dan Ketergantungan Obat